Rabu,9 April 2025
kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari Warisan Budaya Indonesia alhamdulillah sebagian besar peserta didik bisa memahami materi dengan baik dan sekarang kita akan melanjutkan materi , P5 dan IPAS dan
Seperti biasa sebelum belajar kita melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
🍀 P5
Apa yang dimaksud dengan tapis Lampung?
a) Kain tradisional dari Bali
b) Tarian tradisional Lampung
c) Kain yang dihiasi dengan benang emas dan perak
d) Alat musik tradisional LampungTapis Lampung biasanya digunakan oleh masyarakat Lampung pada acara apa?
a) Pernikahan
b) Hari Kemerdekaan
c) Ulang tahun
d) Pesta rakyatApa bahan utama yang digunakan untuk membuat tapis Lampung?
a) Kain katun
b) Kain tenun
c) Kain sutra dan benang emas/perak
d) Kain brokatTapis Lampung berasal dari suku apa?
a) Suku Batak
b) Suku Lampung
c) Suku Minangkabau
d) Suku BugisApa warna dominan yang sering ditemukan pada tapis Lampung?
a) Hitam dan putih
b) Merah dan emas
c) Biru dan hijau
d) Kuning dan merahBagaimana proses pembuatan tapis Lampung?
a) Menenun dan dihiasi dengan benang emas dan perak
b) Membordir dengan benang warna-warni
c) Melukis dengan cat minyak
d) Menjahit kain secara manualTapis Lampung umumnya dipakai oleh siapa? a) Hanya oleh laki-laki
b) Hanya oleh perempuan
c) Baik laki-laki maupun perempuan
d) Hanya oleh raja dan ratuMotif pada tapis Lampung biasanya menggambarkan?
a) Kehidupan sehari-hari
b) Alam dan flora
c) Kekayaan alam Lampung
d) Kehidupan hewanTapis Lampung digunakan sebagai simbol apa dalam masyarakat Lampung?
a) Kekayaan dan kemakmuran
b) Kesederhanaan
c) Kemerdekaan
d) PendidikanApa yang membedakan tapis Lampung dengan kain adat dari daerah lain? a) Bentuk dan ukuran
b) Penggunaan benang emas dan perak
c) Warna yang lebih terang
d) Pola yang lebih rumitApa nama teknik yang digunakan untuk membuat tapis Lampung? a) Tenun ikat
b) Tenun songket
c) Tenun tapis
d) Tenun bordirKapan biasanya tapis Lampung dikenakan oleh perempuan?
a) Saat bepergian ke luar kota
b) Saat menghadiri acara adat atau pesta
c) Saat bekerja di sawah
d) Saat berbelanjaMotif "Gajah Mandi" pada tapis Lampung melambangkan apa? a) Kekuatan dan keberanian
b) Kehidupan alam
c) Kemakmuran dan kedamaian
d) Kecantikan dan keanggunanApa yang membuat tapis Lampung menjadi warisan budaya yang penting?
a) Karena dibuat dengan mesin
b) Karena melibatkan keterampilan tangan yang tinggi
c) Karena warnanya yang cerah
d) Karena mudah dibuatApakah tapis Lampung hanya ditemukan di Lampung?
a) Ya, hanya di Lampung
b) Tidak, juga ditemukan di Sumatra lainnya
c) Tidak, tetapi lebih sering ditemukan di Jawa
d) Tidak, tapi ditemukan di seluruh Indonesia
Daerahku dan Negaraku
Tujuan Pembelajaran:
Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap daerah tempat tinggal.
Metode Pembelajaran :Diskusi
Materi "Daerahku Negaraku" untuk kelas 5 IPAS Kurikulum Merdeka mencakup pemahaman tentang identitas daerah tempat tinggal dan bagaimana daerah tersebut terhubung dengan negara Indonesia. Berikut adalah rangkuman poin-poin penting:
1. Identitas Daerah:
- Kenampakan Alam dan Buatan:
- Memahami perbedaan antara kenampakan alam (gunung, sungai, pantai) dan kenampakan buatan (waduk, jembatan, bangunan).
- Mengenal kenampakan alam dan buatan yang ada di daerah tempat tinggal.
- Keragaman Budaya:
- Mengenal berbagai unsur budaya di daerah tempat tinggal, seperti bahasa, pakaian adat, tarian, lagu, dan makanan khas.
- Memahami pentingnya melestarikan keragaman budaya sebagai kekayaan bangsa.
- Sejarah Daerah:
- Mempelajari sejarah asal-usul daerah tempat tinggal.
- Mengenal tokoh-tokoh penting yang berperan dalam perkembangan daerah.
- Membandingkan kondisi daerah tempat tinggal dahulu dan sekarang.
2. Hubungan Daerah dan Negara:
- Pemerintahan:
- Mengenal struktur pemerintahan daerah dan hubungannya dengan pemerintahan pusat.
- Memahami peran pemerintah dalam pembangunan daerah.
- Sumber Daya Alam:
- Mengenal potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah dan kontribusinya bagi negara.
- Mempelajari bagaimana produk unggulan daerah dapat mendunia.
- Kontribusi Daerah untuk Negara:
- Memahami bagaimana daerah-daerah di Indonesia saling melengkapi dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.
- Mempelajari bahwa setiap daerah memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing.
3. Perekonomian Daerah:
- Mempelajari kondisi perekonomian yang ada di daerah tempat tinggal.
- Mempelajari faktor pendukung sebuah produk dapat menjadi produk unggulan.
Tujuan Pembelajaran:
- Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap daerah tempat tinggal.
- Mengenal keragaman budaya dan kenampakan alam di Indonesia.
- Mempelajari tentang pemerintahan dan masyarakat Indonesi
1 comments:
Terima kasih atas pembelajaran nya ibu santi🙏🏻
Post a Comment