Tuesday, August 27, 2024

P5 DAN IPAS


Rabu,28 Agustus 2024

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria  ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan  pada hari ini .Hari kita akan belajar Materi P5 Dan IPAS Seperti biasa sebelum belajar ,kita akan melaksanakan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

 

🌼P5🌼

AKTIVITAS 5

(Snack Favoritku)

 

Dimensi           : Kreatif

Tujuan             : Peserta didik mampu mengenal makanan khas daerah di Indonesia

Media Pembelajaran :

 

Kegiatan Pembuka

·         Pertanyaan pemantik yang dapat diberikan untuk jenis makanan atau jajanan apa yang kamu sukai?” “adakah jenis makanan khas daerah yang kamu sukai? Apakah itu?”

Kegiatan Inti

·         Peserta didik menyimak video yang telah disediakan (referensi tautan terlampir)

·         Peserta didik dan guru berdiskusi tentang jenis-jenis makanan yang mereka ketahui (makanan kekinian ataupun makanan khas daerah).

·         Peserta didik menuliskan salah satu makanan khas daerah yang disukai pada stickey notes (kertas kecil) beserta asal daerah makanan tersebut. Catatan tersebut kemudian dapat ditempelkan pada tempat yang telah disediakan agar dapat dilihat secara seksama oleh semua peserta didik.

Kegiatan Penutup

·         Peserta didik menyebutkan kembali beberapa jenis makanan khas daerah yang telah ditulis dan menggambar atau menuliskannya pada lembar kerja yang terdapat pada halaman selanjutnya.

LEMBAR KERJA  AKTIVITAS 5

 

Oval: Menggambar
Makanan FavoritText Box: Misi Hari Ini

 

 

 

 

 

 


                                                                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 


Di atas adalah video terakait kegiatan P5

 

🌼 IPAS🌼

 Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat Menganalisis hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem dengan benar

 Harmoni dalam Ekosistem

  • Rantai Makanan: Dalam ekosistem, makhluk hidup saling memakan satu sama lain. Rantai makanan menggambarkan jalur transfer energi dari produsen (tanaman) ke konsumen (hewan pemakan tumbuhan) dan predator (hewan pemakan hewan). Contohnya: rumput → kelinci → elang.
  • Hubungan Makan dan Dimakan: Semua makhluk hidup membutuhkan energi untuk bertahan hidup. Tanpa makanan, manusia dan hewan tidak akan mendapatkan energi untuk beraktivitas.
  • Rantai Makanan: Proses transfer energi makanan pada suatu ekosistem. Produsen menghasilkan makanan, konsumen memakan produsen, dan predator memangsa konsumen.
  • Peran Makhluk Hidup dalam Ekosistem: Setiap komponen ekosistem memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam.
  • Keseimbangan Ekosistem: Penting untuk menjaga keseimbangan antara komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (non-hidup) dalam ekosistem.
  • Dampak Ketidakseimbangan: Jika ekosistem terganggu, dapat berdampak pada keanekaragaman hayati dan kesejahteraan makhluk hidup.

 

Rantai Makanan di Laut    

👇    

  

Rantai Makanan di  Darat

👇

 

  

SELAMAT BELAJAR


Refleksi/Kesimpulan  :

Alhamdulillah kegiatan PM dengan Dimensi Kreatif membuat kliping dan Mading yang bertemakan makanan tradisonal nusantara dan makanan modern.

Berikut Dokumen Kegiatannya :











 TERIMAKASIH

 


 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Jum,'at,20 September 2024 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaiman...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu