Tuesday, February 18, 2025

P5 DAN IPAS

 Rabu,19 Februari 2025

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari materi luas dan keliling bangun datar  alhamdulillah sebagian besar peserta didik bisa memahami materi dengan baik,dan pada hari ini kita akan melanjutkan Kegiatan P5 di semester genap ini dan juga pelajaran  IPAS materi
 

Seperti biasa sebelum belajar kita  melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus 

 

 

🌷Kegiatan P5 🌷
 
*Tahap Aksi* 
Kegiatan: 
1.peserta didik mempersiapkan dan membawa alat untuk kerajinan Tapis 
Seperti: 
- Gunting ,
- Jarum jait (ukuran bolongan yang agak besar agar mudah memasukan benang)
- membawa Benang (warna sesuai kain tapis yg di gunanakan)
- lem Tempak
- membawa Kerajinan atau bahan yg akan di tempel kan ke kain tapis
  Seperti:
  . kotak pensil,kotak  tisu , jilbab .peci.bros dompet.tas dll .

2. Setiap Pertemuan  Membuat Minimal  1-2 Produk  yang berbeda sesuai  dengan kesepakatan kelas masing-masing 
NB: Tidak harus sama

3. Hasil Kerajinan di kumpulkan Dan di simpan oleh Guru kelas 
        (Untuk Gelar Karya)

 

🌼 IPAS 🌼

 

Tujuan pembelajaran :peserta didik dapat melestarikan warisan dan keragaman                                                budaya 
Media pembelajaran : ppt, buku cetak IPAS
Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab 

C. Melestarikan warisan dan keragaman budaya 
Warisan budaya nenek moyang lama-kelamaan akan rusak warisan budaya bahkan dapat hilang tidak tersisa Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian warisan budaya supaya dapat diturunkan kepada anak cucu nanti Bagaimana cara melestarikan berikut akan kita pelajari cara menjelaskan warisan dan keragaman budaya. 
1. Pemugaran situs sejarah 
Pemugaran situs sejarah pada zaman dahulu banyak berdiri kerajaan di wilayah Indonesia banyak peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut salah satunya yang terkenal adalah candi Prambanan Candi Prambanan bercorak Hindu Prambanan merupakan bagian percandian yang mendapat predikat warisan budaya dunia setelah ditemukan Candi Prambanan dipugar sebab banyak Arca dan batu yang hilang pemugaran ini dilakukan supaya Candi dapat berdiri kokoh tidak rusak Selain itu supaya arca-arca di dalamnya tidak hilang. 


2. Mempelajari budaya setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda sebagai generasi muda kita harus mempelajari budaya tersebut supaya di kemudian hari budaya tersebut dapat dinikmati generasi selanjutnya contohnya mempelajari Ludruk merupakan kesenian teater rakyat Jawa Timur kesenian ludruk Mulai punah tergantikanlah oleh hiburan di media sosial Oleh karena itu dengan mempelajari kesenian untuk tidak akan punah
3. Menggunakan produk lokal
Cara menjaga kebudayaan selanjutnya dalam menggunakan produk lokal menggunakan produk lokal seperti batik merupakan cara memperkenalkan budaya kita Selain itu menjadi ajang promosi produk-produk lokal bahkan membuka peluang ekspor produk-produk lokal ke luar negeri dengan ciri khas yang dimiliki produk lokal akan laku di pasar luar negeri. 


Cara-cara Melestarikan Budaya Daerah
Cara-cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya daerah sekitar kita, diantaranya:

    1. Memperhatikan dan mempelajari budaya daerah. Contohnya dengan mempelajari tarian dan juga alat musik daerah sekitarmu.
    2. Menggunakan pakaian adat, sesuai dengan acara-acara tertentu.
    3. Mempelajari dan memakai bahasa daerah di lingkungan keluarga.
   4. Mengadakan dan turut serta dalam kegiatan lomba/pentas seni di daerah sekitar

Cara Menghargai Keberagaman Budaya Daerah
Banyaknya budaya yang kita miliki tidak hanya cukup untuk dilestarikan, namun budaya daerah juga perlu kita hargai. Beberapa cara untuk menghargai keberagaman budaya di sekitar kita adalah:

Tidak menjelek-jelekan atau menghina suku dan ras bangsa lain .
Menghormati adat istiadat daerah lain.
Senantiasa untuk mau mengenal adat istiadat dari berbagai budaya suku yang ada di Indonesia.
 
Refleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan aksi nyata P5 peserta didik sebagian besar aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan.
Berikut dokumentasi kegiatannya :










4 comments:

Shenta Cahya Anggraini said...

Terima kasih bu santi atas pembelajarannya

Tusriyah said...

Terima kasih bu atas pembelajarannya

BIMA said...

Terima kasih bu atas pembelajaranyya

Hafiza said...

Terima kasih atas pembelajaran nya ibun Santi 🙏🏻

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

Jum'at,21Februari 2025 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'at  baro...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu