Wednesday, September 17, 2025

IPAS DAN SENI RUPA

 Kamis,18 Se;ptember 2025

Kelas : VA

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar sumatif harian 2  IPAS dan Seni Rupa

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !             

 

🍄 IPAS🍄

 

Kisi-kisi  Sumatif 2 IPAS

    Ekisistem 
    Penjelasan simbiosis
    Rantai makanan
    Komponen rantai makananproses fotodintesim 
    Karnivora
    Herbivora
    Omnivora 
    Proses Fotosintesis

    Latihan Soal

    1. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....

    a. I

    b. ll

    c. III

    d. IV

    2. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....

    a. makan tumbuhan lain

    b. dapat mengolah makanannya sendiri

    c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain

    d. hidup di hutan


    3. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....

    a. rantai makanan

    b. metamorfosis

    c. daur hidup

    d. simbiosis 

    4. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....

    a. tumbuhan

    b. manusia

    c. herbivora

    d. karnivora


    5. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....

    a. konsumen tingkat I

    b. konsumen tingkat II

    c. produsen

    d. pengurai

     

    6. Perhatikan gambar berikut ini !

    Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....

    a. padi

    b. belalang

    c. katak

    d. ular

    7. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....

    a. rantai makanan baru

    b. jaring-jaring makanan

    c. ekosistem

    d. komunitas

    8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan          lingkungannya disebut ….

    a. botani

    b. zoology

    c. ekologi

    d. taksonomi

    9. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….

    a. padi → belalang → katak → elang → ular

    b. padi → katak→ belalang → elang → ular

    c. padi → belalang → katak→ ular → elang

    d. padi → belalang → ular →katak

    10. Organisme pemakan hewan disebut ....

    a. herbivora

    b. karnivora

    c. omnivora

    d. autotrof 

   

🌸SENI RUPA 

KISI-KISI SENI RUPA


LATIHAN SOAL

1.      Kosakata seni rupa yang digunakan untuk menyebut susunan garis, warna, dan bentuk dalam karya seni adalah …
a. Komposisi                       b. Perspektif
c. Dimensi                            d. Tekstur
 Jawaban: a

2.      Unsur rupa yang digunakan untuk memberikan kesan kasar, halus, atau licin pada sebuah karya disebut …
a. Warna         b. Tekstur       c. Volume     d. Proporsi
Jawaban: b

3.      Penilaian karya seni rupa yang menekankan pada keindahan bentuk disebut …
a. Estetika       b. Teknik    c. Fungsi     d. Kegunaan
Jawaban: a

4.      Kosakata seni rupa yang berarti “kesan jauh-dekat” pada gambar adalah …
a. Tekstur       b. Perspektif          c. Komposisi     d. Proporsi
Jawaban: b

5.      Penilaian karya seni rupa yang memperhatikan ketepatan cara membuat karya disebut …
a. Estetika        b. Teknik         c. Kreativitas       d. Ekspresi
Jawaban: b

6.      Dalam mempresentasikan karya seni rupa, penggunaan kosakata seni diperlukan agar …
a. Membingungkan pendengar
b. Menunjukkan pengetahuan dan pemahaman seni
c. Membatasi penilaian karya
d. Mengurangi kreativitas
Jawaban: b

7.      Kosakata seni rupa yang digunakan untuk menyebut keseimbangan dalam suatu karya adalah 
a. Tekstur   b. Irama    c. Proporsi   d. Keseimbangan
Jawaban: d

8.      Jika seorang siswa menyampaikan bahwa karyanya memiliki warna kontras untuk menarik perhatian, maka kosakata seni yang digunakan adalah …
a. Irama          b. Kontras       c. Perspektif    d. Proporsi
Jawaban: b

9.      Penilaian karya seni rupa yang memperhatikan keaslian ide disebut
a. Kreativitas     b. Estetika        c. Teknik    d. Fungsi
Jawaban: a

10.  Saat mempresentasikan karya seni rupa, siswa perlu menyampaikan
a. Hanya hasil akhir karya
b. Proses pembuatan, unsur, dan penilaian karya
c. Hanya alat dan bahan yang digunakan
d. Penilaian karya orang lain saja
Jawaban: b

 Reflean /kesimpulan: Alhamdulillah kegiatan sumatif 2 mata pelajaran IPAS berjalan dengan baik dan tertib.

Berikut Dokumentasi kegiatannya:





 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Jum'at,28  November 2035 Kelas : VA       السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu