Tuesday, November 28, 2023

KISI-KISI PAS TEMA 3 DAN TEMA 4

 Selasa,28 November 2023

Kelas : VC

 

bismillah - GIF animasi gratis - PicMix

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ             

  Anak sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Berikut KISI -KISI PAS TEMA 3 DAN CONTOH SOAL TEMA 4 ,selesai membaca dan menyimak ,silahkan  ananda beri  tanggapan dan komentar.Terima kasih

Pendidikan Kewarganegaraan

3.3. Menelaah keragaman sosial budaya masyarakat Keberagaman sosial dan budaya      

             Disajikan gambar, Peserta didik mampu menyebutkan keragaman budaya yang ada di Indonesia dengan benar

             Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menyebutkan sikap yang harus dilakukan dalam keragaman budaya dengan benar

             disajikan teks cerita, peserta didik mengidentifikasi sikap yang tidak sesuai dalam keragaman sosial di masyarakat dengan tepat

             Disajikan teks, peserta didik mampu menunjukkan contoh keragaman agama masyarakat Indonesia

             Disajikan gambar, Peserta didik mampu menunjukkan manfaat kerjasama dengan benar

             Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menunjukkan sikap yang sesuai terhadap keberagaman sosial dan budaya dengan benar

             Disajikan teks cerita, peserta didik mampu menemukan manfaat keragaman budaya di Indonesia

             Disajikan teks, peserta didik mampu menunjukkan contoh keragaman agama masyarakat Indonesia

                                     Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan manfaat keberagaman

             Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan seni dan budaya yang ada di Indonesia

Bahasa Indonesia

3.4. Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik       Iklan media cetak               

             Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan pengertian dari iklan

             Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menunjukkan cara membuat kalimat iklan

                                     Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menunjukkan fungsi iklan

             Disajikan cerita, peserta didik mampu menentukan kalimat ajakan dengan benar

             Disajikan gambar iklan, peserta didik mampu menemukan tujuan yang termuat dalam iklan dengan benar

             Disajikan gambar, peserta didik mampu menemukan isi iklan yang kurang tepat

             Disajikan gambar , peserta didik mampu menemukan informasi dalam iklan dengan tepat

                                     Gambar peserta didik mampu menemukan informasi dalam iklan

                                     Disajikan gambar peserta didik mampu menemukan tujuan iklan

             Disajikan soal, peserta didik mampu membuat contoh kalimat iklan layanan masyarakat

Ilmu Pengetahuan Alam

3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia      Pencernaan hewan dan manusia              

             Disajikan tabel, peserta didik mampu menyebutkan contoh hewan ruminansia dengan benar

             Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan nama organ pencernaan pada sapi dengan tepat

             Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan fungsi organ pencernaan manusia dengan benar

             Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan penyebab gangguan pencernaan dengan benar

             Disajikan cerita, peserta didik mampu menganalisis gangguan pencernaan dengan tepat

             Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengurutkan proses pencernaan manusia dengan benar

             Disajikan tabel, peserta didik mampu menghubungkan organ pencernaan manusia dengan fungsinya

                                     Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan organ pencernaan

             Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan organ pencernaan manusia sesuai dengan fungsinya

             Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan contoh gangguan sistem pencernaan pada manusia

Ilmu Pengetahuan Sosial

3.2. Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.Interaksi manusia dengan lingkungannya               

             Disajikan gambar, peserta didik mampu memilih contoh interaksi sosial dengan benar

             Disajikan cerita, peserta didik mampu menyebutkan pengaruh interaksi terhadap ekonomi masyarakat

             Disajikan cerita, peserta didik mampu menjelaskan bentuk-bentuk interaksi dengan lingkungan sekitar

             Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menunjukkan interaksi manusia dengan alam yang berdampak negative

             Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan manfaat dari interaksi sosial

                                     Disajikan gambar, peserta didik mampu menemukan perilaku interaksi sosial

             Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menunjukkan interaksi sosial di bidang ekonomi

                                     Disajikan cerita, peserta didik mampu menyebutkan bentuk interaksi sosial

             Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan bentuk interaksi sosial dengan benar

             Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan contoh interaksi sosial di lingkungan rumah

Seni Budaya dan Prakarya

3.2. Memahami tangga nada Tangga nada            

           Disajikan soal, peserta didik mampu menunjukkan ciri-ciri tangga nada mayor

                                   Disajikan cerita, peserta didik mampu menentukan jenis tangga nada

           Disajikan gambar alat musik, peserta didik mampu menyebutkan nama dan asal daerah

            Disajikan pernyataan, peserta didik memilih lagu yang menggunakan tangga nada minor

3.3. Memahami pola lantai dalam tari kreasi Tari Kreasi 

                                  Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan asal tari tradisional

                                 Disajikan cerita, peserta mampu menunjukkan nama tarian tradisional

          Disajikan gambar peserta didik mampu menyebutkan properti yang digunakan dalam tari kancet papatai

3.4. Memahami karya seni rupa daerah  Seni rupa batik

                                   Disajikan gambar, peserta didik mampu menyebutkan nama batik Indonesia

           Disajikan soal, peserta didik mampu menyebutkan nama alat yang digunakan untuk membatik

           Disajikan soal, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan tangga nada mayor dan minor

CONTOH SOAL TEMA 4

1.    Perhatikan gambar dibawah ini!

1.     

