Selasa ,23 Oktober 2025
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini, semoga kita semua kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran Matematika Dan Pendidikan Pancasila
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🌼 MATEMATIKA🌼
PECAHAN
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
Rangkuman Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Konsep Dasar:
- Pecahan: Bagian dari keseluruhan. Terdiri dari pembilang (angka di atas garis) dan penyebut (angka di bawah garis).
- Penyebut: Menunjukkan jumlah bagian yang sama dari keseluruhan.
- Pembilang: Menunjukkan berapa banyak bagian yang diambil dari keseluruhan.
Penjumlahan Pecahan:
- Penyebut Sama:
- Jumlahkan pembilang, pertahankan penyebut.
- Contoh: 1/4 + 2/4 = (1+2)/4 = 3/4
- Penyebut Berbeda:
- Samakan penyebut terlebih dahulu dengan mencari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari kedua penyebut.
- Ubah pecahan menjadi pecahan yang senilai dengan penyebut baru.
- Jumlahkan pembilang, pertahankan penyebut baru.
- Contoh: 1/2 + 1/3 = 3/6 + 2/6 = 5/6
Pengurangan Pecahan:
- Penyebut Sama:
- Kurangkan pembilang, pertahankan penyebut.
- Contoh: 3/4 - 1/4 = (3-1)/4 = 2/4 = 1/2
- Penyebut Berbeda:
- Samakan penyebut terlebih dahulu seperti pada penjumlahan.
- Kurangkan pembilang, pertahankan penyebut baru.
Langkah-langkah Umum:
- Samakan Penyebut (jika berbeda): Cari KPK dari penyebut-penyebutnya.
- Ubah Pecahan: Ubah pecahan menjadi pecahan yang senilai dengan penyebut baru.
- Jumlahkan atau Kurangkan Pembilang: Jumlahkan atau kurangkan pembilang, pertahankan penyebut baru.
- Sederhanakan (jika perlu): Sederhanakan hasil akhir jika memungkinkan.
Contoh Soal:
- 2/5 + 3/10 = ?
- KPK dari 5 dan 10 adalah 10.
- 2/5 = 4/10
- 4/10 + 3/10 = 7/10
- 5/6 - 1/3 = ?
- KPK dari 6 dan 3 adalah 6.
- 5/6 - 2/6 = 3/6 = 1/2
Tips:
- Visualisasi: Gunakan gambar atau diagram untuk membantu memahami konsep pecahan.
- Latihan: Kerjakan banyak soal latihan untuk mengasah kemampuan.
- Sederhanakan: Selalu sederhanakan hasil akhir ke bentuk paling sederhana.
Materi Terkait:
- Pecahan campuran
- Pecahan desimal
- Persentase
Ingin belajar lebih lanjut?
Kamu bisa mencari video tutorial di YouTube atau bertanya kepada gurumu. Ada banyak sumber belajar yang bisa kamu manfaatkan.
Kata Kunci: penjumlahan pecahan, pengurangan pecahan, KPK, penyebut, pembilang, pecahan senila
Latihan soal
1. Hasil dari 3⁄10 + 7⁄10 adalah ....
a.1
b..10⁄20
c,⅕ d⅓
2.Hasil dari 3⁄8 + ⅙ adalah = ....
4⁄14
10⁄24
11⁄24
13⁄24
3.Hasil dari 5 4⁄5 + 4 ⅛ adalah ....
9 36⁄40
9 37⁄40
9 38⁄40
9 39⁄40
4.Hasil dari 4⁄5 - ⅕ ....
⅕
2⁄5
3⁄5
4⁄5
5.Hasil dari 3 ⅓ - 1 ⅛ adalah ....
2 2⁄24
2 1⁄8
2 1⁄6
2 5⁄24
6.Hasil dari 3⁄13 + 5⁄13 + 2⁄13 = ....
9⁄13
10⁄13
11⁄13
12⁄13
7.Hasil dari 2⁄5 + 3⁄5 - 1⁄5 = ....
4⁄5
3⁄5
2⁄5
1⁄5
8.Hasil dari 3⁄5 + 5⁄6 - 7⁄8 = ....
63⁄120
65⁄120
67⁄120
71⁄120
9.Hasil dari 3 3⁄5 + 4 1⁄7 - 11⁄2 = ....
6 17⁄70
6 19⁄70
7 17⁄70
6 19⁄70
10.Bibi memiliki persediaan terigu sebanyak 3⁄4 kg, Dipakai untuk membuat kue sebanyak 2⁄4 kg lalu bibi membeli lagi terigu sebanyak 1⁄5. Terigu yang dimiliki bibi sekarang adalah .... kg.
4⁄5
1⁄5
9⁄20
1⁄2
🍄PENDIDIDKAN PANCASILA🍀
Pembahasan Soal materi > Norma Dalam Kehidupan
Tujuan Pembelajaran:Dengan menyimal Pembahasan soal menambah wawasan peserta didik dalam mntelesaikan soal
1. Rendi diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai....
a. kewajiban
b. hak
d. hukum
Jawaban: C
2. Dika dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada....
a. UUD 1945
b. kitab suci
c. Pancasila
d. kitan Negara Kertagama
Jawaban: B
3. Perhatikanlah pernyataan berikut!
1) Mengikuti upacara agama lain
2) Membantu teman yang berbeda agama
3) Menaati segala aturan agama yang berlak
4) Mengabaikan tata tertib ketika berkendara
5) Saling menghargai dan bertoleransi
4.Contoh sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ditunjukkan oleh pernyataan nomor....
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 4, dan 5
Jawaban: B
5. Tiyas melihat seorang nenek yang sedang berdiri di dalam kereta. Kemudian, Tiyas mempersilakan nenek tersebut duduk di kursinya. Tiyas telah berprilaku sesuai dengan norma....
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum
Jawaban: C
6. Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 1 dan 4
Jawaban: A
7. Made tidak sengaja menjatuhkan kotak makan milik Wayan. Kemudian, Made meminta maaf kepada Wayan. Made telah berprilaku sesuai dengan norma....
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum
Jawaban: B
8. Kita sebagai warga negara yang baik, harus selalu menaati norma hukum. Norma tersebut bersumber dari....
a. kitab suci
b. hati nurani
c. kebiasaan masyarakat
d. peraturan perundang-undangan
Jawaban: D
9. Gambar tersebut menunjukkan contoh penerapan norma. Norma tersebut bersumber dari....
a. kitab suci
b. hati nurani
c. UUD 1945
d. kebiasaan masyarakat
Jawaban: A
10. Dimas mendapatkan selembar kertas hasil ulangan matematika. Tampak nilai 60 tertera pada lembaran tersebut. Dimas takut dimarahi oleh ibu. Dia mengatakan kepada ibunya bahwa hasil ulangan matematika tidak dibagikan. Tindakan Dimas melanggar norma....
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum
Jawaban: B
11. Tono beserta teman-temannya bermain di sekitar perumahan dekat rumah Tono. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Tono dan teman-temannya yaitu....
a. membuat kegaduhan
b. berteriak keras agar didengar
c. tidak membuat kebisingan
d. memasuki semua rumah warga
Jawaban: C
. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Berkuasa di antara teman-temannya
2) Menaati segala norma dimanapun berada
3) Nilai ulangan besar meskipun mencontek
4) Disegani semua teman karena pandai berkelahi
12.Kita semua dapat menjadi anak yang hebat.
Anak yang hebat ditunjukkan oleh pernyataan nomor....
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat
Jawaban: B
13. Norma kesopanan bisa saja hanya berlaku pada kelompok masyarakat tertentu dan tidak berlaku pada kelompok masyarakat yang lain. Pernyataan tersebut sesuai dengan sifat norma kesopanan yaitu....
a. relatif
b. mutlak
c. tetap
d. absolut
Jawaban: A
14. Menyebarkan berita bohong dan menyesatkan di media sosial seperti WhatsApp, merupakan salah satu perbuatan yang melanggar....
a. norma agama
b. norma kesusilaan
c. norma kesopanan
d. norma hukum
Jawaban: D
a. 1, 2, dan 3
b. 2, 3, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 4, dan 5
SELAMAT BELAJAR








0 comments:
Post a Comment