Tuesday, January 26, 2021

TEMA 7 SUB TEMA 1 PB 1 DAN 2

 Selasa,26 Januari  2021

Kelas : VA

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Sebelum melanjutkan ke materi berikutnya dan mengerjakan tugas .Ibu akan mereview soal PH 6 SUB 3.Setelah membaca materi ini silahkan ananda beri tanggapan dikolom  komentar  untuk melihat   keaktifan dan pemahaman siswa pada materi yang disajikan.

Review Soal PH dan Pembahasannya👇

PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 6 SUBTEMA 3

PPKn

1.      Tanggung jawab bersifat kodrati yang artinya…

a.       Sementarasaja

b.      Fleksibelpadatugas

c.       Bagiandarihidupmanusia

d.      Bagian yang harusdidapat

Kunci jawaban : c. Bagiandarihidupmanusia

2.      Jikakitamenyebrang di jalanraya, hakkitaadalah…

a.       Menyebran gsaat lampu jalan hijau

b.      Menyebrangmenggunakantanggapenyebrangan

c.       Memakai helm

d.      Menyebrangjalan di sembarangjalan

             Kuncijawaban: b. Menyebrang menggunakan tangga penyebrangan 

3.      Akibattidakadapenerapantanggungjawabdisekolahadalah…

a.       Siswamenjadimandiri

b.      Sekolahakanmenjadiindah

c.       Siswamenjadilebihrajin

d.      Siswatidakmengumpulkantugastepatwaktu

            Kunci jawaban : d. Siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu

4.      Berikut Hal-hal yang dapat menjaga kita agar menjadi orang bertanggung jawab kecuali…

a.       Memahami tugas dan kewajiban diri sendiri.

b.      Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.

c.       Mendahulukan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan bersama.

d.      Menghormati hak-hak orang lain.

           Kunci jawaban : c. Mendahulukan kepentingan diri sendiri di atas

           kepentingan bersama. 

5.      Dibawahiniadalahakibatpermasalahansosialdarimasyarakat yang tidakmelaksanakantanggungjawabkecuali…

a.       Taman yang asri

b.      Kemacetanlalulintas

c.       Sungai yang kotor

d.      Bangunan liar

             Kunci jawaban : a. Taman yang asri

Bahasa Indonesia

Bacalahbacaanberikutiniuntukmengisisoalnomor 6 sampainomor 8!

Benda BerjenisKonduktordan Isolator di KehidupanSehari-Hari

Benda konduktordan isolator seringkitajumpai di kehidupansehari-hari.Mulaidarikitabanguntidursampaikitatidurlagi.Banyaksekalibenda-bendatersebut yang kitagunakanataudigunakanoleh orang-orang di sekitarkita.Dari mulaiperalatandapur, peralatanmakan, peralatanmandidanperalatanbersih-bersih.Benda konduktordan isolator memangmempunyaikegunaanmasing-masingbagikehidupankita.

Ketika di rumahkitabisamenemukanbenda-bendakonduktorpadaperalatanmemasak.Sepertiwajan, panci, spatula dansebagainya.Benda-bendatersebutbiasanyaterbuatdarilogam.Sifatlogam yang bisamenghantarkanpanasdenganbaik, sangatcocokdijadikansebagaiperalatanmemasak.Sifathantaranpanas yang baikmembuatmasakanbisacepatmatang.Selainitubendakonduktorbiasanyajugaakantahandenganapi. Sehinggaakanawetdantidakmudahrusak.

Benda-benda isolator banyakjugabisakitatemukan di rumah.Sepertigayung, gayungbanyakterbuatdaribahanplastik.Jikakitamengambil air panasdengangayung, makatangankitatidakakanterasapanasketikamemeganggayungtersebut. Lalu di berbagaiperlatanmemasak pun bisakitatemukanbenda-benda isolator.Biasanyabenda-benda isolator itujustruditempelkanatauikutterpasangpadabendasepertipanci, wajan, spatula.Padapeganganpanci, peganganwajanatauujung spatula banyakdibuatataudipasangibendakonduktorsepertikaretataukayu.Hal itudimaksudkansupayasaatkitamengangkatpanciatauwajantersebuttangankitatidakterasapanas.