2.     

3.     

4.     

Yang bukan termasuk contoh kewajiban dilingkungan masyarakat yaitu …

a.         1                                              c. 3

b.         2                                              d. 4

2.    Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab disebut ….

a.         Hak                                          c. Kewajiban

b.         Tanggung jawab                      d. Kebutuhan

3.    Dibawah ini yang termasuk hak dilingkungan masyarakat yaitu …..

a.         Tidak diikutsertakan dalam pemilhan ketua RT

b.         Memiliki hak untuk lingkungan yang bersih

c.          Tidak mendapatkan hak untuk berpendapat

d.         Tidak mendapatkan pelayanan kesehatan

4.    Salah satu contoh bentuk tanggung jawab dilingkungan keluarga yaitu, kecuali ….

a.         Membersihakn kamar tidur sendiri

b.         Membersihkan halaman rumah

c.          Mencuci baju sendiri

d.         Meninggal adik bermain sendirian

5.     Berikut ini contoh bentuk tanggung jawab warga masyarakat ketika ada pemilihan ketua RW adalah…

a.         Masyarakat memiliki tanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilihan RW atau pemilu secara langsung

b.         Pemilihan RW menggunakan sistem tunjuk melalui kelurahan

c.         Tidak difasilitasi untuk pemilihan langsung

d.         Mengacuhkkan hak pilih warga sekitar

 

 

6.       Jenis puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas empat baris serta memiliki sampiran dan isi disebut …

a.         Puisi                                         c. Syair

b.         Pantun                                     d. Seloka

7.       Berikut ini merupakan salah satu ciri-ciri pantun yaitu, kecuali ….

a.         pantun bersajak a-b-a-b,

b.         Jumlah baris bebas

c.          satu bait terdiri atas empat baris,

d.         tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

8.       Dibawah ini, yang termasuk pantun kanak-kanak yaitu ….

a.      Terbang rendah burung kutilang

Hinggap di dahan sambil menoleh

Hatiku senang tidak kepalang

Ayah pulang membawa oleh-oleh

c.       Hujan turun rintik-rintik

Ada gubug di tepi sawah

Wahai dinda berwajah cantik

Bolehkah kanda main ke rumah

b.      Enak benar tinggal di Batujajar,

Segar udaranya, indah, dan permai,

Anak sekolah rajinlah belajar,

Agar cita-citanya kelak tercapai.

d.      Merah muda baju si bibi

Di tangannya ada bayam seikat

Masalah warga datang bertubi

Berkumpullah untuk mufakat

 

9.       Dibawah ini yang termasuk pantun nasihat yaitu ….

a.      Terbang rendah burung kutilang

Hinggap di dahan sambil menoleh

Hatiku senang tidak kepalang

Ayah pulang membawa oleh-oleh

c.       Hujan turun rintik-rintik

Ada gubug di tepi sawah

Wahai dinda berwajah cantik

Bolehkah kanda main ke rumah

b.      Enak benar tinggal di Batujajar,

Segar udaranya, indah, dan permai,

Anak sekolah rajinlah belajar,

Agar cita-citanya kelak tercapai.

d.      Merah muda baju si bibi

Di tangannya ada bayam seikat

Masalah warga datang bertubi

Berkumpullah untuk mufakat

 

Bacalah pantun dibawah ini!

Merah muda baju si bibi

Di tangannya ada bayam seikat

Masalah warga datang bertubi

Berkumpullah untuk mufakat

10.  Makna pantun diatas adalah ….

a.      Hendaknya berkumpul bersama untuk mencapai mupakat

b.      Hendaknya baju bibi dikembalikan

c.       Masalah warga bertubi-tubi

d.      TIdak ada pemecahan masalah

11.     Budi mengikuti kerja bakti dalam rangka pembersihan selokan kampung. Tindakan budi tersebut merupakan interaksi ….

a.      Manusia dengan lingkungan                           c. individu

b.      Kelompok                                                        d. Ramai-ramai

12.   Salah satu contoh interakasi antar individu yaitu ….

a.      Ibu menasihati Mila agar tidak langsung bermain ketika pulang sekolah

b.      Beni dan teman-teman bermain layangan dilapangan

c.       SDN 005 Kota Bangun melakukan upacara bendera hari senin

d.      Warga kampung Ngijo melakukan pementasan wayang semalam suntuk

13.  Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan sosial budaya yaitu …

a.      Melakukan pementasan tari gambyong untuk melestarikannya

b.      Kampung Naga sangat tertutup dari warga luar

c.       Pak RT tidak membolehkan masyarakat yang berasal dari suku yang berbeda

d.      Warga merasa tidak perlu ada interaksi sosial

14.  Beni, Udin, dan Edo melakukan kegiatan belajar kelompok untuk meneyelesaikan tugas prakarya dari sekolah. Contoh interaksi yang terjadi yaitu ….

