Hari/Tanggal : Jum'a,6 November 2020
Pembelajaran 3 dan 4 Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2) Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6) Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan termasuk jenis pantun tua.Pantun tua adalah pantun yang berhubungan dengan orang tua.Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya,agama,dannasihat.Karena pantun tersebut disajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakan adat dan budaya suatu daerah,pantun tersebut berjenis pantun tua.
IPS (KD 3.2, 4.2) Unsur -unsur bergotongroyong:
a. Usaha kegiatan kerja bersama-sama
b. Berpartisipassesuai dengankemampuanmasing- masing
c. Ikhlastanpapamrih
d. Kerjasamayangbermanfaatbersama Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan orang lain.Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupansehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadiapabilaadapertemuanduaorangataulebih.Selainitu,interaksiterjadikarenaadanya kepentinganpemenuhankebutuhanmasyarakat diberbagaibidangsepertiberikut:
a. Bidangekonomi:Interaksidalamekonomidapatkitajumpai dipasaratautempatperbelanjaan,ditempat terjadinyaprosesinteraksiekonomi.Semua produk jasa juga termasuk dalam interaksi ekonomi. Secara umum,interaksi ekonomi ditandai dengan adanya hubungan antaradua individu atau antara individu dengan lembaga yang menggunakan proses transaksi uang. b.Bidangpolitik,Jeniskepentinganinidigunakan olehparaanggotapemerintahandananggotapartaipolitikuntukmenjalankankekuasaan negara.Didalamkepentinganpolitik,terdapatjugakepentingankeamanan danpertahanan.Kepentinganini,secara umumditandaidenganadanyaprosestransaksipolitisdankesepakatanuntukmenjalankannegara
c. Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat ataukedudukandalammasyarakat.Kepentinganiniakanmenimbulkanin teraksi dalammasyarakatkarenakedudukan seseorangditentukan olehpengakuanmasyarakatsekitarnya. Jadi,mencari kedudukantanpapengakuanmasyarakatsangattidak mungkinterjadi.Kepentinganbidangbudayaberkaitandenganpola-polaperilaku, bahasa,organisasisosial,religi,danseniyangtelahmenjadikebiasaan turun-temurundari leluhur.Wargamasyarakatyang salingberinteraksitidakmenutupkemungkinanakanikutberinteraksipuladalambidangbudayasehinggaterjadi pengaruhbudayayangsatu kebudayayanglain. d. Bidangmoral;Kepentinganmoral,berarti kepentinganyangberangkatdarikeprihatinan akanrendahnyasituasimoralitasmasyarakat diwilayahtertentu.Contohkepentingan moral,yaitusiaragama,pelatihanketerampilanmasyarakat,danpembinaanmasya- rakatolehpemerintah.Tujuannya,agarkesadaranmasyarakat diwilayahtersebut timbuluntukmajubersamadenganmasyarakat diwilayahlaindalammembangun bangsa. Interaksisosialadalahsuatuhubungan antarsesamamanusiayahgsalingmemengaruhisatu samalainbaikdalamhubungan antaraindividu,antarkelompok,maupun antarindividudan kelompok.Prosesinteraksisosialapabilaterpenuhiduasyaratyatu:kontaksosial(kontak langsung)dankomunikasi Interaksiantarwargamasyarakat dapatmeningkatkanpembangunandisegalabidang.Dalambidangbudaya,masyarakat dapatmengenalbudayadaerahyangsatudenganbudayadaerah yanglainsehinggamemperkayawawasannusantaradankebudayaannasional.Dalambidang sosial,denganinteraksimasyarakat dapatmemenuhikodratnyasebagaimakhluksosial,yaitu dalamkegiatantertentu, manusiamembutuhkanmanusialainuntukmemenuhihidupnya. Dalamkegiatanekonomi,masyarakat dapatbekerjasamauntukmeningkatkantarafhidupnya sehinggatercapai kesejahteraansosial Interaksiantarwargamasyarakatterjadi karenabeberapafaktorsepertiberikut.
a.Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah.Daerah
dengan kandungansumberdayaalamcukuptinggi,akandapatmemproduksibarang-barang tertentudenganbiayarelatifmurahdibandingkandengandaerahlainyangmemiliki kandungan sumberdayaalamlebihrendah b.PerbedaanKondisiDemografis(perbedaantingkatpertumbuhandanstukturkepen- dudukan, perbedaantingkatpendidikandankesehatan,perbedaankondisiketenagaker- jaan,danperbedaan dalamtingkahlakudankebiasaan,sertaetoskerjayangdimiliki masyarakat daerahbersangkutan).Daerahdengankondisidemografisyangbaikakancen-derungmemilikiproduktivitaskerjayanglebihtinggi.Haltersebutakanmendorong peningkataninvestasiyangselanjutnyaakanmeningkatkanpenyediaanlapangankerja danpertumbuhanekonomidaerahbersangkutan.
c.Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa.
Apabila mobilitas tersebut kurang lancar maka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijual ke daerah lain yang membu-tuhkan. Demikian pula halnya migrasi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membu- tuhkannya.Akibatnya,ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi karena kelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang membu- tuhkannya sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunanya.
d.Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah.Pertumbuhan ekonomi daerahakancenderunglebihcepatpadadaerahdengankonsentrasikegiatanekonomiyangcukup besar. e.AlokasiDanaPembangunanAntardaerah/Wilayah.Jikasistempemerintahanyangdianutadalahotonomiataufederal,makadanapemerintahakanlebihbanyakdialokasikan kedaerahsehinggaketimpanganpendapatanakancenderungrendah.
PKn (KD 3.2, 4.2)
Hak dan kewajiban bersifat kodrati,yakni melekat bersama kelahiran manusia.Hak dank ewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan.Orangyang tidak melaksa- nakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yangt idak bertanggung jawab.Jadi,ketiganya mempunyai hubungan yang erat
Bentuk hak warga masyarakat sepert iberikut :
a. Mendapatkan perlindungan hukum.
b. Mendapatkanpekerjaandanpenghidupanyanglayak.
c. Menikmati lingkunganbersih.
d. Hidup tenang dan damai.
e. Bebas memilih,memeluk,dan menjalankan agama.
f. Berpendapat dan berorganisasi.
g. Mengembangkankebudayaan daerah.
Bentukkewajibanwargamasyarakatsepertiberikut.
a. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat. b.Menjaga ketenangandanketertibanlingkunganmasyarakat. c.MengikutikegiatanyangadadilingkunganRT,RW,atauDesasetempat,misalnyakegiatankerjabakti, d.gotongroyong,danmusyawarah wargamasyarakatsetempat. e.Menghormatitetanggadilingkungantempattinggal. f. Membantu tetangga yang terkena musibah. g. Menjagakebersihan lingkungan tempat tinggal
TUGAS
👎
Setelah mempelajari materi di atas silahkan membuat video kegiatan bergotong royong dengan anggota keluarga di rumah!
12 comments:
lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq kelas 5A hadir
terimaksih bu materi
M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Terimakasih materinya Bu
Abnan Arbi Farizi
5 hadir
Terimakasih Bu materinya...🙏🙏
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Queensha Zhafirah Mukia Antonny (Hadir), Terima kasih bu guru untuk materi pembelajaran hari ini
Nama : Maulida Aizzaty al-nadhifa
Kelas : 5a
Terimakasih Bu guru atas pembelajarannya hari ini 🙏
SAMA2 NAK
SAMA2 NAK
SAMA2 NAK
SAMA2 NAK
Ricko abid alfarisyi
Kls:5a
Hadir
Trma kasih bu santi atas materi hari ini
Post a Comment