Rabu,5 Januari 2025
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya
di hari Rabu yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat
dan tetap bersemangat,Alhamdulillah kemarin ko kita sudah mempelajari
materi luas dan keliling bangun datar alhamdulillah
sebagian besar peserta didik
bisa memahami materi dengan baik,dan pada hari ini kita akan
melanjutkan Kegiatan P5 di semester genap ini dan juga pelajaran IPAS materi
Seperti biasa sebelum belajar kita melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
P5
TAHAP KONTEKSTUAL
Aktivitas 4
Tujuan Pembelajaran : Peserta dididk dapat membuat kerajinan tapis Lampung
Metode Pembelajaran : demostrasi
Kegiatan :
1. Peserta didik mendengarkan penjelasan materi yang akan di sampaikan oleh Team Kerajinan Tapis Lampung
2. Peserta didik melihat cara membuat kerajinan Tapis lampung bersama Team kerjinan Tapis Lampung.
3. Peserta didik Membuat kerajinan Tapis lampung dengan di pandu team Tapis lampung dengan bahan yang sudah di siapkan.
4. Peserta didik menulis atau meng print Jenis Kain Tapis lampung apa yang akan di buat.
5. di lembar Observasi yang sudah di siapkan tim fasilitator
🍎IPAS
Mapel : Ipas
Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami kebudayaan suku bangsa budaya daerah di Indonesia
Media pembelaran : buku Atlas, buku cetak Ipas, video dan ppt
Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi kelompok
Gambar peta Indonesia
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Kelas/Semester: Kelas 5 / Semester 2
Topik: Mengenal Kebudayaan Daerah di Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat mengetahui dan mengenal kebudayaan daerah di Indonesia.
- Siswa dapat mengenal berbagai elemen kebudayaan seperti pakaian adat, rumah adat, makanan khas, dan tarian tradisional dari berbagai daerah.
Langkah-langkah Kerja:
A. Mengamati Kebudayaan Daerah Indonesia
- Pilih salah satu provinsi di Indonesia (misalnya: Jawa Barat, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dll).
- Amati dan cari informasi mengenai kebudayaan daerah tersebut. Anda dapat menggunakan buku, internet, atau bertanya kepada orang yang mengetahui kebudayaan daerah tersebut.
- Catat informasi yang Anda temukan tentang kebudayaan daerah tersebut. Beberapa hal yang perlu dicatat antara lain:
- Pakaian adat: Apa nama pakaian adat daerah tersebut? Bagaimana bentuk dan warna pakaian adatnya?
- Rumah adat: Apa nama rumah adat daerah tersebut? Bagaimana bentuk dan fungsinya?
- Makanan khas: Apa saja makanan khas dari daerah tersebut? Sebutkan 2-3 contoh makanan khas.
- Tarian tradisional: Apa nama tarian tradisional daerah tersebut? Bagaimana gerakan tarian tersebut?
- Alat musik tradisional: Sebutkan alat musik tradisional yang berasal dari daerah tersebut.
B. Menjawab Pertanyaan
Setelah melakukan observasi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan hasil pencarian informasi kalian.
-
Provinsi mana yang Anda pilih?
Jawaban: __________________________________________________ -
Apa nama pakaian adat dari provinsi tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Bagaimana bentuk dan ciri khas pakaian adat tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Sebutkan 2 jenis makanan khas dari provinsi tersebut.
Jawaban: __________________________________________________
-
Apa nama rumah adat dari provinsi tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Jelaskan bentuk dan fungsi rumah adat tersebut.
Jawaban: __________________________________________________
-
Apa nama tarian tradisional dari provinsi tersebut?
Jawaban: __________________________________________________ -
Bagaimana gerakan-gerakan dalam tarian tersebut?
Jawaban: __________________________________________________
-
Sebutkan 1 alat musik tradisional yang berasal dari provinsi tersebut.
Jawaban: __________________________________________________ -
Apa yang Anda pelajari dari kebudayaan daerah yang Anda pilih?
Jawaban: __________________________________________________
C. Presentasi Kelompok
- Bergabunglah dengan teman-teman dalam kelompok kecil (3-4 orang).
- Bagikan hasil temuan tentang kebudayaan daerah yang sudah Anda catat.
- Setiap kelompok membuat sebuah poster atau presentasi digital yang berisi informasi tentang kebudayaan daerah yang telah diteliti.
- Presentasikan hasil kerja kelompok Anda di depan kelas.
D. Refleksi
Setelah kegiatan selesai, lakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan berikut:
-
Apa yang Anda pelajari tentang kebudayaan daerah Indonesia setelah melakukan tugas ini? Jawaban: __________________________________________________
-
Mengapa penting untuk mengenal kebudayaan daerah di Indonesia? Jawaban: __________________________________________________
Penilaian:
- Kreativitas dalam menyusun poster atau presentasi.
- Pemahaman tentang kebudayaan daerah yang dipilih.
- Kerja sama dalam kelompok.
Waktu Pelaksanaan:
- Waktu untuk riset dan pengisian LKPD: 1 minggu.
- Waktu untuk presentasi: 1-2 jam (tergantung jumlah kelompok).
Dengan LKPD ini, siswa diharapkan dapat lebih mendalami kebudayaan daerah Indonesia dan dapat mempresentasikan temuan mereka dengan cara yang kreatif dan menarik.
SELAMAT BELAJAR
Refleksi /Kesimpulan : alhamdulillah pada kegiatan P5 peserta didik sebagian besar antusias dalam memngikuti kegiatan p5 pada tahap kontekstual,Berikut dokumentasi kegiatannya :
2 comments:
Terima kasih bu atas kisi kisi dan pembelajarannya👍
Terima kasih bu atas kisi kisi dan pembelajarannya
Post a Comment