Thursday, November 19, 2020

TEMA 5 SUB TEMA 2

 Kamis,19 November 2020

  Assalaamualaikum anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya hari ini smoga smua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Sebelum anada belajar berdoa dahulu,simak  tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Setelah membaca materi ini beri tanggapan dikolom  komentar  untuk melihat   keaktifan siswa

 

Tema 5            : Ekositem

Subtema 2       : Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem

 

Pembelajaran 1 dan 2

MuatanPelajaran :IPA (KD 3. 5dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), danSBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

RangkumanMateri : 

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

Rantai Makanan

Rantai makanan adalah  rangkaian peristiwa makan dan di makanan antar makhlukhidupuntukkelangsunganhidupnya.

Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing.Secara  umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalamrantaimakanan.

1.      Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis.Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau

Produsen mampu mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia

2.      Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari  makhluk hidup lain. Contohnya hewan

3.      Pengurai

Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Penguraii  tersebut menghasilkan zat-zat kimia dannutrisi yang dibutuhkan produsen.Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.


  Padi       >> Tikus             >>Ular                   >>Elang                    >>Jamur

         Produsen     Konsumen I         Konsumen II      Konsumen III               Pengurai

 Bahasa Indonesia(KD 3.7 dan 4.7)

Untuk mengembangkan ide pokokdariteks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:

1.      Membaca teks non fiksi dengan seksama

2.      Menentukan ide pokokdariteks non fiksi

3.      Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri

4.      Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama

Setelahmembacadenganseksama, kitadapatmengetahuikalimatutamadari paragraph tersebutterdapatpadakalimatpertama, yaitu“ meskipunseringdianggansebagaihewanpengganggu, belalangternyatamemilikikandungannutrisi yang cukuptinggidanbaikbagitubuhmanusia.

Dari kalimatutamaitu, barulahkalimatitu, barulah ide pokodapatkamutentukan.Ide pokokdari paragraph non fiksitersebutadalah “belalangmemilikikandungannutrisi yang cukuptinggi”.

SBdP(KD 3. 2 dan 4. 2)

Properti tari daerah dan fungsinya

Properti adalah perlengkapan  atau alat yang digunakan dalam tarian.Properti berfungsiuntukmemberikankeindahanpadatarian.

Properti jugaberfungsisebagai media entuk menyampaikan makna yang terkandungdalamtarian. Property yang digunakandalamtariantradisionalbermacam-macam, misalnyaselendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin

Tugas akan dikirim ke WA Grub Kelas 

TERIMAKASIH

10 comments:

  1. Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq VA hadir
    Saya sudah mempelajari materi yang ibu berikan terimakasih

    ReplyDelete
  2. Queensha Zhafirah Mulia Antonny (Hadir). Terima kasih bu guru, untuk meteri pembelajaran ny hari ini. Saya sudah mempelajari nya

    ReplyDelete
  3. Nama : Fathir Rizky Aditya
    Kelas : 5A
    Trimaksih bu, sdh dipelajari dan mengirim tugas di wa grup

    ReplyDelete
  4. Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
    Saya telah mempelajari materi yang ibu guru berikan

    ReplyDelete
  5. Ushe Mulia Arani
    Kelas:5A
    Saya telah membaca materi yang ibu guru berikan terimakasih 🙏 Bu

    ReplyDelete
  6. M. Fadillah Caesar Farandri
    Kls 5A
    Ket.hadir
    Saya sudah membaca materi yang ibu berikan, terima kasih bu

    ReplyDelete
  7. Ricko Abid alfarisyi
    5A
    Hadir
    Saya sudah membaca materi yang ibu guru berikan terima kasih bu

    ReplyDelete
  8. Maulida Aizzaty Al nadhifa
    Hadir
    Kelas : 5a

    ReplyDelete
  9. Terimkasih atas tanggapannya ..nak yg lain ditunggu ya ..

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design