Friday, November 06, 2020

TEMA 4 SUB TEMA 3 PB 3 DAN 4

Hari/Tanggal : Jum'a,6 November 2020 

Pembelajaran 3 dan 4 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2) Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6) Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan termasuk jenis pantun tua.Pantun tua adalah pantun yang berhubungan dengan orang tua.Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya,agama,dannasihat.Karena pantun tersebut disajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakan adat dan budaya suatu daerah,pantun tersebut berjenis pantun tua.

IPS (KD 3.2, 4.2) Unsur -unsur bergotongroyong:

 a. Usaha kegiatan kerja bersama-sama

 b. Berpartisipassesuai dengankemampuanmasing- masing 

c. Ikhlastanpapamrih 

d. Kerjasamayangbermanfaatbersama Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan orang lain.Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupansehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadiapabilaadapertemuanduaorangataulebih.Selainitu,interaksiterjadikarenaadanya kepentinganpemenuhankebutuhanmasyarakat diberbagaibidangsepertiberikut:

 a. Bidangekonomi:Interaksidalamekonomidapatkitajumpai dipasaratautempatperbelanjaan,ditempat terjadinyaprosesinteraksiekonomi.Semua produk jasa juga termasuk dalam interaksi ekonomi. Secara umum,interaksi ekonomi ditandai dengan adanya hubungan antaradua individu atau antara individu dengan lembaga yang menggunakan proses transaksi uang. b.Bidangpolitik,Jeniskepentinganinidigunakan olehparaanggotapemerintahandananggotapartaipolitikuntukmenjalankankekuasaan negara.Didalamkepentinganpolitik,terdapatjugakepentingankeamanan danpertahanan.Kepentinganini,secara umumditandaidenganadanyaprosestransaksipolitisdankesepakatanuntukmenjalankannegara

 c. Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat ataukedudukandalammasyarakat.Kepentinganiniakanmenimbulkanin teraksi dalammasyarakatkarenakedudukan seseorangditentukan olehpengakuanmasyarakatsekitarnya. Jadi,mencari kedudukantanpapengakuanmasyarakatsangattidak mungkinterjadi.Kepentinganbidangbudayaberkaitandenganpola-polaperilaku, bahasa,organisasisosial,religi,danseniyangtelahmenjadikebiasaan turun-temurundari leluhur.Wargamasyarakatyang salingberinteraksitidakmenutupkemungkinanakanikutberinteraksipuladalambidangbudayasehinggaterjadi pengaruhbudayayangsatu kebudayayanglain. d. Bidangmoral;Kepentinganmoral,berarti kepentinganyangberangkatdarikeprihatinan akanrendahnyasituasimoralitasmasyarakat diwilayahtertentu.Contohkepentingan moral,yaitusiaragama,pelatihanketerampilanmasyarakat,danpembinaanmasya- rakatolehpemerintah.Tujuannya,agarkesadaranmasyarakat diwilayahtersebut timbuluntukmajubersamadenganmasyarakat diwilayahlaindalammembangun bangsa. Interaksisosialadalahsuatuhubungan antarsesamamanusiayahgsalingmemengaruhisatu samalainbaikdalamhubungan antaraindividu,antarkelompok,maupun antarindividudan kelompok.Prosesinteraksisosialapabilaterpenuhiduasyaratyatu:kontaksosial(kontak langsung)dankomunikasi Interaksiantarwargamasyarakat dapatmeningkatkanpembangunandisegalabidang.Dalambidangbudaya,masyarakat dapatmengenalbudayadaerahyangsatudenganbudayadaerah yanglainsehinggamemperkayawawasannusantaradankebudayaannasional.Dalambidang sosial,denganinteraksimasyarakat dapatmemenuhikodratnyasebagaimakhluksosial,yaitu dalamkegiatantertentu, manusiamembutuhkanmanusialainuntukmemenuhihidupnya. Dalamkegiatanekonomi,masyarakat dapatbekerjasamauntukmeningkatkantarafhidupnya sehinggatercapai kesejahteraansosial Interaksiantarwargamasyarakatterjadi karenabeberapafaktorsepertiberikut. 

