Thursday, January 21, 2021

TEMA 6 SUB TEMA 3 PB 3 DAN 4

 Kamis,21 Januari 2021

Kelas : VA

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِ

    لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya di hari Kamis  yang ceria ini Semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ,ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca Alquran.Ananda VA kemarin kita sudah melaksanaka EVALUASI MTK  KE 1.Untuk hari ini kita melanjutkan materi TEMA 6 SUB 3 pb 3 dan 4.Simk baik-baik materinya ,kerjakan latihan soalnya dan semoga ananda paham dengan materi yang ibu berikan aamiin.

Sebelum kita pelajari materi berikutnya ibu akan menyajikan Soal dan Pembahasan Evaluasi MTK 1 hari Rabu,20 januari 2020

👇

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Bangun kubus mempunyai sisi sebanyak ….
a. 3  
b. 4   
c. 5   
d. 6

2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ….
a. 15  
b. 12   
c. 6   
d. 8

3. Bangun kubus adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ….
a. Segitiga 
b. Persegi  
c. Persegi panjang 
d. Trapesium

4. Rumus untuk mencari volume kubus adalah ….
a. V = s x s 
b. V = r x r   
c. V = p x l x t 
d. V = s x s x s

5. Budi  mempunyai kardus berbentuk kubus yang mempunyai panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Andi adalah …. cm³
a. 64.000 
b. 54.000  
c. 16.000 
d. 1.600

6. Rino mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Tentukan luas permukaanya  adalah …. Cm2
a. 2.400
b. 3.200
c. 3.400
d. 4.200

7. Balok mempunyai jumlah rusuk sebanyak ….
a. 6 buah 
b. 8 buah
c. 10 buah
d. 12 buah

8. Perbedaan antara balok dan kubus di antaranya adalah ….
a. Jumlah sudutnya  
b. Besar sudut-sudutnya
c. Bentuk sisi-sisinya
d. Jumlah rusuknya

9. Rina mempunyai kotak pensil berbentuk balok dengan panjang 15 cm, lebar 8 cm dan tinggi 4 cm.  Volume kotak pensil Rina adalah …. cm³
a. 480    
b. 540   
c. 660                                                                                                                                                       

d  640

10.Tentukan luas permukaan sebuah bangun balok jika diketahui panjangnya 12 cm,lebarnya 10 cm dan tingginya 5 cm ..
a. 764
b. 600
c. 460
d. 376

 

KUNCI                                                            PEMBAHASAN

1.D                                                      1.Bangun kubus memiliki 6 sisi

2.B.                                                     2. Bangun kubus memiliki 12 rususk

3.B                                                      3. Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi

4. D                                                     4.Rumus mencari volume kubus aadalah : sxsxs

5. A                                                     5. VOLUME KUBUS = SXSXS

                                                                                                = 40X40X40

                                                                                               = 64000 cm³

6. A                                                     6. Luas Permukaan kubus = 6 X S X S

                                                                                                     = 6 X 20 X 20 = 2.400 cm2

7.D                                                      7. Bangun Ruang Balok memiliki 12 rusuk

8.C                                                      8. Perbedaan bangun kubus dan balok adalah pada bentuk sisinya.

Jika kubus semua bentuk sisinya sama ,bangun balok hanya sisi yang berhadapan yang bentuknya sama 

9.A                                                       9.VOLUME BALOK  = PXLXT

                                                                                                 =  15 X 8 X 4

                                                                                                  = 480 cm³

 

10. C                                                    10. LUAS PERMUKAAN BALOK = 2(PXL+PXT+LXT)

                                                                                                             = 2(12X10+12X5+10X5

                                                                                                            =  2(120+60+50)

                                                                                                            = 2X230

                                                                                                            = 460 cm2

 

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                      

 Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Tujuan Pembelajaran :

  1.  Dengan menuliskan isi dari tiap paragraf bacaan, siswa mampu
     
    menjelasan (eksplanasi) dengan ringkas pada media cetak atau elektronik secara tepat.
  2. Dengan membandingkan artikel, siswa mampu membandingkan aktivitas
    masyarakat di bebarapa wilayah dalam upaya pembangunan ekonomi,
    sosial dan budaya Indonesia secara percaya diri.
  3. Dengan mengamati masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekolah,
    siswa mampu mengidentifikasi akibat-akibat yang timbul karena tidak
    menerapan tanggung jawab di masyarakat

Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)

Meringkas Teks Eksplanasi

Ringkasan adalah intisari dari suatu teks yang terdiri atas pokok pikiran tiap paragraf.

Langkah-langkah dalam membuat ringkasan :

  1. Bacalah teks dengan saksama.
  2. Identifikasi pokok pikiran dari setiap paragraf.
  3. Tuliskan pokok pikiran yang kamu temukan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
  4. Rangkailah kalimat-kalimat pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu dan mudah dipahami.
  5. Periksa kembali kata-kata yang belum sesuai dengan kosakata baku dan ejaan yang sesuai kaidah yang baik dan benar.

IPS(3.2, 4.2)

Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Dataran Rendah

Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi. Sebagai salah satu keragaman bentuk muka bumi, dataran rendah juga dikenal dengan istilah dataran aluvial.

Alluvial merupakan salah satu jenis tanah yang berasal dari endapan aliran sungai. Tanah ini juga subur dan baik untuk bercocok tanam., Selain itu, dataran rendah memiliki area yang relative datar sehingga kondisi ini membuat perpindahan masyarakat serta pengangkutan barang dan jasa menjadi lebih mudah.

Suhu udara di dataran rendah, khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun.

Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.

Kemudahan tersebut membuat dataran rendah berkembang menjadi pusat kegiatan masyarakat, salah satunya adalah kegiatan pembangunan pada bidang ekonomi seperti menanam padi dan menangkap ikan.

 

Mengidentifikasi Kegiatan Ekonomi di Dataran Tinggi

dataran adalah daratan datar yang luas dan umumnya tidak banyak berubah ketinggiannya. Dataran dapat berupa dataran rendah di sepanjang lembah atau di kaki pegunungan, dataran pesisir, dan dataran tinggi (plateau).

Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.

Dataran adalah salah satu bentang alam utama di bumi. Dataran ada di semua benua, dan mencakup lebih dari sepertiga luas daratan dunia.  Dataran dapat terbentuk dari aliran lava, diendapkan oleh air, es, angin, atau dibentuk oleh erosi oleh agen-agen ini dari bukit dan gunung. Dataran umumnya memiliki bioma padang rumput (sedang atau subtropis), stepa (semi-kering), sabana (tropis) atau tundra (kutub). Dalam beberapa kasus, gurun dan hutan hujan juga ada di dataran.

Dataran sering menjadi daerah yang penting untuk pertanian karena di mana tanah diendapkan sebagai sedimen, tanah itu dalam dan subur, dan kerataannya memudahkan mekanisasi produksi tanaman; atau karena dataran mendukung padang rumput yang menyediakan pakan yang baik untuk ternak.

Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil dari erosi dan juga sedimentaasi (pengedapan material) yang tertimbun material-material dari lereng gunung yang berada di sekitarnya.

Aktivitas ekonomi masyarakat di dataran tinggi lebih cocok untuk perkebunan dan peternakan. Kedua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara individu atau berkelompok. Interaksi manusia dengan lingkungan di bidang ekonomi dipengaruhi oleh beragamnya mata pencaharian masyarakat Indonesia. Perbedaan ini juga disebabkan oleh sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.

PPKn (3.2, 4.2)

Menjelaskan Akibat Tidak Adanya Penerapan Tanggung Jawab di Sekolah.

Sikap tanggung jawab tidak hanya perlu dilakukan di lingkungan maassyarakat, namun juga di lingkungan sekolah. Tanggung jawab di sekolah tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga seluruh warga sekolah, misalnya guru, penjaga keamanan, dan pegawai sekolah. Setiap warga sekolah memiliki tanggung jawab masing-masing. Sebagai siswa bertanggung jawab misalnya untuk mengumpulkan tugass tepat waktu dan mengerjakan piket kelas sesuai jadwal. Tanggung jawab tidak diterapkan dengan baik, maka hal tersebut akan menimbulkan beberapa akibat, misalnya :

  1. Kelas menjadi kotor karena tidak ada kesadaran untuk membersihkan kelas.
  2. Mendapatkan teguran dari guru karena tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan
  3. Dijauhi atau tidak dihormati oleh teman.      

👇

Latihan

  1. Carilah informasi tentang kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu, lalu tuliskan 2 kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu!

      2.Apa yang terjadi jika tanggung jawab dari kegiatan tersebut tidak dilaksanakan?

SELAMAT BELAJAR

       

10 comments:

  1. Nama: abnan Arbi Farizi
    Kelas:5A
    Hadir bu

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Bu
    Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
    Saya akan mengerjakan tugas nya

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum wr Wb
    M.Fadillah Caesar Farandri
    Kls 5A
    Ket.hadir
    Terima kasih materinya Bu
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum wr Wb
    Nama:Ricko abid alfarisyi
    Kls:5A
    Ket:hadir
    Terima kasih materinya Bu
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  5. Waalaikum salam,tetap semangat ya nak semoga ananda bisa tambah memahami materi dan bermanfaat aamiin

    ReplyDelete
  6. Nama : Fathir Rizky Aditya
    Kelas : 5 A
    Trimakasih bu materinya..

    ReplyDelete
  7. Nama : Sabrina Azti Rahma Sofi
    Kelas :5 A
    Terima Bu guru materinya

    ReplyDelete
  8. Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
    Kelas:5A
    Ket:Hadir
    Terimakasih bu guru untuk materinya

    ReplyDelete
  9. Nama :Daufal Naufal Kennedi
    Kelas Va
    Ket: hadir
    Terimakasih bu guru untuk materinya

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum warahmatullahi
    Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq
    VA
    Hadir
    Terima kasih bu guru Atas materi nya

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

TEMA 9 SUB TEMA 2 PB 1 DAN 2

 Senin,13 Mei 2024 Kelas : VC بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه  Anak sholeh dan shol...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design