6.      Mengapabanyakpeganganpancidanwajanterbuatkaretataukayu...
a. Agartangantidakterasapanasketikamemegangnya

b. Agar tanganterasalembutketikamemegangnya.
c. Agar air panasbisaawetdantahansuhunya.
d. Agar apibisacepatmenyalaketikamemasak

Kunci jawaban : a. Agar tangan tidak terasa panas ketika memegangnya

7.      Berikutiniadalahhal-halpenting yang adapadaparagrafkedua, kecuali ….
a. Banyakperalatanmemasak yang merupakankonduktor
b. Benda konduktor tahandenganapi
c. Bahanlogam tidakbanyakdipakaiuntukperalatanmemasak
d. Wajandanpancitermasukbenda
logam yangterbuatdaribahankondukor

Kunci jawaban : c. Bahanlogamtidakbanyakdipakaiuntukperalatanmemasak 

8.      Kata – kata kuncidalamsebuahteksbisakitapahamidenganmencarimaknanyamelalui…

a.       Bukucetak

b.      BukuKamusBahasaInggris

c.       BukuKamusBesarBahasa Indonesia (KBBI)

d.      Bukucatatan

            Kunci jawaban : c. Buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

 

9.      Denganmembacacermatisiteksdanmembuatpertanyaanisiteksadalahcarauntuk …

a.       Menjelaskaninformasipentingdaritekseksplanasi

b.      Menyebutkan kata kuncidaritekseksplanasi

c.       Menuliskankembalitekseksplanasi

d.      Meringkaskembalitekseksplanasi

Kunci jawaban : a. Menjelaskaninformasipentingdaritekseksplanasi

10.  Dibawahiniadalahlangkah-langkahdalammenuliskankembalitekseksplanasikecuali…

a.       Saatmenuliskankembali, keruntutaninformasi yang kamuperolehbolehdiacak.

b.      Perhatikanjuduldantemadalamteks.

c.       Kembangkangagasanpokokmenjadisebuahcerita yang padumenggunakanbahasamusendiri.

d.      Tentukangagasanpokoksetiap paragraph dalamteks.

 

            Kunci jawaban : a. Saat menuliskan kembali, keruntutan informasi yang    kamu peroleh boleh diacak.

IPA 

11.  Penghantar panas yang baik disebut …..
a. Konduktor
b. Radiasi
c. Konveksi
d. Respirasi

Kunci jawaban : a. Kondukt

12.  Ketikasedangmemasaksayur, ibumenggunakanadukansayur yang terbuatdarigagangkayu. Adukandengangagangkayudipilihibukarena ….
a. Bisamenghantarkanpanasdenganbaik
b. Bisamembuatmasakanmenjaditambahenak
c. Panas air sayurakanterasa di tangan
d. Kayutidakbisamenghantarkanpanasdenganbaik

Kunci jawaban : d. Kayu tidak bisa menghantarkan panas dengan baik

13.   Benda-benda di bawahini yang termasukkonduktoradalah ….
a. Kayudankaca
b. Besidanalumunium
c. Plastikdankaret
d. Gabusdankain

Kunci jawaban : b. Besi dan alumunium 

14.  Gagangpancibanyak yang dibuatdenganbenda isolator agar tangan ….
a. Tidakterasaberat
b. Terasasemakinkuat
c. Merasakanpanas
d. Tidakterhantarpanas
 

Kunci jawaban : d. Tidak terhantar panas 

15.  Silikonadalahbenda yang bisamenghantarkanpanas, namunbendainitidaksebaikbendakonduktordalammenghantarkanpanas. Makasilikoninitermasukbenda ….
a. Isolator
b. Superkonduktor
c. Semikonduktor
d. Megakonduktor

Kunci jawaban : c. Semikonduktor

SBdP

 

16.  Gambarceritapadasampulbuku di atasmemberikesantentang ….
a. Enam orang anak yang sedangkerjabaktilingkungan
b. Enam orang anak yang sedangsemangatpiketkelas
c. Enam orang anak yang mengikutilombamenggambar
d. Enam orang anak yang belajartentangekosistem

Kunci jawaban : d. Enam orang anak yang belajar tentang ekosistem.

17.  Fungsigambarceritaantaralainadalah ….
a. Membuat orang malasmembacatulisan
b. Memperjelasaluratauisicerita
c. Menyembunyikanpesanrahasia
d. Membuat orang lain inginmenggambar

Kunci jawaban : b. Memperjelas alur atau isi cerita

18.     Media di bawahini yang sering diberi gambar cerita adalah …..
                    a. Poster
                    b. Nota
                    c. Kwitansi
                    d. Label

                Kunci jawaban : a. Poster 

19.  Gambar cerita dapat dibuat dengan teknik basah, seperti dengan menggunakan media ….
a. Cat air
b. Pensil
c. Krayon
d. Pulpen

              Kunci jawaban : a. Cat air 

 20.  Kelebihanmenggunakanteknikkeringketikamembuatgambarceritakecuali … 

        a.       Cenderunglebihmudahmembentukobjekdankesanruangdanvolume. 

        b.      Mudahmengontrol proses pendetailan. 

        c.       Lebihmudahmenghapuswarnadengancaramenumpukdenganwarnalain.

        d.      Selamamelukispandanganakanterganggudenganfaktor cat yang mengkilat, serta cat             akan lebih cepat kering.

            Kunci jawaban : d. 

Selama melukis pandangan akan terganggu dengan faktor cat yang mengkilat, serta cat akan lebih cepat kering.

IPS

21.  Permasalahansosial yang disebabkankarenawarga yang tidakmematuhilalulintasadalah …
a. Sampahmenumpuk
b. Pengangguran
b. Bangunan liar
d. Kemacetan

Kunci jawaban : d. Kemacetan

22.  Aktivitasekonomimasyarakat di datarantinggiyang lebihcocokadalah…;

a. Persawahan
b. Pembangunan gedungtinggi
c. Perkebunan
d.Menangkapikan

Kunci jawaban : c. Perkebunan

23.  Dataran yang merupakanwilayahseringdijadikantempattinggalbagisebagianmasyarakat Indonesiaadalahdataran…

a. Dataranrendah
b.
Dataranluas
c. Datarantinggi
d. Dataransempit

Kunci jawaban : a. Dataran rendah

24.  Pemerintahgiatmelakukanpelatihanusahauntukmasyarakat. Hal iniadalahsalahsatuupayamengatasimasalahsosialberupa ….
a. Giziburuk
b. Sampah
c. Kemacetan
d. Kemiskinan

Kunci jawaban : d. Kemiskinan 

25.  Berikutini yang tidaktermasukmasalahsosialberupakenakalanremajaadalah ….
a. Perkelahianantarpelajar
b. Merokokdanmabuk-mabukan
c. Menggunakanobatterlarangdannarkoba
d. Mengikutikegiatanekstrakulikuler di sekolah

Kunci jawaban : d. Mengikutikegiatanekstrakulikulerdisekolah

Materi Hari ini👇

 

1.      Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi dan membandingkan peristiwa-peristiwa penting pada masa pemerintahan kolonial Inggris dan Belanda secara tepat.

2.      Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan tentang sifat-sifatbenda padat, cair, dan gas.

3.      Dengan memahami tentang ulasan teks, siswa dapat menjelaskan isi daninformasi sebuah teks secara tepat.

4.      Dengan menyanyikan lagu berjudul “Rayuan Pulau Kelapa”, siswa dapatmenjelaskan tangga nada secara benar.

Muatan IPS (KD 3.4 dan 4.4)

Masa Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia

Penjajahan Samudra yang dilakukan pada abad ke-15 menjadi salah satu alasan mengapa bangsa Eropa mendatangi negeri-negeri timur yang melimpah kekayaan alamnya, termasuk Indonesia. Hal ini terjadi untuk mewujudkan tujuan utama dari penjelajahan samudra, yaitu:

a.       Mencapai kejayaan (glory),

b.      Memiliki kekayaan (gold),

c.       Menyebarkan agama (gospel), dan

d.      Mencari rempah-rempah.

1. Penjajahan Portugis

·         Portugis datang pada tahun 1511 di Malaka. Setelah itu, Portugis datang ke Maluku pada tahun 1512. Mulanya , Portugis datang untuk berdagang pala dan cengkih sehingga disambut baik oleh kerajaan Ternate.

·         Pada tahun 1522 Portugis membantu Kerajaan Ternate mendirikan benteng untuk menghindari serangan dari kerajaan Tidore yang dibantu oleh Spanyol.

·         Spanyol dan Portugis bersaing untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku.

·         Akibatnya, Portugis memonopoli perdagangan serta ikut campur dalam urusan kerajaan. Akhirnya, Portugis berhasil diusir oleh rakyat Maluku pada tahun 1575.

2. Penjajahan Belanda

·         Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh Cornelis de Houtman pada 27 Juni 1596 di Banten.

·         Belanda kembali datang pada tahun 1598 di Banten dengan tujuan untuk berdagang. Namun , Tujuan Belanda kemudian berubahuntuk menguasai Banten yang menjadi pusat perdaagangan rempah-rempah.

·         Belanda membentuk Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah di BAnten tahun 1602 yang dipimpin oleh Jan Pieterzoon Coen.

·         J.P.Coen menerapkan kebijakan politik untuk membatasi penanaman jumlah rempah serta pelayaran kapal guna mengawasi perdagangan rempah-rempah.

·         Sikap VOC yang semena-mena mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia. Akhirnya VOC mengalami kebangkrutan dan resmi dibubarkan pada 31 Desember 1799.

 

3. Peristiwa-Peristiwa pada MasaPemerintahan Kolonial Inggris

Setelah berhasil menguasai Indonesia, pemerintah Inggris kemudianmengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai Letnan Gubernur diIndonesia. Raffles memulai tugasnya pada tanggal 19 Oktober 1811.Kebijakan di Bidang Ilmu Pengetahuan :

1.      Mengundang ahli pengetahuan dari luar negeriuntuk mengadakan berbagai penelitian ilmiahdi Indonesia.

2.      Raffles bersama Arnoldi berhasil menemukanbunga bangkai sebagai bunga raksasa dan
terbesar di dunia. Bunga tersebut diberinyanama ilmiah Rafflesia Arnoldi.

3.      Raffles menulis buku “History of Java” dan merintis pembangunanKebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor merupakan kebun biologi yangmengoleksi berbagai jenis tanaman di Indonesia bahkan dari berbagaipenjuru dunia.

4.      Kebijakan di Bidang Ekonomi
1. Menghapus contingenten penyerahan diganti dengan sistem sewatanah (land-rente).
2. Semua tanah dianggap milik negara. Maka, petani harus membayarpajak sebagai uang sewa.

5.      Kebijakan di Bidang Pemerintahan, Pengadilan, dan SosialDalam bidang ini, Raffles menetapkan kebijakan berikut:
1. Pulau Jawa dibagi menjadi 16 keresidenan termasuk Yogyakarta danSurakarta.
2. Setiap keresidenan mempunyai badan pengadilan.
3. Melarang perdagangan budak.

Upaya Raffles menerapkan sistem pajak tanah mengalami kegagalan karena faktor-faktor berikut.:
1. Sulit menentukan besar kecilnya pajak bagi pemilik tanah karena tidak semua rakyat mempunyai tanah yang sama.
2. Sulit menentukan luas sempitnya dan tingkat kesuburan tanah petani.
3. Keterbatasan pegawai-pegawai Raffles.
4. Masyarakat desa belum mengenal sistem uang.

 

4. Peristiwa-Peristiwa pada MasaPemerintahan Kolonial Belanda

Pada tahun 1595, Belanda berangkat dari Eropa di bawah pimpinan Cornelisde Houtman dan sampai di Indonesia pada tahun 1596 dengan mendaratdi Banten.

Ø  Tujuan VOC di Indonesia antara lain sebagai berikut:
1. Menguasai pelabuhan-pelabuhan penting.
2. Menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesia.
3. Melaksanakan monopoli perdagangan rempahrempah.
Pengalihan Kekuasaan VOC kepada KerajaanBelandaMemasuki akhir abad ke-18, kejayaan VOC mulai merosot.

Ø  Faktor internal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai
berikut:
1. Banyak pegawai VOC melakukan korupsi.
2. Sulitnya melakukan pengawasan terhadap daerah penguasaan VOCyang sangat luas.

Ø  Faktor eksternal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai
berikut.
1. Meletusnya Revolusi Prancis menyebabkan Belanda jatuh ke tanganPrancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte.
2. Penentangan oleh rakyat Indonesia terhadap VOC dalam bentukpeperangan yang banyak menyedot pembiayaan dan tenaga.

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.5 dan 4.5

1.      Mencermati Informasi  Penting dalam Teks Narasi Sejarah

Teks narasi sejarah adalah teks yang berisi tentang cerita tentang cerita peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau. Peristiwa sejarah tersebut disampaikan berdasarkan fakta yang terjadi dan disampaikan dalam bentuk narasi atau urutan cerita.

Melalui teks narasi sejarah, kamu dapat mengetahui berbagai peristiwa sejarah yang pernah terjadi di Indonesia ataupun di Negara lain. Untuk mengetahui seluruh informasi peristiwa sejarah tersebut, kamu dapat mencermati dan menggali isi teks dengan berbagai cara, seperti menjawab pertanyaan pertanyaan yang disajikan.

2.      Mengelompokkan Informasi Teks Narasi Sejarah

Teks Narasi sejarah memiliki banyak informasi penting mengenai peristiwa sejarah yang pernah terjadi di masa lampau. Agar lebih mudah memahami informasi penting teks, kamu dapat mengelompokkan informasi-informasi tersebut menggunakan kata Tanya 5W1H. what(apa), where(dimana), when(kapan), who(siapa), why (mengapa) dan how(bagaimana).

Kalimat Pengandaian

Kalimat pengandaian adalah kalimat yang mengandaikan (tidak mungkin terjadi) biasanya terdiri atas kata seandainya.Contoh : Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan menolak kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.

Poster

Poster adalah plakat yang dipasang ditempat umum yang berupa pengumuman atau iklan. Berikut ciri-ciri poster yang baik.

a.       Berhasil menyampaikan informasi secara cepat.

b.      Ide da nisi menarik perhatian.

c.       Bahasa yang digunakan bersifat memengaruhi dan membentuk opini/pandangan.

d.      Menggunakan warna-warna mencolok dan menarik perhatian.

e.       Menerapkan prinsip ringkas, padat, dan informative.

Muatan IPA KD 3.7 dan 4.7

Sifat-sifat Benda Padat, Cair dan Gas

Panas dapat memengaruhi perubahan suhu benda. Jika kalor diberikan pada benda, maka suhu benda tersebut akan naik. Jika kalor keluar dari benda atau dilepas ke lingkungan, maka suhu benda akan turun. Kalor keluar dari benda atau dilepas ke lingkungan, maka suhu benda akn turun. Kalor juga memengaruhi wujud benda. Benda memiliki tiga wujud yaitu padat, cair dan gas. Perhatikan skema perubahan wujud benda karena pengaruh kalor berikut!


Kamu telah mempelajari wujud-wujud benda berupa padat, cair, dan gasbeserta sifat-sifatnya. Benda berwujud gas tidak dapat dilihat, tetapi dapatdirasakan. Contohnya adalah angin. Saat kamu di pantai, kamu dapatmerasakan embusan angin. Angin juga menerpa daun-daun kelapa sehinggatampak melambai-lambai. Kini, ayo berlatih menyanyikan lagu berjudul“Rayuan Pulau Kelapa”.

Muatan SBdP (KD 3. 2, 4. 2)

Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor

 Tangga nada diaonis memiliki rangkaian tujuh nada, dimulai dara nada hingga nada oktaf dengan jarak nada yang telah ditentukan. Tangga nada diatonic terbagi menjadi dua, yaitu nada Diatonis mayor dan tangga nada diatonics minor. Kedua tangga nada tersebut dibedakan berdasarkan jarak nada atau disebut interval.

1.      Tangga nada Diatonis Mayor memiliki Jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Dengan tangga nada mayor Do = C


2.      Tangga nada Diatonis Minor memiliki jarak  1-1/2 -1-1-1/2-1-1. Dengan nada minor Do = A


 

 

Latihan

kerjakanlah soal di buku cerdas halaman 38 untuk soal IPA dan SBdP pilihan ganda disalin di buku tulis tema, tulis jawaban yang benar saja.

SELAMAT  BELAJAR

 

 

 

 

 

 

 

 


8 comments:

  1. Assalamu'alaikum bu guru
    M Deswan Ali ifrokie VA Hadir
    Terimakasih atas materi hari ini bu

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum wr.wb bu guru
    Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
    Kelas:5a
    Ket:Hadir
    terimakasih atas materi hari ini bu

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum
    ARIEDO RIZQULLOH CAHYONO
    Terimakasih Bu...saya akan mempelajari materi hari ini

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum
    USHE MULIA ARANI
    Terimakasih bu....saya akan mempelajari
    Materi hari ini Buu:)

    ReplyDelete
  5. Nama:Ricko abid alfarisyi
    Kls:5a
    Hadir
    Trma kasih bu,saya akan mempelajari materi hari ini

    ReplyDelete
  6. Nama: abnan Arbi Farizi
    Kelas:5A
    Hadir

    ReplyDelete
  7. lintang ni Rabaktanabel hudariluh sidiq VA Hadir

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum wr.wb bu
    Nama:Ricko abid alfarisyi
    Kelas:5A
    Ket:Hadir
    terimakasih atas materi hari ini bu

    ReplyDelete

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design