Kamis,19 November 2020
Assalaamualaikum anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya hari ini smoga smua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Sebelum anada belajar berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Setelah membaca materi ini beri tanggapan dikolom komentar untuk melihat keaktifan siswa
Tema 5 : Ekositem
Subtema 2 : Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem
Pembelajaran 1 dan 2
MuatanPelajaran :IPA (KD 3. 5dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), danSBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)
RangkumanMateri :
IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan di makanan antar makhlukhidupuntukkelangsunganhidupnya.
Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing.Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalamrantaimakanan.
1. Produsen
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis.Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau
Produsen mampu mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia
2. Konsumen
Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari makhluk hidup lain. Contohnya hewan
3. Pengurai
Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Penguraii tersebut menghasilkan zat-zat kimia dannutrisi yang dibutuhkan produsen.Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.
Padi >> Tikus >>Ular >>Elang >>Jamur
Produsen Konsumen I Konsumen II Konsumen III PenguraiBahasa Indonesia(KD 3.7 dan 4.7)
Untuk mengembangkan ide pokokdariteks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:
1. Membaca teks non fiksi dengan seksama
2. Menentukan ide pokokdariteks non fiksi
3. Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri
4. Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama
Setelahmembacadenganseksama, kitadapatmengetahuikalimatutamadari paragraph tersebutterdapatpadakalimatpertama, yaitu“ meskipunseringdianggansebagaihewanpengganggu, belalangternyatamemilikikandungannutrisi yang cukuptinggidanbaikbagitubuhmanusia.
Dari kalimatutamaitu, barulahkalimatitu, barulah ide pokodapatkamutentukan.Ide pokokdari paragraph non fiksitersebutadalah “belalangmemilikikandungannutrisi yang cukuptinggi”.
SBdP(KD 3. 2 dan 4. 2)
Properti tari daerah dan fungsinya
Properti adalah perlengkapan atau alat yang digunakan dalam tarian.Properti berfungsiuntukmemberikankeindahanpadatarian.
Properti jugaberfungsisebagai media entuk menyampaikan makna yang terkandungdalamtarian. Property yang digunakandalamtariantradisionalbermacam-macam, misalnyaselendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin
Tugas akan dikirim ke WA Grub Kelas
TERIMAKASIH
10 comments:
Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq VA hadir
Saya sudah mempelajari materi yang ibu berikan terimakasih
Queensha Zhafirah Mulia Antonny (Hadir). Terima kasih bu guru, untuk meteri pembelajaran ny hari ini. Saya sudah mempelajari nya
Nama : Fathir Rizky Aditya
Kelas : 5A
Trimaksih bu, sdh dipelajari dan mengirim tugas di wa grup
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Saya telah mempelajari materi yang ibu guru berikan
Ushe Mulia Arani
Kelas:5A
Saya telah membaca materi yang ibu guru berikan terimakasih 🙏 Bu
M. Affan Hilman
Hadir
M. Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Saya sudah membaca materi yang ibu berikan, terima kasih bu
Ricko Abid alfarisyi
5A
Hadir
Saya sudah membaca materi yang ibu guru berikan terima kasih bu
Maulida Aizzaty Al nadhifa
Hadir
Kelas : 5a
Terimkasih atas tanggapannya ..nak yg lain ditunggu ya ..
Post a Comment