Senin,29 September 2025
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan belajar Matematika Dan penjelasan materi B.indonesia
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🌼 MATEMATIKA🌼
Tujuan
Pembelajaran : Murid dapat
mengurutkan pecahan serta menyelesaikan soal cerita yang melibatkan
perbandingan dan pengurutan pecahan.
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : LCD
Langkah-langkah Mengurutkan Pecahan:
- Samakan Penyebut:
- Temukan KPK: Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari semua penyebut dari pecahan-pecahan yang akan diurutkan.
- Ubah Pecahan: Ubah setiap pecahan agar memiliki penyebut yang sama (penyebut KPK tersebut) dengan cara mengalikan pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sesuai.
- Bandingkan Pembilang:
- Setelah semua pecahan memiliki penyebut yang sama, bandingkan angka-angka pembilangnya.
Jika mengurutkan dari yang terkecil, urutkan pembilang dari nilai terkecil ke terbesar.
Jika mengurutkan dari yang terbesar, urutkan pembilang dari nilai terbesar ke terkecil.
Contoh:
Urutkan pecahan 1/3, 1/6, dan 1/2 dari yang terkecil.
Samakan penyebut:
KPK dari 3, 6, dan 2 adalah 6.
1/3 = 2/6
1/6 = 1/6
1/2 = 3/6
Bandingkan pembilang:
Pecahan dengan pembilang terkecil adalah 1/6.
Selanjutnya adalah 2/6 (atau 1/3).
Terakhir adalah 3/6 (atau 1/2).
Jadi, urutan pecahan dari yang terkecil adalah 1/6, 1/3, 1/2.
Latihan Soal
- Urutkan pecahan berikut
dari yang terkecil: 1/2, 3/4, 1/8.
- Urutkan pecahan berikut
dari yang terbesar: 2/3, 1/2, 3/8.Bahasa Indones
- Urutkan pecahan desimal
berikut dari yang terkecil: 0,48, 0,375, 0,048.
- Urutkan bilangan berikut
dari yang terbesar: 0,45, 3/4, 60%.
- Urutkan pecahan 1/5, 4/9,
dan 5/8 dari yang terkecil ke yang terbesar.
🌺Bahasa Indonesia🌺
Tujuan Pembelajaran : Menyampaikan pendapat secara lisan dalam diskusi
kelompok dengan bahasa yang sopan dan dapat dimengerti
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : LCD.
Materi Bahasa Indonesia
Pengertian
Menyampaikan pendapat adalah mengungkapkan pikiran,
gagasan, atau ide kepada orang lain secara lisan atau tulisan.
Cara Menyampaikan Pendapat dengan Sopan
1.Gunakan kata-kata yang baik, misalnya: menurut saya,
sebaiknya, saya setuju/tidak setuju karena…
2.Gunakan intonasi suara yang jelas, tidak membentak.
3.Jangan memotong pembicaraan teman.
4.Dengarkan pendapat orang lain dengan sikap menghargai.
5,Sampaikan dengan kalimat singkat, jelas, dan mudah
dipahami.
Contoh Kalimat
"Menurut saya, sebaiknya kantin sekolah menjual
makanan sehat agar kita tetap bugar."
"Saya setuju dengan pendapat Rani, tetapi saya ingin
menambahkan bahwa harga makanan juga sebaiknya
SOAL LATIHAN
1. Jika kita tidak setuju dengan pendapat teman, sebaiknya kita mengatakan…A. "Pendapatmu salah, aku saja yang benar!"B. "Saya kurang setuju, bagaimana kalau kita coba cara lain?"C. "Pokoknya saya tidak suka idemu."D. "Ah, pendapatmu tidak penting."2. Dalam diskusi, orang yang baik akan…A. Memaksakan pendapat sendiriB. Mendengarkan pendapat teman dengan tenangC. Meninggalkan kelompok bila tidak didengarD. Membantah dengan suara keras3. Kalimat berikut yang menggunakan bahasa sopan adalah…A. "Kamu salah besar, jangan bicara lagi!"B. "Saya setuju dengan pendapatmu, tetapi saya ingin menambahkan…"C. "Pendapatmu tidak masuk akal sama sekali."D. "Kamu harus ikut pendapat saya!"4. Sikap yang menunjukkan kita menghargai pendapat orang lain adalah…A. Menertawakan pendapat temanB. Mendengarkan dengan baik dan tidak menyelaC. Menyela agar cepat selesaiD. Membandingkan teman dengan orang lain
5. Agar pendapat kita dimengerti oleh orang lain, kita harus…A. Menggunakan kalimat singkat, jelas, dan sopanB. Berbicara cepat agar selesai lebih duluC. Menggunakan kata-kata yang sulit dimengertiD. Berbicara sambil marah-marah
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar1.Dalam sebuah diskusi, Rani tidak setuju dengan pendapat temannya. Tuliskan contoh kalimat sopan yang bisa digunakan Rani untuk menyampaikan ketidaksetujuannya!
2.
Saat berdiskusi, Bayu berbicara dengan suara sangat pelan sehingga
teman-teman sulit memahami. Menurutmu, apa yang sebaiknya dilakukan Bayu
agar pendapatnya dapat dimengerti?
3.