 a.Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah.Daerah 

dengan kandungansumberdayaalamcukuptinggi,akandapatmemproduksibarang-barang tertentudenganbiayarelatifmurahdibandingkandengandaerahlainyangmemiliki kandungan sumberdayaalamlebihrendah b.PerbedaanKondisiDemografis(perbedaantingkatpertumbuhandanstukturkepen- dudukan, perbedaantingkatpendidikandankesehatan,perbedaankondisiketenagaker- jaan,danperbedaan dalamtingkahlakudankebiasaan,sertaetoskerjayangdimiliki masyarakat daerahbersangkutan).Daerahdengankondisidemografisyangbaikakancen-derungmemilikiproduktivitaskerjayanglebihtinggi.Haltersebutakanmendorong peningkataninvestasiyangselanjutnyaakanmeningkatkanpenyediaanlapangankerja danpertumbuhanekonomidaerahbersangkutan.

 c.Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa.

Apabila  mobilitas tersebut kurang lancar maka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijual ke daerah lain yang membu-tuhkan. Demikian pula halnya migrasi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tenaga kerja  suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah  lain  yang sangat membu- tuhkannya.Akibatnya,ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi karena  kelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang membu- tuhkannya  sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunanya. 

d.Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah.Pertumbuhan ekonomi                                 daerahakancenderunglebihcepatpadadaerahdengankonsentrasikegiatanekonomiyangcukup besar. e.AlokasiDanaPembangunanAntardaerah/Wilayah.Jikasistempemerintahanyangdianutadalahotonomiataufederal,makadanapemerintahakanlebihbanyakdialokasikan kedaerahsehinggaketimpanganpendapatanakancenderungrendah.

 PKn (KD 3.2, 4.2) Hak dan kewajiban bersifat kodrati,yakni melekat bersama kelahiran manusia.Hak dank ewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang  bersangkutan.Orangyang tidak  melaksa- nakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang  yangt idak bertanggung jawab.Jadi,ketiganya mempunyai hubungan yang erat Bentuk hak warga masyarakat sepert iberikut :

a. Mendapatkan perlindungan hukum.

b. Mendapatkanpekerjaandanpenghidupanyanglayak. 

c. Menikmati lingkunganbersih. 

d. Hidup tenang dan  damai. 

e. Bebas memilih,memeluk,dan menjalankan agama.

 f. Berpendapat dan  berorganisasi.

 g. Mengembangkankebudayaan daerah. 

Bentukkewajibanwargamasyarakatsepertiberikut.

a. Mematuhi aturan atau norma yang  berlaku dalam masyarakat.                                                   b.Menjaga ketenangandanketertibanlingkunganmasyarakat. c.MengikutikegiatanyangadadilingkunganRT,RW,atauDesasetempat,misalnyakegiatankerjabakti, d.gotongroyong,danmusyawarah wargamasyarakatsetempat. e.Menghormatitetanggadilingkungantempattinggal.                                                                                     f. Membantu tetangga yang terkena musibah.                                                                                                                                                        g. Menjagakebersihan lingkungan tempat tinggal 

 TUGAS

👎

Setelah mempelajari materi di atas silahkan membuat video kegiatan bergotong royong dengan anggota keluarga di rumah!

12 comments:

  1. lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq kelas 5A hadir
    terimaksih bu materi

    ReplyDelete
  2. M.Fadillah Caesar Farandri
    Kls 5A
    Ket.hadir
    Terimakasih materinya Bu

    ReplyDelete
  3. Abnan Arbi Farizi
    5 hadir
    Terimakasih Bu materinya...🙏🙏

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Queensha Zhafirah Mukia Antonny (Hadir), Terima kasih bu guru untuk materi pembelajaran hari ini

    ReplyDelete
  6. Nama : Maulida Aizzaty al-nadhifa
    Kelas : 5a
    Terimakasih Bu guru atas pembelajarannya hari ini 🙏

    ReplyDelete
  7. Ricko abid alfarisyi
    Kls:5a
    Hadir
    Trma kasih bu santi atas materi hari ini

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design