Sunday, August 11, 2024

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,12 Aguastus 2024

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Senin yang barokah  ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan  pada hari ini .Hari kita akan belajar Materi MTK dan Bahasa Indonesia Seperti biasa,kita akan melaksanakan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

 Tujuan Pembelajaran :Peserta dapat menyelesaikam,masalah yang terkait operasi  hitung                                          bilangan cacah

 

Untuk melakukan pengerjaan operasi hitung campuran bilangan cacah, perlu dilakukan langkah-langkah  sebagai berikut:
  1. Kerjakan lebih dahulu operasi yang berada di dalam kurung;
  2. Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan;
  3. Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu dikerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan.
  • Agar mudah mengingat langkah-langkah operasi hitung bilangan cacah, ingatlah KUKABATAKU (Kurung Kali Bagi Tambah Kurang)..
Contoh soal : Persiapan PH MTK 2

1.  (14 x 2) - (10 : 2) + 8 =
 Dari soal di atas, maka operasi hitung yang dilakukan lebih dulu adalah yang ada di dalam kurung, yaitu:

= 28 - 5 + 8

= 31

Maka hasil dari (14 x 2) - (10 : 2) + 8 adalah 31 

2. (10+8):6 x (20-5) =

a. 25

b. 35

c. 40

d. 45

Jawab: =(10+8):6 x (20-5) =(18):6 x (15) =3 x 15 = 45

.Jawaban :d

500 x (-19)-7.000:25+400 = .... A. -9.380 B. -260 C. 260 D. 9.380 Jawab: =500 x (-19)-7.000:25+400 =-9.500 - 280 + 400 = -9.380. Jawaban (A)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Contoh Soal Operasi Hitung Campuran beserta Jawabannya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2024/05/12/001523269/5-contoh-soal-operasi-hitung-campuran-beserta-jawabannya?page=all.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
500 x (-19)-7.000:25+400 = .... A. -9.380 B. -260 C. 260 D. 9.380 Jawab: =500 x (-19)-7.000:25+400 =-9.500 - 280 + 400 = -9.380. Jawaban (A)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Contoh Soal Operasi Hitung Campuran beserta Jawabannya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2024/05/12/001523269/5-contoh-soal-operasi-hitung-campuran-beserta-jawabannya?page=all.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
500 x (-19)-7.000:25+400 = .... A. -9.380 B. -260 C. 260 D. 9.380 Jawab: =500 x (-19)-7.000:25+400 =-9.500 - 280 + 400 = -9.380. Jawaban (A)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Contoh Soal Operasi Hitung Campuran beserta Jawabannya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2024/05/12/001523269/5-contoh-soal-operasi-hitung-campuran-beserta-jawabannya?page=all.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

3.500 x (-19)-7.000:25+400 = ....

 a. -9.380

 b. -260

 c. 260

 d. 9.380

Jawab: =500 x (-19)-7.000:25+400 =-9.500 - 280 + 400 = -9.380. Jawaban (a)

4.3.000+1.500 : (-15)-100 x (-8) = ....

 a... 500

b. 1.200

 c. 3.200

d. 3.700

Jawab: =3.000+1.500 : (-15)-100 x (-8) =3.000-100+800 =3.700. Jawaban (d)

5.135 x 102 + 176 – 372 : 31 = ….

    a. 13.934

    b. 13.394

    c. 13.384

    d. 13.834

   Jawab :

     135 x 102 + 176 – 372 : 31

      = 13.770 + 176 – 372 : 31

    = 13.770 + 176 – 12

    = 13.946 – 12

    = 13.934

   6. 184 x 115 – 237 + 451 : 41 = ….

    a. 20.924

    b. 20.934

    c. 20.824

    d. 20.834  

    184 x 115 – 237 + 451 : 41 

    = 21.160 – 237 + 451 : 41

    = 21.160 – 237 + 11

    = 20.923 + 11

    = 20.934

  7. 498 – 123 x 4 + 442 : 34 = ….

    a. 21

    b. 20

    c. 19

    d. 18  

     498 – 123 x 4 + 442 : 34 = 498 – 492 + 442 : 34

    = 498 – 492 + 13

    = 6 + 13

    = 19

 8. 429 + 464 : 29 – 134 x 3 = ….

    a. 53

    b. 48

    c. 43

    d. 41

    429 + 464 : 29 – 134 x 3 = 429 + 16 – 134 x 3

    = 429 + 16 – 402

    = 445 – 402

    = 43

 9.  291 + 378 : 27 x 248 – 473 = ….

    a. 4.236

    b. 4.336

    c. 3.290

    d. 3.920  

    291 + 378 : 27 x 248 – 473 = 291 + 14 x 248 – 473

    = 291 + 3.472 – 473

    = 3.763 – 473

    = 3.290

 10. 482 – 399 : 21 x 25 + 326 = ….

    a. 319

    b. 326

    c. 331

    d. 333

    482 – 399 : 21 x 25 + 326 = 482 – 19 x 25 + 326

    = 482 – 475 + 326

    = 7 + 326

    = 333

11. 468 : 36 + 263 x 146 – 344 = ….

