Selasa,26 Januari 2021
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Sebelum melanjutkan ke materi berikutnya dan mengerjakan tugas .Ibu akan mereview soal PH 6 SUB 3.Setelah membaca materi ini silahkan ananda beri tanggapan dikolom komentar untuk melihat keaktifan dan pemahaman siswa pada materi yang disajikan.
Review Soal PH dan Pembahasannya👇
PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 6 SUBTEMA 3
PPKn
1. Tanggung jawab bersifat kodrati yang artinya…
a. Sementarasaja
b. Fleksibelpadatugas
c. Bagiandarihidupmanusia
d. Bagian yang harusdidapat
Kunci jawaban : c. Bagiandarihidupmanusia
2. Jikakitamenyebrang di jalanraya, hakkitaadalah…
a. Menyebran gsaat lampu jalan hijau
b. Menyebrangmenggunakantanggapenyebrangan
c. Memakai helm
d. Menyebrangjalan di sembarangjalan
Kuncijawaban: b. Menyebrang menggunakan tangga penyebrangan
3. Akibattidakadapenerapantanggungjawabdisekolahadalah…
a. Siswamenjadimandiri
b. Sekolahakanmenjadiindah
c. Siswamenjadilebihrajin
d. Siswatidakmengumpulkantugastepatwaktu
Kunci jawaban : d. Siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu
4. Berikut Hal-hal yang dapat menjaga kita agar menjadi orang bertanggung jawab kecuali…
a. Memahami tugas dan kewajiban diri sendiri.
b. Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.
c. Mendahulukan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan bersama.
d. Menghormati hak-hak orang lain.
Kunci jawaban : c. Mendahulukan kepentingan diri sendiri di atas
kepentingan bersama.
5. Dibawahiniadalahakibatpermasalahansosialdarimasyarakat yang tidakmelaksanakantanggungjawabkecuali…
a. Taman yang asri
b. Kemacetanlalulintas
c. Sungai yang kotor
d. Bangunan liar
Kunci jawaban : a. Taman yang asri
Bahasa Indonesia
Bacalahbacaanberikutiniuntukmengisisoalnomor 6 sampainomor 8!
Benda BerjenisKonduktordan Isolator di KehidupanSehari-Hari
Benda konduktordan isolator seringkitajumpai di kehidupansehari-hari.Mulaidarikitabanguntidursampaikitatidurlagi.Banyaksekalibenda-bendatersebut yang kitagunakanataudigunakanoleh orang-orang di sekitarkita.Dari mulaiperalatandapur, peralatanmakan, peralatanmandidanperalatanbersih-bersih.Benda konduktordan isolator memangmempunyaikegunaanmasing-masingbagikehidupankita.
Ketika di rumahkitabisamenemukanbenda-bendakonduktorpadaperalatanmemasak.Sepertiwajan, panci, spatula dansebagainya.Benda-bendatersebutbiasanyaterbuatdarilogam.Sifatlogam yang bisamenghantarkanpanasdenganbaik, sangatcocokdijadikansebagaiperalatanmemasak.Sifathantaranpanas yang baikmembuatmasakanbisacepatmatang.Selainitubendakonduktorbiasanyajugaakantahandenganapi. Sehinggaakanawetdantidakmudahrusak.
Benda-benda isolator banyakjugabisakitatemukan di rumah.Sepertigayung, gayungbanyakterbuatdaribahanplastik.Jikakitamengambil air panasdengangayung, makatangankitatidakakanterasapanasketikamemeganggayungtersebut. Lalu di berbagaiperlatanmemasak pun bisakitatemukanbenda-benda isolator.Biasanyabenda-benda isolator itujustruditempelkanatauikutterpasangpadabendasepertipanci, wajan, spatula.Padapeganganpanci, peganganwajanatauujung spatula banyakdibuatataudipasangibendakonduktorsepertikaretataukayu.Hal itudimaksudkansupayasaatkitamengangkatpanciatauwajantersebuttangankitatidakterasapanas.
6.
Mengapabanyakpeganganpancidanwajanterbuatkaretataukayu...
a. Agartangantidakterasapanasketikamemegangnya
b. Agar tanganterasalembutketikamemegangnya.
c. Agar air panasbisaawetdantahansuhunya.
d. Agar apibisacepatmenyalaketikamemasak
Kunci jawaban : a. Agar tangan tidak terasa panas ketika memegangnya
7.
Berikutiniadalahhal-halpenting
yang adapadaparagrafkedua, kecuali ….
a. Banyakperalatanmemasak yang merupakankonduktor
b. Benda konduktor tahandenganapi
c. Bahanlogam tidakbanyakdipakaiuntukperalatanmemasak
d. Wajandanpancitermasukbendalogam yangterbuatdaribahankondukor
Kunci jawaban : c. Bahanlogamtidakbanyakdipakaiuntukperalatanmemasak
8. Kata – kata kuncidalamsebuahteksbisakitapahamidenganmencarimaknanyamelalui…
a. Bukucetak
b. BukuKamusBahasaInggris
c. BukuKamusBesarBahasa Indonesia (KBBI)
d. Bukucatatan
Kunci jawaban : c. Buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
9. Denganmembacacermatisiteksdanmembuatpertanyaanisiteksadalahcarauntuk …
a. Menjelaskaninformasipentingdaritekseksplanasi
b. Menyebutkan kata kuncidaritekseksplanasi
c. Menuliskankembalitekseksplanasi
d. Meringkaskembalitekseksplanasi
Kunci jawaban : a. Menjelaskaninformasipentingdaritekseksplanasi
10. Dibawahiniadalahlangkah-langkahdalammenuliskankembalitekseksplanasikecuali…
a. Saatmenuliskankembali, keruntutaninformasi yang kamuperolehbolehdiacak.
b. Perhatikanjuduldantemadalamteks.
c. Kembangkangagasanpokokmenjadisebuahcerita yang padumenggunakanbahasamusendiri.
d. Tentukangagasanpokoksetiap paragraph dalamteks.
Kunci jawaban : a. Saat menuliskan kembali, keruntutan informasi yang kamu peroleh boleh diacak.
IPA
11.
Penghantar panas yang baik disebut …..
a. Konduktor
b. Radiasi
c. Konveksi
d. Respirasi
Kunci jawaban : a. Kondukt
12. Ketikasedangmemasaksayur,
ibumenggunakanadukansayur yang terbuatdarigagangkayu.
Adukandengangagangkayudipilihibukarena ….
a. Bisamenghantarkanpanasdenganbaik
b. Bisamembuatmasakanmenjaditambahenak
c. Panas air sayurakanterasa di tangan
d. Kayutidakbisamenghantarkanpanasdenganbaik
Kunci jawaban : d. Kayu tidak bisa menghantarkan panas dengan baik
13. Benda-benda di bawahini yang
termasukkonduktoradalah ….
a. Kayudankaca
b. Besidanalumunium
c. Plastikdankaret
d. Gabusdankain
Kunci jawaban : b. Besi dan alumunium
14. Gagangpancibanyak
yang dibuatdenganbenda isolator agar tangan ….
a. Tidakterasaberat
b. Terasasemakinkuat
c. Merasakanpanas
d. Tidakterhantarpanas
Kunci jawaban : d. Tidak terhantar panas
15.
Silikonadalahbenda yang bisamenghantarkanpanas,
namunbendainitidaksebaikbendakonduktordalammenghantarkanpanas.
Makasilikoninitermasukbenda ….
a. Isolator
b. Superkonduktor
c. Semikonduktor
d. Megakonduktor
Kunci jawaban : c. Semikonduktor
SBdP
16.
Gambarceritapadasampulbuku di
atasmemberikesantentang ….
a. Enam orang anak yang sedangkerjabaktilingkungan
b. Enam orang anak yang sedangsemangatpiketkelas
c. Enam orang anak yang mengikutilombamenggambar
d. Enam orang anak yang belajartentangekosistem
Kunci jawaban : d. Enam orang anak yang belajar tentang ekosistem.
17.
Fungsigambarceritaantaralainadalah
….
a. Membuat orang malasmembacatulisan
b. Memperjelasaluratauisicerita
c. Menyembunyikanpesanrahasia
d. Membuat orang lain inginmenggambar
Kunci jawaban : b. Memperjelas alur atau isi cerita
18. Media di bawahini yang
sering diberi gambar cerita adalah …..
a. Poster
b. Nota
c. Kwitansi
d. Label
Kunci jawaban : a. Poster
19.
Gambar cerita dapat dibuat dengan teknik basah,
seperti dengan menggunakan media ….
a. Cat air
b. Pensil
c. Krayon
d. Pulpen
Kunci jawaban : a. Cat air
20. Kelebihanmenggunakanteknikkeringketikamembuatgambarceritakecuali …
a. Cenderunglebihmudahmembentukobjekdankesanruangdanvolume.
b. Mudahmengontrol proses pendetailan.
c. Lebihmudahmenghapuswarnadengancaramenumpukdenganwarnalain.
d. Selamamelukispandanganakanterganggudenganfaktor cat yang mengkilat, serta cat akan lebih cepat kering.
Kunci jawaban : d.
Selama melukis pandangan akan terganggu dengan faktor cat yang mengkilat, serta cat akan lebih cepat kering.
IPS
21.
Permasalahansosial
yang disebabkankarenawarga yang tidakmematuhilalulintasadalah …
a. Sampahmenumpuk
b. Pengangguran
b. Bangunan liar
d. Kemacetan
Kunci jawaban : d. Kemacetan
22. Aktivitasekonomimasyarakat di datarantinggiyang lebihcocokadalah…;
a. Persawahan
b. Pembangunan gedungtinggi
c. Perkebunan
d.Menangkapikan
Kunci jawaban : c. Perkebunan
23. Dataran yang merupakanwilayahseringdijadikantempattinggalbagisebagianmasyarakat Indonesiaadalahdataran…
a. Dataranrendah
b.Dataranluas
c. Datarantinggi
d. Dataransempit
Kunci jawaban : a. Dataran rendah
24.
Pemerintahgiatmelakukanpelatihanusahauntukmasyarakat.
Hal iniadalahsalahsatuupayamengatasimasalahsosialberupa ….
a. Giziburuk
b. Sampah
c. Kemacetan
d. Kemiskinan
Kunci jawaban : d. Kemiskinan
25.
Berikutini yang
tidaktermasukmasalahsosialberupakenakalanremajaadalah ….
a. Perkelahianantarpelajar
b. Merokokdanmabuk-mabukan
c. Menggunakanobatterlarangdannarkoba
d. Mengikutikegiatanekstrakulikuler di sekolah
Kunci jawaban : d. Mengikutikegiatanekstrakulikulerdisekolah
Materi Hari ini👇
1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi dan membandingkan peristiwa-peristiwa penting pada masa pemerintahan kolonial Inggris dan Belanda secara tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan tentang sifat-sifatbenda padat, cair, dan gas.
3. Dengan memahami tentang ulasan teks, siswa dapat menjelaskan isi daninformasi sebuah teks secara tepat.
4.
Dengan menyanyikan lagu berjudul “Rayuan Pulau
Kelapa”, siswa dapatmenjelaskan tangga nada secara benar.
Muatan IPS (KD 3.4 dan 4.4)
Masa Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia
Penjajahan Samudra yang dilakukan pada abad ke-15 menjadi salah satu alasan mengapa bangsa Eropa mendatangi negeri-negeri timur yang melimpah kekayaan alamnya, termasuk Indonesia. Hal ini terjadi untuk mewujudkan tujuan utama dari penjelajahan samudra, yaitu:
a. Mencapai kejayaan (glory),
b. Memiliki kekayaan (gold),
c. Menyebarkan agama (gospel), dan
d. Mencari rempah-rempah.
1. Penjajahan Portugis
· Portugis datang pada tahun 1511 di Malaka. Setelah itu, Portugis datang ke Maluku pada tahun 1512. Mulanya , Portugis datang untuk berdagang pala dan cengkih sehingga disambut baik oleh kerajaan Ternate.
· Pada tahun 1522 Portugis membantu Kerajaan Ternate mendirikan benteng untuk menghindari serangan dari kerajaan Tidore yang dibantu oleh Spanyol.
· Spanyol dan Portugis bersaing untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku.
· Akibatnya, Portugis memonopoli perdagangan serta ikut campur dalam urusan kerajaan. Akhirnya, Portugis berhasil diusir oleh rakyat Maluku pada tahun 1575.
2. Penjajahan Belanda
· Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh Cornelis de Houtman pada 27 Juni 1596 di Banten.
· Belanda kembali datang pada tahun 1598 di Banten dengan tujuan untuk berdagang. Namun , Tujuan Belanda kemudian berubahuntuk menguasai Banten yang menjadi pusat perdaagangan rempah-rempah.
· Belanda membentuk Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah di BAnten tahun 1602 yang dipimpin oleh Jan Pieterzoon Coen.
· J.P.Coen menerapkan kebijakan politik untuk membatasi penanaman jumlah rempah serta pelayaran kapal guna mengawasi perdagangan rempah-rempah.
· Sikap VOC yang semena-mena mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia. Akhirnya VOC mengalami kebangkrutan dan resmi dibubarkan pada 31 Desember 1799.
3. Peristiwa-Peristiwa pada MasaPemerintahan Kolonial Inggris
Setelah berhasil menguasai Indonesia, pemerintah Inggris kemudianmengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai Letnan Gubernur diIndonesia. Raffles memulai tugasnya pada tanggal 19 Oktober 1811.Kebijakan di Bidang Ilmu Pengetahuan :
1. Mengundang ahli pengetahuan dari luar negeriuntuk mengadakan berbagai penelitian ilmiahdi Indonesia.
2. Raffles
bersama Arnoldi berhasil menemukanbunga bangkai sebagai bunga raksasa dan
terbesar di dunia. Bunga tersebut diberinyanama ilmiah Rafflesia Arnoldi.
3. Raffles menulis buku “History of Java” dan merintis pembangunanKebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor merupakan kebun biologi yangmengoleksi berbagai jenis tanaman di Indonesia bahkan dari berbagaipenjuru dunia.
4. Kebijakan di Bidang Ekonomi
1.
Menghapus contingenten penyerahan diganti dengan sistem sewatanah (land-rente).
2. Semua tanah dianggap milik negara. Maka, petani harus membayarpajak sebagai
uang sewa.
5. Kebijakan di Bidang Pemerintahan, Pengadilan, dan
SosialDalam
bidang ini, Raffles menetapkan kebijakan berikut:
1. Pulau Jawa dibagi menjadi 16 keresidenan termasuk Yogyakarta danSurakarta.
2. Setiap keresidenan mempunyai badan pengadilan.
3. Melarang perdagangan budak.
Upaya Raffles menerapkan sistem pajak tanah
mengalami kegagalan karena faktor-faktor berikut.:
1.
Sulit menentukan besar kecilnya pajak bagi pemilik tanah karena tidak semua
rakyat mempunyai tanah yang sama.
2. Sulit menentukan luas sempitnya dan tingkat kesuburan tanah petani.
3. Keterbatasan pegawai-pegawai Raffles.
4. Masyarakat desa belum mengenal sistem uang.
4. Peristiwa-Peristiwa pada MasaPemerintahan Kolonial Belanda
Pada
tahun 1595, Belanda berangkat dari Eropa di bawah pimpinan Cornelisde Houtman
dan sampai di Indonesia pada tahun 1596 dengan mendaratdi Banten.
Ø Tujuan VOC di Indonesia antara lain sebagai berikut:
1.
Menguasai pelabuhan-pelabuhan penting.
2. Menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesia.
3. Melaksanakan monopoli perdagangan rempahrempah.
Pengalihan Kekuasaan VOC kepada KerajaanBelandaMemasuki
akhir abad ke-18, kejayaan VOC mulai merosot.
Ø Faktor
internal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai
berikut:
1. Banyak pegawai VOC melakukan korupsi.
2. Sulitnya melakukan pengawasan terhadap daerah penguasaan VOCyang sangat
luas.
Ø Faktor
eksternal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai
berikut.
1. Meletusnya Revolusi Prancis menyebabkan Belanda jatuh ke tanganPrancis di
bawah pimpinan Napoleon Bonaparte.
2. Penentangan oleh rakyat Indonesia terhadap VOC dalam bentukpeperangan yang
banyak menyedot pembiayaan dan tenaga.
Muatan Bahasa Indonesia KD 3.5 dan 4.5
1. Mencermati Informasi Penting dalam Teks Narasi Sejarah
Teks narasi sejarah adalah teks yang berisi tentang cerita tentang cerita peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau. Peristiwa sejarah tersebut disampaikan berdasarkan fakta yang terjadi dan disampaikan dalam bentuk narasi atau urutan cerita.
Melalui teks narasi sejarah, kamu dapat mengetahui berbagai peristiwa sejarah yang pernah terjadi di Indonesia ataupun di Negara lain. Untuk mengetahui seluruh informasi peristiwa sejarah tersebut, kamu dapat mencermati dan menggali isi teks dengan berbagai cara, seperti menjawab pertanyaan pertanyaan yang disajikan.
2. Mengelompokkan Informasi Teks Narasi Sejarah
Teks Narasi sejarah memiliki banyak informasi penting mengenai peristiwa sejarah yang pernah terjadi di masa lampau. Agar lebih mudah memahami informasi penting teks, kamu dapat mengelompokkan informasi-informasi tersebut menggunakan kata Tanya 5W1H. what(apa), where(dimana), when(kapan), who(siapa), why (mengapa) dan how(bagaimana).
Kalimat Pengandaian
Kalimat pengandaian adalah kalimat yang mengandaikan (tidak mungkin terjadi) biasanya terdiri atas kata seandainya.Contoh : Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan menolak kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Poster
Poster adalah plakat yang dipasang ditempat umum yang berupa pengumuman atau iklan. Berikut ciri-ciri poster yang baik.
a. Berhasil menyampaikan informasi secara cepat.
b. Ide da nisi menarik perhatian.
c. Bahasa yang digunakan bersifat memengaruhi dan membentuk opini/pandangan.
d. Menggunakan warna-warna mencolok dan menarik perhatian.
e. Menerapkan prinsip ringkas, padat, dan informative.
Muatan IPA KD 3.7 dan 4.7
Sifat-sifat Benda Padat, Cair dan Gas
Panas dapat memengaruhi perubahan suhu benda. Jika kalor diberikan pada benda, maka suhu benda tersebut akan naik. Jika kalor keluar dari benda atau dilepas ke lingkungan, maka suhu benda akan turun. Kalor keluar dari benda atau dilepas ke lingkungan, maka suhu benda akn turun. Kalor juga memengaruhi wujud benda. Benda memiliki tiga wujud yaitu padat, cair dan gas. Perhatikan skema perubahan wujud benda karena pengaruh kalor berikut!
Kamu telah mempelajari wujud-wujud benda
berupa padat, cair, dan gasbeserta sifat-sifatnya. Benda berwujud gas tidak
dapat dilihat, tetapi dapatdirasakan. Contohnya adalah angin. Saat kamu di
pantai, kamu dapatmerasakan embusan angin. Angin juga menerpa daun-daun kelapa
sehinggatampak melambai-lambai. Kini, ayo berlatih menyanyikan lagu
berjudul“Rayuan Pulau Kelapa”.
Muatan SBdP (KD 3. 2, 4. 2)
Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor
Tangga nada diaonis memiliki rangkaian tujuh nada, dimulai dara nada hingga nada oktaf dengan jarak nada yang telah ditentukan. Tangga nada diatonic terbagi menjadi dua, yaitu nada Diatonis mayor dan tangga nada diatonics minor. Kedua tangga nada tersebut dibedakan berdasarkan jarak nada atau disebut interval.
1. Tangga nada Diatonis Mayor memiliki Jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Dengan tangga nada mayor Do = C
2. Tangga nada Diatonis Minor memiliki jarak 1-1/2 -1-1-1/2-1-1. Dengan nada minor Do = A
Latihan
kerjakanlah soal di buku cerdas halaman 38 untuk soal IPA dan SBdP pilihan ganda disalin di buku tulis tema, tulis jawaban yang benar saja.
SELAMAT BELAJAR
8 comments:
Assalamu'alaikum bu guru
M Deswan Ali ifrokie VA Hadir
Terimakasih atas materi hari ini bu
assalamualaikum wr.wb bu guru
Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
Kelas:5a
Ket:Hadir
terimakasih atas materi hari ini bu
Assalamualaikum
ARIEDO RIZQULLOH CAHYONO
Terimakasih Bu...saya akan mempelajari materi hari ini
Assalamualaikum
USHE MULIA ARANI
Terimakasih bu....saya akan mempelajari
Materi hari ini Buu:)
Nama:Ricko abid alfarisyi
Kls:5a
Hadir
Trma kasih bu,saya akan mempelajari materi hari ini
Nama: abnan Arbi Farizi
Kelas:5A
Hadir
lintang ni Rabaktanabel hudariluh sidiq VA Hadir
assalamualaikum wr.wb bu
Nama:Ricko abid alfarisyi
Kelas:5A
Ket:Hadir
terimakasih atas materi hari ini bu
Post a Comment