Wednesday, September 10, 2025

IPAS DANN SENI RUPA

 

Kamis,11 A 2025

 Kamis    :  VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar  IPAS dan Seni Rupa

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !             

 

🍄 IPAS🍄

Tujuan Pembelajaran  Peserta didik dapat mengklasifikasikan komponen biotik                                                               berdasarkan  perannya dalam rantai makanan.

 Metode pembelajaran :    PBL (Problem based Learning)

Media Pembelajaran   :    LCD                

Materi Ajar                   :  Produsen, konsumen (herbivor, karnivor, omnivor), dan  dekompos

 🌸Rangkunman Materi🌸

 Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan, sedangkan karnivora adalah hewan pemakan daging. Herbivora memiliki gigi lebar dan tumpul serta peran penting dalam mengendalikan populasi tumbuhan dan sebagai sumber makanan bagi karnivora. Sementara itu, karnivora memiliki taring dan cakar untuk berburu, menjadi predator puncak dalam rantai makanan, dan berperan menjaga keseimbangan ekosistem dengan mengendalikan populasi mangsa.  
Herbivora

    Definisi: Organisme yang memakan tumbuhan atau protein dari tumbuhan untuk kebutuhan nutrisinya. 

Ciri-ciri:

    Memiliki gigi lebar dan tumpul untuk mengunyah tumbuhan. 

Umumnya hidup berkelompok di area yang banyak tumbuh rumput atau tumbuhan. 
Menjadi mangsa penting bagi hewan karnivora. 

Contoh: Sapi, kerbau, kuda, dan kelinci. 

Karnivora

    Definisi: Hewan yang memakan daging dari hewan lain untuk memperoleh nutrisi dan kekuatan. 

Ciri-ciri:

    Memiliki taring tajam untuk merobek daging dan cakar untuk mencengkeram mangsa. 

Berperan sebagai predator puncak dalam rantai makanan. 
Membantu mengendalikan populasi hewan herbivora dan menjaga kesehatan populasi. 

Contoh: Singa, harimau, dan elang (burung karnivora). 


👉Latihan Soal

1. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....

a. I

b. ll

c. III

d. IV

2. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....

a. makan tumbuhan lain

b. dapat mengolah makanannya sendiri

c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain

d. hidup di hutan


3. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....

a. rantai makanan

b. metamorfosis

c. daur hidup

d. simbiosis 

4. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....

a. tumbuhan

b. manusia

c. herbivora

d. karnivora


5. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....

a. konsumen tingkat I

b. konsumen tingkat II

c. produsen

d. pengurai

 

6. Perhatikan gambar berikut ini !

Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....

a. padi

b. belalang

c. katak

d. ular

7. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....

a. rantai makanan baru

b. jaring-jaring makanan

c. ekosistem

d. komunitas

8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….

a. botani

b. zoology

c. ekologi

d. taksonomi

9. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….

a. padi → belalang → katak → elang → ular

b. padi → katak→ belalang → elang → ular

c. padi → belalang → katak→ ular → elang

d. padi → belalang → ular →katak

10. Organisme pemakan hewan disebut ....

a. herbivora

b. karnivora

c. omnivora

d. autotrof 

soal isian 

11. Berilah contoh 3 dari organisme karnivora adalah....

12. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....

13.  Jelaskan yang dimaksud dengan rantai makanan !

14. Jelaskan yang dimaksud dengan individu dan berikan contohnya !

Jawab : …

15. Jelaskan pengertian jaring jaring makanan dan berikan contohnya !

Jawab : ……

 

SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran :  Murid dapat Mempresentasikan Ciptaan Karya Seni Rupa

Metode pembelajaran :  PjBL(Project based Learning)

Media Pembelajaran   :  LCD

Latihan Soal-Soal Mempresentasikan Ciptaan Karya Seni Rupa

 Soal Pilihan Ganda (10 soal)

1.Saat menilai karya seni rupa, hal yang paling penting diperhatikan adalah….
a. Warna rambut pembuat karya
b. Unsur rupa, prinsip, dan teknik yang digunakan
c. Tempat pameran karya
d. Usia seniman

2.Kosa kata seni yang tepat untuk menilai lukisan yang memiliki perpaduan warna cerah adalah….
a. Membosankan
b. Kontras dan harmonis
c. Gelap gulita
d. Kusam

3.Jika sebuah karya terlihat seimbang antara bagian kiri dan kanan, maka karya tersebut memiliki prinsip….
a. Proporsi
b. Keseimbangan
c. Ritme
d. Penekanan

4.Berikut ini yang termasuk unsur rupa adalah….
a. Garis, bentuk, warna, dan tekstur
b. Judul, tokoh, latar, dan alur
c. Panjang, lebar, tinggi, dan berat
d. Ide, gagasan, perasaan, dan pengalaman

5.Perbedaan mencolok pada suatu bagian karya untuk menarik perhatian disebut….
a. Ritme
b. Penekanan
c. Proporsi
d. Harmoni

6.Jika seseorang membuat karya seni rupa dengan bahan tanah liat, maka karya itu termasuk karya….
a. Seni lukis
b. Seni patung
c. Seni grafis
d. Seni fotografi

7.Menilai karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni bertujuan untuk….
a. Membuat karya menjadi mahal
b. Memperindah kata-kata
c. Memberi penilaian yang objektif dan tepat
d. Memuji semua karya

8.Karya seni rupa dua dimensi adalah karya yang memiliki….
a. Panjang dan lebar
b. Panjang, lebar, dan tinggi
c. Berat dan volume
d. Gerak dan suara

9.Contoh kosa kata seni yang menunjukkan penilaian terhadap tekstur adalah….
a. Halus, kasar
b. Panjang, pendek
c. Cepat, lambat
d. Gelap, terang

10.Menciptakan karya seni rupa harus dimulai dengan….
a. Menilai karya orang lain
b. Menggambar tanpa ide
c. Menentukan tema dan ide
d. Menyalin karya orang lain

B. Soal Isian (10 soal)      

 1. Unsur rupa yang berupa garis, warna, bentuk, dan tekstur disebut unsur …

 2. Keseimbangan, harmoni, irama, dan penekanan termasuk ke dalam … karya seni rupa.

3. Menilai karya seni rupa dengan kosa kata seni membantu kita memberikan penilaian  yang lebih …
4. Jika sebuah karya memiliki ukuran yang sesuai antara bagian satu dengan lainnya, maka karya tersebut memiliki prinsip ….
5. Warna yang memberikan kesan cerah, segar, dan penuh semangat adalah warna ….
6. Patung, relief, dan keramik termasuk ke dalam karya seni rupa … dimensi.

7. Kosakata seni yang tepat untuk menilai karya yang rapi dan bersih adalah ….

8. Lukisan yang menampilkan kesan nyata seperti foto disebut gaya ….

9. Kegiatan menciptakan karya seni rupa biasanya diawali dengan menuangkan … terlebih dahulu.

10. Unsur rupa yang dapat menimbulkan kesan terang-gelap pada gambar adalah
 
                                                                  

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS DANN SENI RUPA

  Kamis,11 A 2025  Kamis    :  VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarn...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu