Kamis,21 Januari 2021
Kelas : VA
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِ
لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini Semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta senantiasa dalam lindungan ,ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca Alquran.Ananda VA kemarin kita sudah melaksanaka EVALUASI MTK KE 1.Untuk hari ini kita melanjutkan materi TEMA 6 SUB 3 pb 3 dan 4.Simk baik-baik materinya ,kerjakan latihan soalnya dan semoga ananda paham dengan materi yang ibu berikan aamiin.
Sebelum kita pelajari materi berikutnya ibu akan menyajikan Soal dan Pembahasan Evaluasi MTK 1 hari Rabu,20 januari 2020
👇
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Bangun kubus mempunyai sisi sebanyak ….
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ….
a. 15
b. 12
c. 6
d. 8
3. Bangun kubus adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ….
a. Segitiga
b. Persegi
c. Persegi panjang
d. Trapesium
4. Rumus untuk mencari volume kubus adalah ….
a. V = s x s
b. V = r x r
c. V = p x l x t
d. V = s x s x s
5. Budi mempunyai kardus berbentuk
kubus yang mempunyai panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Andi adalah …. cm³
a. 64.000
b. 54.000
c. 16.000
d. 1.600
6. Rino mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm.
Tentukan luas permukaanya adalah …. Cm2
a. 2.400
b. 3.200
c. 3.400
d. 4.200
7. Balok mempunyai jumlah rusuk sebanyak ….
a. 6 buah
b. 8 buah
c. 10 buah
d. 12 buah
8. Perbedaan antara balok dan kubus di antaranya adalah ….
a. Jumlah sudutnya
b. Besar sudut-sudutnya
c. Bentuk sisi-sisinya
d. Jumlah rusuknya
9. Rina mempunyai kotak pensil berbentuk balok dengan
panjang 15 cm, lebar 8 cm dan tinggi 4 cm. Volume kotak pensil Rina adalah …. cm³
a. 480
b. 540
c. 660
d 640
10.Tentukan luas permukaan sebuah bangun balok jika diketahui panjangnya 12
cm,lebarnya 10 cm dan tingginya 5 cm ..
a. 764
b. 600
c. 460
d. 376
KUNCI PEMBAHASAN
1.D 1.Bangun kubus memiliki 6 sisi
2.B. 2. Bangun kubus memiliki 12 rususk
3.B 3. Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi
4. D 4.Rumus mencari volume kubus aadalah : sxsxs
5. A 5. VOLUME KUBUS = SXSXS
= 40X40X40
= 64000 cm³
6. A 6. Luas Permukaan kubus = 6 X S X S
= 6 X 20 X 20 = 2.400 cm2
7.D 7. Bangun Ruang Balok memiliki 12 rusuk
8.C 8. Perbedaan bangun kubus dan balok adalah pada bentuk sisinya.
Jika kubus semua bentuk sisinya sama ,bangun balok hanya sisi yang berhadapan yang bentuknya sama
9.A 9.VOLUME BALOK = PXLXT
= 15 X 8 X 4
= 480 cm³
10. C 10. LUAS PERMUKAAN BALOK = 2(PXL+PXT+LXT)
= 2(12X10+12X5+10X5
= 2(120+60+50)
= 2X230
= 460 cm2
Pembelajaran 3 dan 4
Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), IPS (KD 3. 2, 4. 2)
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan menuliskan isi dari tiap paragraf
bacaan, siswa mampu
menjelasan (eksplanasi) dengan ringkas pada media cetak atau elektronik secara tepat. - Dengan membandingkan artikel,
siswa mampu membandingkan aktivitas
masyarakat di bebarapa wilayah dalam upaya pembangunan ekonomi,
sosial dan budaya Indonesia secara percaya diri. - Dengan mengamati masalah-masalah
yang terjadi di lingkungan sekolah,
siswa mampu mengidentifikasi akibat-akibat yang timbul karena tidak
menerapan tanggung jawab di masyarakat
Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)
Meringkas Teks Eksplanasi
Ringkasan adalah intisari dari suatu teks yang terdiri atas pokok pikiran tiap paragraf.
Langkah-langkah dalam membuat ringkasan :
- Bacalah teks dengan saksama.
- Identifikasi pokok pikiran dari setiap paragraf.
- Tuliskan pokok pikiran yang kamu temukan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
- Rangkailah kalimat-kalimat pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu dan mudah dipahami.
- Periksa kembali kata-kata yang belum sesuai dengan kosakata baku dan ejaan yang sesuai kaidah yang baik dan benar.
IPS(3.2, 4.2)
Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Dataran Rendah
Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi. Sebagai salah satu keragaman bentuk muka bumi, dataran rendah juga dikenal dengan istilah dataran aluvial.
Alluvial merupakan salah satu jenis tanah yang berasal dari endapan aliran sungai. Tanah ini juga subur dan baik untuk bercocok tanam., Selain itu, dataran rendah memiliki area yang relative datar sehingga kondisi ini membuat perpindahan masyarakat serta pengangkutan barang dan jasa menjadi lebih mudah.
Suhu udara di dataran rendah, khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun.
Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.
Kemudahan tersebut membuat dataran rendah berkembang menjadi pusat kegiatan masyarakat, salah satunya adalah kegiatan pembangunan pada bidang ekonomi seperti menanam padi dan menangkap ikan.
Mengidentifikasi Kegiatan Ekonomi di Dataran Tinggi
dataran adalah daratan datar yang luas dan umumnya tidak banyak berubah ketinggiannya. Dataran dapat berupa dataran rendah di sepanjang lembah atau di kaki pegunungan, dataran pesisir, dan dataran tinggi (plateau).
Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.
Dataran adalah salah satu bentang alam utama di bumi. Dataran ada di semua benua, dan mencakup lebih dari sepertiga luas daratan dunia. Dataran dapat terbentuk dari aliran lava, diendapkan oleh air, es, angin, atau dibentuk oleh erosi oleh agen-agen ini dari bukit dan gunung. Dataran umumnya memiliki bioma padang rumput (sedang atau subtropis), stepa (semi-kering), sabana (tropis) atau tundra (kutub). Dalam beberapa kasus, gurun dan hutan hujan juga ada di dataran.
Dataran sering menjadi daerah yang penting untuk pertanian karena di mana tanah diendapkan sebagai sedimen, tanah itu dalam dan subur, dan kerataannya memudahkan mekanisasi produksi tanaman; atau karena dataran mendukung padang rumput yang menyediakan pakan yang baik untuk ternak.
Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil dari erosi dan juga sedimentaasi (pengedapan material) yang tertimbun material-material dari lereng gunung yang berada di sekitarnya.
Aktivitas ekonomi masyarakat di dataran tinggi lebih cocok untuk perkebunan dan peternakan. Kedua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara individu atau berkelompok. Interaksi manusia dengan lingkungan di bidang ekonomi dipengaruhi oleh beragamnya mata pencaharian masyarakat Indonesia. Perbedaan ini juga disebabkan oleh sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.
PPKn (3.2, 4.2)
Menjelaskan Akibat Tidak Adanya Penerapan Tanggung Jawab di Sekolah.
Sikap tanggung jawab tidak hanya perlu dilakukan di lingkungan maassyarakat, namun juga di lingkungan sekolah. Tanggung jawab di sekolah tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga seluruh warga sekolah, misalnya guru, penjaga keamanan, dan pegawai sekolah. Setiap warga sekolah memiliki tanggung jawab masing-masing. Sebagai siswa bertanggung jawab misalnya untuk mengumpulkan tugass tepat waktu dan mengerjakan piket kelas sesuai jadwal. Tanggung jawab tidak diterapkan dengan baik, maka hal tersebut akan menimbulkan beberapa akibat, misalnya :
- Kelas menjadi kotor karena tidak ada kesadaran untuk membersihkan kelas.
- Mendapatkan teguran dari guru karena tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan
- Dijauhi atau tidak dihormati
oleh teman.
👇
Latihan
- Carilah informasi tentang kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu, lalu tuliskan 2 kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu!
2.Apa yang terjadi jika tanggung jawab dari kegiatan tersebut tidak dilaksanakan?
SELAMAT BELAJAR
10 comments:
Nama: abnan Arbi Farizi
Kelas:5A
Hadir bu
Assalamualaikum Bu
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Saya akan mengerjakan tugas nya
Assalamu'alaikum wr Wb
M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Terima kasih materinya Bu
Wassalamualaikum
Assalamu'alaikum wr Wb
Nama:Ricko abid alfarisyi
Kls:5A
Ket:hadir
Terima kasih materinya Bu
Wassalamualaikum
Waalaikum salam,tetap semangat ya nak semoga ananda bisa tambah memahami materi dan bermanfaat aamiin
Nama : Fathir Rizky Aditya
Kelas : 5 A
Trimakasih bu materinya..
Nama : Sabrina Azti Rahma Sofi
Kelas :5 A
Terima Bu guru materinya
Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
Kelas:5A
Ket:Hadir
Terimakasih bu guru untuk materinya
Nama :Daufal Naufal Kennedi
Kelas Va
Ket: hadir
Terimakasih bu guru untuk materinya
Assalamualaikum warahmatullahi
Lintang ni rabaktanabel hudariluh sidiq
VA
Hadir
Terima kasih bu guru Atas materi nya
Post a Comment