Senin,16 November 2020
Pembelajaran 5 dan 6
Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.
Rangkuman Materi :
IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)
Daur Hidup Hewan
Daur hidup hewan adalah suatu proses perubahan dalam pertumbuhan yang dialami hewan sepanjang hidupnya.
Daur hidup hewan dibedakan atas hewan bermetamorfosis dan hewan tidak bermetamorfosis.
1. Hewan Bermetamorfosis
ü Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh hewan.
ü Berdasarkan tahapan daur hidupnya, metamorfosis dibedakan menjadi dua yaitu, metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
ü Metamorfosis sempurna dicirikan dengan bentuk tubuh yang sangat berbeda antara bentuk telur saat menetas dan bentuk dewasanya.
ü Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna melalui tahap kepompong (pupa)
ü Contoh hewan metamorfosis sempurna antara lain lebah, nyamuk, kupu-kupu, lalat.
ü Metamorfosis tidak sempurna dicirikan dengan bentuk tubuh hewan muda yang tidak berbeda dengan dewasanya.
ü Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna tidak melalui tahap kepompong (pupa), akan tetapi melalui tahapan peralihan yang disebut nimfa.
ü Contoh belalang, capung, dan kecoak.
2. Hewan Tidak Bermetamorfosis
Ada hewan yang bentuk dan struktur tubuhnya sama saat masih muda sampai hewan tersebut dewasa.
Hewan ini dikelompokkan sebagai hewan yang tidak bermetamorfosis.
Contoh kucing, ayam, ikan, dan kadal.
Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)
Menguraikan Informasi penting dalam Bentuk Peta Pikiran
Peta pikiran merupakan suatu cara mencatat kreatif dan efektif yang disajikan secara ringkas.
Peta pikiran disajikan berbentuk cabang, seperti pohon.
Mempresentasikan Informasi dalam Peta Pikiran yang telah Dibuat
Untuk mempresentasikan informasi dalam peta pikiran, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut :
ü Sikap tubuh yang tegap ketika presentasi
ü Adanya kontak mata dengan pendengar
ü Penggunaan lafal dan intonasi ketika menjelaskan
ü Pemilihan kata yang tepat ketika mengucapkan salam pembuka dan penutup.
SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)
Lagu Bertangga Nada Minor
Ciri-ciri lagu bertangga nada minor antara lain sebagai berikut :
ü Lagu bersifat sendu, sedih, dan khidmat.
ü Jarak atau interval nadanya 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½ - 1 – 1.
ü Urutan nadanya dimulai dengan nada A (la) dan diakhiri dengan nada A’ atau E (mi).
Menyanyikan Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor dengan Iringan Alat Musik
Lagu dapat dinyanyikan dengan iringan alat musik ritmis atau melodis.
Alat musik ritmis tidak memiliki nada.Alat musik ritmis dimainkan dengan memperhatikan ketukan lagu.
Contoh alat musikritmis : gendang, triangle, marakas, dan tamborin.
Alat musik melodis dapat melantunkan melodi sebuah lagu.Contoh : seruling, pianika, gitar, biola, dan piano.
PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)
Usaha Mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
ü Bersatu dalam keragaman suku, budaya, bahasa, dan agama
ü Mengharumkan nama bangsa dan negara
ü Menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan
ü Menaati peraturan yang berlaku
ü Mengikuti kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya persatuan
Beberapa cara untuk meningkatkan rasa cinta tanah air :
ü Memiliki sikap patriotisme
ü Menggunakan produk Indonesia
ü Melestarikan budaya dan tradisi Indonesia
ü Meningkatkan kerukunan antarwarga masyarakat
Upaya mempersatukan bangsa perlu dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan oleh seluruh lapisan masyarakat.Dengan persatuan, kesatuan bangsa dapat tetap terjaga.
TUGAS
Silahkan klik link dibawah ini
👎
https://forms.gle/Hs25YvyALzmbdX4P8
17 comments:
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Nama: M Deswan Ali Ifrokie
Kelas : 5a
Ket: Hadir
Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq VA hadir
Queensha Zhafirah Mulia Antonny (Hadir). Trrima kasih bu guru untuk materi belajar ny hari ini
Nama : Fathir Rizky Aditya
Kelas : 5A
Hadir bu, materi sdh dipelajari, link google form sdh dikerjakan, trimaksih bu. .
Naufal fawwaz Aryansyah
5a
Hadir, trimksh materinya hari ini
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Saya telah mempelajari materi diatas semoga materi yang ibu guru berikan dapat saya ingat terimakasih
M. AFFAN HILMAN
Hadir
Nama:faza alfaruqi ry
Kls:5a
Ket:hadi
Terimaksih bu atas materinya hari ini
Ricko abid alfarisyi
5A
Hadir
Terimakasih bu atas materinya hari ini
USHE MULIA ARANI
5A
Hadir
Saya sudah menyimak pelajaran Bu
Terima kasih Bu guru
Hersentiaz Meral Araga
No. Absen 13
Hadir dan sdh mengerjakan PH bu
Alhamdulillah materi bisa di mengerti oleh Eral
Trimakasih Bu Santi
Assalamu'alaikum,
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
No.absen : 17
Alhamdulillah materi sudah dipelajari dan sudah mengerjakan latihan soal Tema. Terima kasih Bu, wassalamualaikum
Assalamualaikum
NAMA Muhammad fauzan bachri
Kelas 5.A
HADIR
Alhamdulillah materi sudah dipelajari dan sudah mengerjakan latihan soal Tema. Terima kasih Bu, wassalamualaikum
Nama: Agni Fidela Khairunnisa
Kel : 5A
Ket : hadir
Nama: Muhammad Athaaillah teta
Kelas :5a
Hadir bu
Saya sudah membaca materi yg ibu kasih dibloger terimakasih bu
Trimkasaih to ananda yang telah memberi tanggapan smoga ilmu yang telah dipelajari bermanfaat dan barokah aamiin
Post a Comment