Dalam kelompok, Dina selalu ingin pendapatnya yang dipakai tanpa mau
mendengarkan pendapat orang lain. Apa yang seharusnya dilakukan Dina
agar diskusi berjalan dengan baik?
4.
Seorang temanmu menyampaikan pendapat dengan kata-kata yang kurang
sopan. Bagaimana cara kamu menanggapi pendapatnya dengan tetap menjaga
kesopanan?
5. Saat guru memberikan topik diskusi tentang "makanan sehat di kantin sekolah", tuliskan pendapatmu sendiri dengan kalimat sopan dan mudah dipahami!
SELAMAT BELAJAR
Refleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran mtematika pasa hari ini sebagian besar peserta didik dapat memahami materi dengan baik melalui kegiatan latihan soal dan majunkedepan mengerjakan soal secara mandiri.
Berikut dokumentasi kegiatannya :
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat mengurutkan pecahan serta menyelesaikan soal cerita yang melibatkan perbandingan dan pengurutan pecahan.
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : LCD
Langkah-langkah Mengurutkan Pecahan:
- Samakan Penyebut:
- Temukan KPK: Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari semua penyebut dari pecahan-pecahan yang akan diurutkan.
- Ubah Pecahan: Ubah setiap pecahan agar memiliki penyebut yang sama (penyebut KPK tersebut) dengan cara mengalikan pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sesuai.
- Bandingkan Pembilang:
- Setelah semua pecahan memiliki penyebut yang sama, bandingkan angka-angka pembilangnya.
Jika mengurutkan dari yang terkecil, urutkan pembilang dari nilai terkecil ke terbesar.
Jika mengurutkan dari yang terbesar, urutkan pembilang dari nilai terbesar ke terkecil.
Contoh:
Urutkan pecahan 1/3, 1/6, dan 1/2 dari yang terkecil.
Samakan penyebut:
KPK dari 3, 6, dan 2 adalah 6.
1/3 = 2/6
1/6 = 1/6
1/2 = 3/6
Bandingkan pembilang:
Pecahan dengan pembilang terkecil adalah 1/6.
Selanjutnya adalah 2/6 (atau 1/3).
Terakhir adalah 3/6 (atau 1/2).
Jadi, urutan pecahan dari yang terkecil adalah 1/6, 1/3, 1/2.
Latihan Soal
- Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil: 1/2, 3/4, 1/8.
- Urutkan pecahan berikut dari yang terbesar: 2/3, 1/2, 3/8.Bahasa Indones
- Urutkan pecahan desimal berikut dari yang terkecil: 0,48, 0,375, 0,048.
- Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar: 0,45, 3/4, 60%.
- Urutkan pecahan 1/5, 4/9, dan 5/8 dari yang terkecil ke yang terbesar.
🌺Bahasa Indonesia🌺
Tujuan Pembelajaran : Menyampaikan pendapat secara lisan dalam diskusi kelompok dengan bahasa yang sopan dan dapat dimengerti
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : LCD.
Materi Bahasa Indonesia
Pengertian
Menyampaikan pendapat adalah mengungkapkan pikiran, gagasan, atau ide kepada orang lain secara lisan atau tulisan.
Cara Menyampaikan Pendapat dengan Sopan
1.Gunakan kata-kata yang baik, misalnya: menurut saya, sebaiknya, saya setuju/tidak setuju karena…
2.Gunakan intonasi suara yang jelas, tidak membentak.
3.Jangan memotong pembicaraan teman.
4.Dengarkan pendapat orang lain dengan sikap menghargai.
5,Sampaikan dengan kalimat singkat, jelas, dan mudah dipahami.
Contoh Kalimat
"Menurut saya, sebaiknya kantin sekolah menjual makanan sehat agar kita tetap bugar."
"Saya setuju dengan pendapat Rani, tetapi saya ingin menambahkan bahwa harga makanan juga sebaiknya
SOAL LATIHAN
1.Dalam sebuah diskusi, Rani tidak setuju dengan pendapat temannya. Tuliskan contoh kalimat sopan yang bisa digunakan Rani untuk menyampaikan ketidaksetujuannya!
2.
Saat berdiskusi, Bayu berbicara dengan suara sangat pelan sehingga
teman-teman sulit memahami. Menurutmu, apa yang sebaiknya dilakukan Bayu
agar pendapatnya dapat dimengerti?
3.
Dalam kelompok, Dina selalu ingin pendapatnya yang dipakai tanpa mau
mendengarkan pendapat orang lain. Apa yang seharusnya dilakukan Dina
agar diskusi berjalan dengan baik?
4.
Seorang temanmu menyampaikan pendapat dengan kata-kata yang kurang
sopan. Bagaimana cara kamu menanggapi pendapatnya dengan tetap menjaga
kesopanan?
5. Saat guru memberikan topik diskusi tentang "makanan sehat di kantin sekolah", tuliskan pendapatmu sendiri dengan kalimat sopan dan mudah dipahami!
SELAMAT BELAJAR
Refleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran mtematika pasa hari ini sebagian besar peserta didik dapat memahami materi dengan baik melalui kegiatan latihan soal dan majunkedepan mengerjakan soal secara mandiri.
Berikut dokumentasi kegiatannya :
0 comments:
Post a Comment