Wednesday, November 15, 2023

TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 3 DAN 4

 Rabu,15 November 2023

Kelas : VC

Detail Animasi Bismillah Bergerak Nomer 3

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ                                       Anak sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari Jum.at yang Selasa yang ceria  ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Berikut materi Tema 5 Sub Tema 2 PB 3 dan 4  membaca silahkan  ananda beri  tanggapan dan komentar.Terima kasih

 



Tema 5                 : Ekosistem

Subtema 2            Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran       : 3 dan 4

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia, IPS dan PPKn

 

Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan menggunakan artikel tentang subak di Bali, siswa dapat menghubungkan kondisi daerah dengan kegiatan ekonomi di daerahnya yang memiliki ketampakan alam yang berbeda dalam bentuk tulisan nonfiksi secara saksama.
  2. Dengan mengumpulkan fakta dan informasi, siswa mampu membuat sebuah teks nonfiksi tentang aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat setempat berkaitan dengan daerah tempat tinggalnya secara baik dan benar.
  3. Dengan membaca dengan saksama bacaan tentang kerukunan, siswa mampu mendiskusikan keterkaitan antara hidup rukun dengan persatuan dan kesatuan secara tepat.

Sistem Irigasi Subak

 



Subak merupakan sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah kawasan persawahan. Kawasan persawahan itu biasanya dibatasi oleh kenampakan alam seperti sungai, jurang, atau kenampakan lain yang jelas terlihat. Satu kelompok subak biasanya memiliki satu sumber air yang mengalir ke sebuah sungai yang melewati atau berada dekat dengan persawahannya.

 

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan kegiatan berikut.
1. Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel seperti contoh di bawah ini.


2. Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut. Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting tersebut, buatlah sebuah ringkasan.Tuliskan ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar. Buatlah seperti contoh berikut.

 


3. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu.Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.
a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?
c. Apa sajakah peran pekaseh?
d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?
e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?
f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem irigasi subak di Bali.

Jawab:

a. Tujuan adalah untuk mengatasi persoalan air irigasi.
b. Manfaat subak : 

·      Petani mendapatkan air yang cukup untuk sawahnya, 

·       Melatih petani setiap bertanggung jawab terhadap penggunaan air, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang akan dialirkan, dan waktu pengairan.

c. Peran pekaseh: bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.
 

c. Peran pekaseh: bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.
 

d.  Semua keputusan dalam subak dibahas secara musyawarah dan perencanaan yang baik.
 

e.  Subak berhasil meraih perhatian dunia karena tidak hanya memperhatikan sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.
 

f. Nilai persatuan dan kesatuan dalam sistem subak antara lain : 

·                     Pembagian air dilakukan dengan musyawarah; 

·                     Pembagian air dilakukan dengan adil dan tidak ada yang diuntung atau dirugikan; 

·                     Pelaksanaan pembagian air mereka bekerja-sama satu dengan yang lain, dan 

·                     Saling pinjam meminjam air irigasi antara satu dengan yang lain, antara subak satu dengan subak yang lain.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia



Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB  bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Pada saat yang sama, dikibarkan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.

 

 

Berdasarkan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?



2. Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?


SELAMAT BELAJAR

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design