a.      Interaksi individu dan kelompok

b.      Interaksi individu

c.       Interaksi kelompok saja

d.      Interakasi ramai-ramai

15.  Dibawah ini merupakan contoh interaksi antar kelompok adalah ….

a.      perlombaan sepak bola, tawuran antar kelompok

b.      Mila dinasihati ibunya

c.       Budi mengikuti kegiatan pemuda dikampung

d.      Rani hanya berdiam diri dikampung

16.  Darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis disebut …

a.      Peredaran darah                     c. peredaran darah besar

b.      Peredaran darah kecil             d. Pertumbuhan sel

17.  Organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah …

a.      Paru-paru                                c. Jantung

b.      Hati                                         d. Lambung

18.  Dibawah ini, salah satu contoh hewan yang menggunakan system peredaran darah terbuka adalah …

a.      Ayam                           c. ular

b.      Cacing                         d. Katak

19.  Upaya menjaga orga peredaran darah manusia adalah, kecuali…

a.      Berolahraga secara teratur

b.      Bergadang

c.       Atur pola makan

d.      Hindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif

20.  Penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia yaitu, kecuali …

a.      Rokok                          c. Makanan berlemak tinggi

b.      Sayur dan buah           d. obesitas

 


A.   Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban tepat!

21.     Sebutkan bentuk tanggung jawab sebagai warga masyarakat ketika ada pembangunan jalan kampung!

22.     Sebutkan tanggung jawab sebagai seorang siswa!

23.     Berikan contoh tanggung jawab terhadap orang tua dalam kehidupan sehari –hari!

24.     Tuliskan satu contoh pantun dengan tema kegembiraan!

25.     Sebutkan ciri – ciri pantun!

26.     Sebutkan bentuk interaksi antar kelompok!

27.     Sebutkan dampak positif interaksi manusia dengan lingkungan!

28.     Berikan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

29.     Jelaskan cara kerja organ paru-paru peredaran darah manusia!

30.     Sebutkan beberapa contoh gangguan pada organ peredaran darah manusia non keturunan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN

A.   Pilihan Ganda

1.      C

2.      C

3.      B

4.      D

5.      A

6.      B

7.      B

8.      A

9.      D

10.  A

11.  A

12.  A

13.  A

14.  A

15.  A

16.  B

17.  C

18.  B

19.  B

20.  B

 

B.    Uraian

21.     Bentuk tanggung jawab sebagai warga masyarakat :

·      Ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat

·      Ikut menjaga keberlangsungan kegiatan pembangunan agar berjalan dengan baik

·      Mehindari hal-hal yang dapat menghambat pembangunan

22.     Tanggung jawab seorang siswa:

·      Belajar dengan rajin

·      Mematuhi peraturan sekolah

·      Menghormati guru

·      Menjaga nama baik sekolah

23.  Tanggung jawab terhadap orang tua

·         Membantu meringankan pekerjaan rumah

·         Mendengarkan nasihat orang tua

·         Tidak membantah jika disuruh orang tua

·         Selalu mendoakan orang tua

24.  Jalan-jalan membeli selasih

Dibuat es aduh segarnya

Ketua RW telah terpilih

Semoga hidup damai sentosa

 

25.  Ciri-ciri pantun :

·         Pantun bersajak a–b–a–b.

·         Satu bait terdiri atas empat baris.

·         Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

·         Dua baris pertama adalah sampiran dan dua baris berikutnya adalah isi pantun

26.  Contoh interaksi antar kelompok :

·         Kompetisi sepak bola

·         Relawan dan warga bekerja sama membantu korban bencana alam

·         Guru dan siswa melakukan bakti sosial ke panti asuhan

27.  Dampak positif interaksi manusia dengan alam :

·         Manusia dapat mengelola lingkungan dengan baik

·         Meningkatkan taraf hidup masyarakat

·         Meningkatkan penghasilan masyarakat

·         Menemukan barang temuan untuk mempermudah aktifitas penduduk

28.  Berikut contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya.

·         Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

·         Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

·         Turut serta dalam organisasi masyarakat

29.  Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil dan diganti dengan oksigen melalui proses pernapasan.

30.  Beberapa contoh gangguan pada organ peredaran darah manusia nonketurunan diantaranya : anemia, tekanan darah rendah (Hipotensi), tekanan darah tinggi (Hipertensi), kanker darah (Leukimia), jantung koroner.

 

 

 

SELAMAT BELAJAR


0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design