    a. 38.607

    b. 38.067

    c. 37.607

    d. 37.067

    468 : 36 + 263 x 146 – 344

     = 13 + 263 x 146 – 344

    = 13 + 38.398 – 344

    = 38.411 – 344

    = 38.067

 12.384 : 3 – 106 + 412 x 231 = ….

    a. 95.104

    b. 95.494

    c. 95.406

    d. 95.194

    384 : 3 – 106 + 412 x 231

    = 128 – 106 + 412 x 231

    = 128 – 106 + 95.172

    = 22 + 95.172

    = 95.194

 

Bahasa Indonesia

 Pembahasan soal-soal kalimat majemuk .

1.Di bawah ini yang termasuk kalimat majemuk setara memilih adalah ….

A. Kami akan berlibur ke Bali atau Lombok tahun depan.

B. Kammi akan berlibur ke Bali dan Lombok tahun depan.

C. Kami tidak akan berlibur ke Bali, tetapi Lombok tahun depan.

D. Kami akan berlibur ke Bali, lalu Lombok tahun depan.

Jawaban:A

2. Kalimat berikut ini yang termasuk ke dalam kalimat majemuk sebab akibat adalah…

A. Diandra menyapu halaman rumah dan Shafira membersihkan ruang tamu

B. Semua sungai menjadi kering sehingga para petani mengalami gagal panen

C. Nia sedang belajar ketika hujan turun

D. Andi dan Fatah bermain bulu tangkis di Lapangan

Jawaban:B

3. Di bawah ini yang merupakan kalimat majemuk setara memilih adalah ….

A. Ibu pergi ke pasar membeli sayur dan ikan.

B. Imam tidak masuk sekolah karena dia sedang sakit.

C. Adi ingin membeli sepatu baru, tetapi uang tabungannya belum cukup.

D. Sebagai hadiah kamu boleh membeli sepatu atau tas baru.

Jawaban:D

4. Nenek membuat kue serabi, … menghidangkannya untuk kami.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah … .

A. dan

B. lalu

C. atau

D. tetapi

Jawaban:B

5. Berikut adalah kalimat majemuk setara sejalan, kecuali … .

A.Mereka bermain ombak lalu berenang.

B. Aku sedang membaca buku dan adikku sedang mengerjakan PRnya di ruang tamu.

C. Ibu memasak di dapur dan ayah merapikan taman.

D. Kakak ingin membeli sepeda atau ponsel.

Jawaban:D

6. Manakah kalimat majemuk setara memilih?

A. Doni merapikan buku, lalu menyikat gigi.

B. Rezza ingin bermain bola atau kelereng.

C. atau

D. tetapi

Jawaban:B

8. Kalimat majemuk setara sebab akibat di bawah ini adalah ….

A. Ari mengendarai sepeda dan Bagus mengendarai motor

B. Ayah tidak pergi ke kantor karena sakit

C. Oscar pergi ke Belanda atau Jepang?

D. Pak Angga ingin pergi tetapi dia masih sibuk

Jawaban:B

9. Dia sangat cantik dan tidak sombong.

Kalimat majemuk di atas merupakan kalimat majemuk setara …

A. sejalan

B. berlawanan

C. memilih

D. bertingkat

Jawaban:A

10. Kalimat majemuk yang terdiri dari beberapa kalimat yang memiliki kedudukan setara.

A. Kalimat tunggal

B. Kalimat majemuk

C. Kalimat pilihan

D. Kalimat majemuk setara

Jawaban:D

11. Kalimat berikut ini yang merupakan kalimat majemuk setara berlawanan adalah ....

a. Petugas kebersihan sudah sibuk membersihkan saluran air sebelum memasuki musim hujan.

b. Anita sangat menyukai warna putih sedangkan Inara lebih menyukai warna merah.

c. Rino tidak hadir di acara perpisahan sekolah karena Rino sakit.

d. Ibu pergi berbelanja dan ayah berangkat bekerja.

Jawab : B

15. Kalimat berikut ini merupakan kalimat majemuk setara sejalan adalah ....

a. Ketua panitia sudah menunggu di halte kedatangan sebelum rombongan pariwisata tiba.

b. Ibu guru menasehatinya berkali-kali namun sedikitpun tak dihiraukannya

c. Aldi tidak hadir di acara perpisahan sekolah, karena Aldi sakit

d. Banjir dan longsor terjadi di mana-mana akibatnya beberapa desa terisolir

Jawab :A

 

  

SELAMAT BELAJAR 

Redleksi /Kesimpilan :

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini materi Hitung campuran bilangan cacah berjalam dengan baik ,dan sebagian besar peserta didik bisa menyelesaikan soal latihan,dan ada beberapa siswa yang perlu latihan ulang.Drmikian dokumentasi kegiatannya






 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Jum,'at,20 September 2024 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaiman...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu