Tuesday, November 14, 2023

TEMA 5 SUB TEMA 2 PB 1 DAN 2

 Selasa,14 November 2023

Kelas : VC

 

Detail Animasi Bismillah Bergerak Nomer 3

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ                                       Anak sholeh sholeha VC bagaimana kabarnya di hari  Selasa yang ceria  ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Berikut materi Tema 5 Sub Tema 2 PB 1 dan 2  membaca silahkan  ananda beri  tanggapan dan komentar.Terima kasih

 


Tema 5                  : Ekosistem

Subtema 2             Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran         :  1 dan 2

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP

 

 

Tujuan Pembelajaran :

 

1.  Setelah mencermati teks nonfiksi yang dibagikan pada blogger, peserta didik dapat menemukan ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.

2.    Melalui  gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat menjelaskan rantai makanan yang terdapat dalam suatu ekosistem secara baik dan benar.

Bahasa Indonesia

Mengembangkan Ide Pokok

Menjadi Kalimat  Utama

 

Setiap teks mempunyai gagasan dasar dalam pembuatannya. Gagasan dasar yang terkandung dalam teks disebut juga ide pokok.  Ide pokok biasanya terdapat pada setiap paragraf dalam teks yang disajikan. Ide pokok berisi gagasan dasar mengenai suatu hal atau kejadian  yang  ingin  disampaikan  pembuat  teks.ide pokok tersebut dijadikan dasar dalam pembuatan teks, termasuk pada teks non fiksi.

Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:

1.      Membaca teks non fiksi dengan saksama.

2.     Menentukan ide pokok dari teks non fiksi.

3.     Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri.

4.     Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama.

Ayo kita baca!








Setelah kalian membaca teks non fiksi di atas, sekarang kita dapat mengetahui kalimat utama dalam teks tersebut yaitu pada kalimat pertama:

Meskipun sering dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia”

Dari kalimat itu baru ide pokok dapat ditentukan yaitu:

“Belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.”

 

untuk mengembangkan ide pokok menjadi kalimat utama, kalian bisa membuat sebuah kalimat baru yang berisi ide pokok. Pastikan kalimatmu berbeda dengan kalimat ada teks non fiksi yang asli. Misalnya:

Belalang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.”

 


Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar mahluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap mahluk hidup dalam rantai makanan mempunyai peran masing-masing.

Secara umum terdapat tiga peran mahluk hidup dalam rantai

makanan, yaitu sebagai berikut:

1.       Produsen

·        Produsen adalah mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Contohnya: rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau.

·        Produsen mampu mengubah energi dari energi cahaya matahari menjadi energi kimia.

2.       Konsumen

·        Konsumen adalah mahluk hidup yang tidak dapat membuat makannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari mahluk hidup lain. Contoh konsumen adalah hewan.

·        Di dalam rantai makanan, konsumen dapat dikelompokan menjadi:

        a.   Konsumen tingkat I, yaitu kelompok hewan yang memakan tumbuhan                                                                  (produsen). Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivora.

Contoh: rusa, kelinci, belalang.

         b.   Konsumen tingkat II, yaitu kelompok hewan yang memakan hewan lain                                                     (konsumen I). Konsumen II merupakan kelompok hewan karnivora atau                                 omnivor. Contoh: katak, ular, tikus, dan ayam


        c.      Konsumen puncak, yaitu kelompok hewan karnivor yang tidak ada pemamgsanya.

Contohnya : singa , elang, harimau

3.    Pengurai

Pengurai adalah mahluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh mahluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen.

Contoh pengurai : cacing tanah, jamur, dan bakteri

Untuk lebih memahami rantai makanan, perhatikan gambar rantai makanan di bawah ini:

 


Gambar di atas menunjukan rantai makanan pada ekosistem sawah. Rantai makanan tersebut dimulai dari padi. Tanaman padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular di makan elang, dan elang mati tubuh elang akan diuraikan oleh pengurai seperti jamur untuk dijadikan nutrisi bagi tumbuhan.

 

BAHAN AJAR SBDP

Tari Tradisional Caping Nganca





 

Tari Tradisional Caping Ngancak yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur menceritakan tentang kehidupan petani. Tari ini menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi. Seperti  petani  sebenarnya,  para  penari  juga mengenakan caping. Caping merupakan penutup kepala yang biasa dikenakan petani saat bekerja di sawah. Caping berbentuk kerucut terbuat dari anyaman bambu.


TARI ALANG BABEGA




Tari Alang Babega dari Minangkabau, Sumatera Barat, merupakan sebuah tarian khas daerah yang menggambarkan burung elang yang melayanglayang di udara. Burung

Elang ini mengepakkan sayapnya, mencari mangsa, kemudian menukik dan menyambar mangsa tersebut.

 

Setiap tarian daerah memerlukan perlengkapan (properti) yang dikenakan penari pada saat menarikannya. Properti tari bisa jadi berbeda antara satu tarian dengan tarian yang lain. Properti yang digunakan menjadi ciri khas tersendiri tarian tersebut. Bahkan, beberapa properti tari dijadikan sebagai nama bagi tarian tersebut. Misal payung yang digunakan dalam Tari Payung atau caping yang digunakan dalam Tari Caping Nganca

 

TUGAS


 

1.Tari yang menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi disebut …

2. Mengapa dalam sebuah teks bacaan pembaca harus mengetahui pokok pikiran?

3. Apa yang dimaksud dengan kalimat utama?

4. Jelaskan mengenai rantai makanan berdasarkan gambar berikut!



  

5. Apa fungsi pengurai bagi tanah? 

 

SELAMAT BELAJAR

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Pembahasan Soal Tema 9 Sub Tema 1

 Jum'at,10 Mei 2024 Kelas : VC Ananda yang soleh dan soleha,kemarin kita sudah  belajar Tema 9 Sub 1 PB 5 dan6 Hari ini kegiatannya mem...

follower

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

Pages - Menu

 

Rio Katmasanti Template by Ipietoon Cute Blog Design