Monday, February 10, 2025

MATEMATIKA,PENDIDIKAN PANCASILA Dan SENI RUPA

 Selasa,11 Februari 2025

Kelas : VC 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa  yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,Alhamdulilah kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan sumatif1 harian,pada hari ini kita akan melanjutkan pelajaran matematika dengan dengan materi sudut, pelajaran Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa .

Seperti biasa sebelum belajar kita terlebih dahulu kita  melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus.


🍄 MATEMATIKA 🍄
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat menyelesaiakan soal-soal yang berhubungan dengan sudut.
Media Pembelajaran    : LCD
Metode Pembelajaran  : Tanya Jawab (tertulis) 
 
  LATIHAN SOAL - SOAL 

Nama sudut berikut ini adalah ....
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 1
a. sudut OA
b. sudut OB
c. sudut AOB
d. sudut ABO

2. Titik sudut dari ABC adalah titik ….
a. A
b. B
c. C
d. A dan C

3. 

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 2
Kaki sudut-kaki sudut dari QRS adalah ....
a. QR dan QS
b. RQ dan QS
c. QS dan RS
d. RQ dan RS

4. Besar sudut setengah putaran adalah ....
a. 0⁰
b. 90⁰
c. 180° 
d. 360°

5. Salah satu sudut dari bangun persegi besarnya ….
a. 30⁰
b. 45⁰
c. 60⁰
d. 90⁰

6. Segitiga yang besar salah satu sudutnya ∠ PQR = 128°, maka PQR termasuk jenis segitiga ....
a. lancip
b. tumpul
c. sembarang
d. siku-siku

7. Besar sudut yang dibentuk oleh dua jam yang menunjukkan pukul 3 adalah ....
a. 40°
b. 60°
c. 90°
d. 180°

8. Jika ∠ KLM merupakan sudut siku-siku, maka ....
a. ∠ KLM lebih dari 90°
b. ∠ KLM sama dengan 90°
c. ∠ KLM kurang dari 90°
d. ∠ KLM sama dengan 180°

9. Jenis sudut PQR pada gambar di bawah adalah sudut ....
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 3
a. tumpul
b. lancip
c. siku-siku
d. sembarang

10.
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 4
Jika diketahui sudut KLN = 48°, maka besar sudut NLM adalah ....
a. 60°
b. 90°
c. 42°
d. 52°

11. Bangun yang memiliki dua diagonal sama panjang dan dua pasang sudut yang berbeda adalah ....
a. persegi
b. peregi panjang
c. Jajar genjang
d. trapesium

12. Salah satu sifat bangun jajargenjang yang dimiliki persegi panjang adalah .... 
a. mempunyai sisi berhadapan yang sama panjang dan sejajar
b. besar sudutnya 90°
c. sudut-sudut yang berhadapan tidak sama besar 
d. mempunyai sepasang sisi yang tidak sama panjang 

13. 
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 5
Sudut tumpul pada gambar di atas adalah ….
a. ∠ SPQ
b. ∠ QRS
c. ∠ PSR
d. ∠ PQR

14. Jajargenjang bila kedua sisi miringnya dihimpitkan dengan sisi miring segitiga siku-siku akan membentuk bangun ....
a. segitiga sama kaki
b. persegi panjang
c. trapesium
d. layang-layang

15. Masing-masing sudut pada segitiga sama kaki berupa sudut ....
a. lancip
b. tumpul
c. siku-siku
d. lurus

16. Besar ketiga sudut pada bangun segitiga adalah ....
a. 90°
b. 180°
c. 270°
d. 360°

17. Ciri-ciri bangun segitiga sama kaki adalah ....
a. kedua sisinya sama panjang dan memiliki 3 sudut lancip
b. ketiga sisinya sama panjang dan memiliki 3 sudut tumpul
c. memiliki 3 sisi, satu sudut siku-siku, dan 2 sudut lancip
d. memiliki 3 sisi, satu sudut tumpul, dan 2 sudut lancip

18. 
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 6
Kedua bangun di atas bila dihimpitkan menjadi satu akan membentuk bangun ….
a. trapesium
b. belah ketupat
c. jajargenjang
d. layang-layang

19. Layang-layang yang semua diagonalnya merupakan sumbu simetri disebut ….
a. persegi
b. persegi Panjang
c. belah ketupat
d. trapesium

20. Jika A = (segitiga sama sisi) dan B = {segitiga sama kaki), maka pernyataan berikut yang benar adalah ....
a. A ∈ B
b. A = B
c. A ⊂ B
d. B ≠ A

21. Ciri-ciri jajargenjang yang tidak dimiliki belah ketupat adalah ....
a. Merupakan bangun segi empat.
b. Sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang.
c. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
d. Tidak memiliki sumbu simetri.

22. Persegi panjang adalah jajargenjang yang salah satu sudutnya ....
a. siku-siku
b. tumpul
c. lancip
d. lurus

23. Belah ketupat adalah jajargenjang dengan sisi-sisi ....
a. berurutan tidak sama panjang
b. berurutan sama panjang dan sudutnya
c. berurutan sama sudutnya
d. berurutan sama panjang

24. Jumlah sudut pada segitiga sama kaki adalah ....
a. 90 derajat
b. 180 derajat
c. 360 derajat
d. 270 derajat

25. Perhatikan gambar berikut ini!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 7
Jika sudut P = 65°, maka besar sudut R adalah ….
a. 40°
b. 50°
c. 60°
d. 65°

26. Berikut ini bukan merupakan sifat dari persegi panjang yang dimiliki persegi adalah ....
a. mempunyai 4 buah sudut siku-siku
b. mempunyai 4 sudut yang sama besar
c. mempunyai 2 diagonal yang berpotongan di satu titik
d. mempunyai 4 sisi yang ukurannya sama panjang

27. Perhatikan gambar berikut!
Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 8
Banyak sudut yang terdapat dalam gambar tersebut adalah ....
a. empat
b. enam
c. delapan
d. sepuluh

28. Trapesium memiliki jumlah sudut yang berdekatan di antara dua garis sejajar yang besarnya ….
a. 60°
b. 90°
c. 180°
d. 360°

29. Perhatikan sifat-sifat bangun di bawah!
(1) Mempunyai 4 titik sudut.
(2) Mempunyal 2 pasang sisi sama panjang.
(3) Mempunyai 2 pasang sudut yang berhadapan sama besarnya.
(4) Mempunyal 4 buah sisi.
Sifat yang dimiliki oleh bangun layang-layang dan belah ketupat ditunjukan nomor ....
a. (1) dan (3)
b. (2), (3) dan (4)
c. (1), (2) dan (3)
d. (1), (3) dan (4)

30. Bangun datar yang mempunyal empat simetri lipat adalah....
a. persegi
b. persegi panjang
c. belah ketupat
d. jajargenjang
 
🌼Pendidikan Pancasila🌼
  • Tujuan pembelajaran : peserta didik mengenal karakteristik tempat tinggal yang merupakan bagian dari Kabupaten / kita dan menerapkan praktik langsung 
  • Media pembelajaran : Ppt, gambar objek khas daerah 
  • Metode : Presentasi . 
Objek khas daerah di Indonesia adalah hasil kebudayaan yang menjadi ciri khas suatu daerah. Objek ini merupakan warisan nenek moyang yang tidak dipengaruhi oleh budaya luar. Berikut beberapa contoh objek khas daerah di Indonesia:
  • Tugu Monas
    Monumen Nasional (Monas) yang terletak di Jakarta merupakan salah satu landmark populer di Indonesia. Tugu Pal Putih
  • Tugu Pal Putih yang terletak di Yogyakarta merupakan salah satu tugu ikonik di Indonesia. 
  • Tari Pendet
    Tarian Pendet yang berasal dari Bali merupakan tarian ikonik yang terkenal di seluruh dunia. 
  • Atraksi Lompat Batu
    Atraksi Lompat Batu yang berasal dari Desa Wisata Bawomataluo, Nias, Sumatera Utara merupakan salah satu atraksi wisata ikonik di Indonesia. 
  • Candi Borobudur
    Candi Borobudur yang terletak di Magelang merupakan salah satu objek wisata terkenal di dunia. 
  • Pura Tanah Lot
    Pura Tanah Lot yang terletak di Bali merupakan salah satu destinasi wisata budaya terpopuler di Indonesia. 
  • Festival Erau
    Festival Erau yang terletak di Tenggarong merupakan salah satu festival budaya tertua di Indonesia. 
  • Masjid Raya Baiturrahman
    Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di Aceh merupakan salah satu destinasi wisata budaya terpopuler di Indonesia. 
  • Tugas : peserta didik secara kelompok menuliskan keterangan objek khas yang ada di Indonesia
     
     🌸 Seni Rupa
     latihan soal soal Seni Rupa
     

    . Apa yang dimaksud dengan menggambar ekspresif?

       a. Menggambar dengan tujuan menggambarkan objek secara realistis 

       b. Menggambar dengan tujuan mengekspresikan perasaan atau emosi 

       c. Menggambar dengan mengikuti aturan seni yang ketat 

       d. Menggambar objek dengan bentuk yang simetris 

    2. Keseimbangan anatara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan dengan sama persis, baik bentuk,ukuran, raut, dan juga teksturnya disubut .......

    a. keseimbangan simestris                           c. Keseimbangan radial

    b. keseimbangan asimetris                          d. Keseimbangan sederajat

    3.

    3. Warna apa yang sering digunakan untuk menggambarkan perasaan marah atau semangat dalam menggambar ekspresif?

       a. Biru 

       b. Merah 

       c. Kuning 

       d. Hijau 

    4. perhatikan ciri-ciri berikut ini

    1. serba dinamis  2, serba statis  3. Menekankan aspek suasana 4.unsur kehidupan sosial

    Ciri-ciri menggambar ekspresif ditunjukan oleh nomor .......

    a.       1, 2 dan 3     b. 1,2 dan 4    c. 1,3 dan 4     d. 2,3 dan 4

    5. Unsur seni rupa yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan dengan cara menggambarkan perbedaan cahaya dan gelap disebut?

       a. Warna                      c. tekstur

       b. bentuk                     d. Nilai (Value) 

    . Apa yang dimaksud dengan menggambar ekspresif?

       a. Menggambar dengan tujuan menggambarkan objek secara realistis 

       b. Menggambar dengan tujuan mengekspresikan perasaan atau emosi 

       c. Menggambar dengan mengikuti aturan seni yang ketat 

       d. Menggambar objek dengan bentuk yang simetris 

    2. Keseimbangan anatara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan dengan sama persis, baik bentuk,ukuran, raut, dan juga teksturnya disubut .......

    a. keseimbangan simestris                           c. Keseimbangan radial

    b. keseimbangan asimetris                          d. Keseimbangan sederajat

    3. berikut ini yang merupakan contoh keseimbangan memancar adalah ...

    a.        b.       c.               d.

    4. perhatikan ciri-ciri berikut ini

    1. serba dinamis  2, serba statis  3. Menekankan aspek suasana 4.unsur kehidupan sosial

    Ciri-ciri menggambar ekspresif ditunjukan oleh nomor .......

    a.       1, 2 dan 3     b. 1,2 dan 4    c. 1,3 dan 4     d. 2,3 dan 4

    5. Unsur seni rupa yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan dengan cara menggambarkan perbedaan cahaya dan gelap disebut?

       a. Warna                      c. tekstur

       b. bentuk                     d. Nilai (Value)  

    6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan menggambar ekspresif dan bagaimana cara menggambar ekspresif yang baik!

    7. Sebutkan dan jelaskan tehnik menggambar ekspresif!

    8.Tuliskan bagaimana langkah-langkah  menggambar ekspresif?   

    9. Sifat gambar ekspresif tergantung kepada sudut pandang seseorang dalam menggambar ide atau hasil pengamatannya, tuliskan ciri-ciri gambar ekspresif ?

    10.Alat utama yang digunakan dalam menggambar ekspresif adalah?

    SELAMAT BELAJAR 

     

  • Refleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada pembelajaran seni rupa pembahasan soalsoal latihan peserta didik sebagian besar antusias dalam mengerjakan latihan,

  • Berikut dokumentasi kegiatannya:









3 comments:

BIMA said...

Terima kasih bu atas pembelajaranya👍👍👍

athaya said...

Terimakasih bu atas pembelajaran dan soal soal untuk belajar 😁

Tusriyah said...

Terima kasih bu atas pembelajarannya

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

Jum'at,21Februari 2025 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'at  baro...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu