Monday, April 28, 2025

PancasilaMatematika,Seni Rupa

 Selasa,29 April 2025

Kelas : VC

 


Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan pada hari ini aamiin.Hari ini  kita akan melanjutkan materi  Matematika,Pendididkan Pancasila dan seni rupa Indonesia

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus.

Beraikut materi kita pada hari ini


🍀Pendidikan Pancasila🍀

Tujuan pembelajarsn : peserta didik dapat mengenal mengetahui jelajah nusantara 

Media pembelajaran : buku cetak, gambar, video 

Metode pembelajaran : tanya jawab dan diskusi 


Pendidikan Pancasila: Jelajah Nusantara

1. Pengertian Jelajah Nusantara

"Jelajah Nusantara" adalah kegiatan mengenal keberagaman budaya, suku, agama, dan tradisi dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan menjelajah Nusantara, kita belajar menghargai perbedaan dan memperkuat persatuan bangsa.


2. Hubungan dengan Pancasila

Nilai-nilai dalam Pancasila dapat ditemukan dalam kehidupan masyarakat di seluruh Nusantara.

Sila 1 – Ketuhanan Yang Maha Esa

Contoh: Masyarakat dari berbagai agama hidup rukun, saling menghormati saat ibadah.

Sila 2 – Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Contoh: Membantu korban bencana alam di daerah lain, tanpa membedakan suku atau agama.

Sila 3 – Persatuan Indonesia

Contoh: Upacara bendera bersama dengan teman-teman dari berbagai suku di sekolah.

Sila 4 – Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Contoh: Musyawarah di desa untuk memilih kepala desa atau menyelesaikan masalah bersama.

Sila 5 – Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Contoh: Program bantuan pendidikan dan kesehatan untuk daerah terpencil.


3. Jelajah Budaya Nusantara

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau dan ratusan suku bangsa. Contoh keragaman:

  • Rumah Adat: Rumah Gadang (Sumatera Barat), Honai (Papua), Tongkonan (Toraja)

  • Tarian Daerah: Tari Saman (Aceh), Tari Kecak (Bali), Tari Cakalele (Maluku)

  • Makanan Tradisional: Rendang, Papeda, Gudeg, Pempek

  • Bahasa Daerah: Jawa, Sunda, Bugis, Batak, Minang

Semua perbedaan ini adalah kekayaan bangsa yang harus kita jaga bersama.


4. Sikap Anak Pancasila saat Jelajah Nusantara

  • Bangga terhadap budaya Indonesia

  • Menghargai teman dari daerah lain

  • Tidak membeda-bedakan suku, agama, atau bahasa

  • Mau belajar budaya lain

  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa


Mapel ipas 

Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah 

Media pembelajatsn : LCD, video 

Metode pembelajaran : diskusi 

Materi IPS: Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah

1. Latar Belakang Penjajahan

Bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing karena Indonesia kaya akan rempah-rempah dan hasil bumi lainnya. Bangsa Portugis, Spanyol, Belanda, dan Jepang pernah datang dan menjajah Indonesia.


2. Bentuk Perlawanan Rakyat Indonesia

Rakyat Indonesia tidak tinggal diam. Mereka melakukan perlawanan terhadap penjajah, baik secara fisik (perang) maupun melalui organisasi perjuangan.


3. Contoh Perjuangan dan Tokoh-tokohnya

a. Perlawanan di Aceh

  • Tokoh: Cut Nyak Dien dan Teuku Umar

  • Melawan: Belanda

  • Ciri khas: Semangat juang tinggi meski dalam kondisi sulit. Cut Nyak Dien tetap melawan meskipun suaminya gugur.

b. Perlawanan di Jawa

  • Tokoh: Pangeran Diponegoro

  • Melawan: Belanda (Perang Diponegoro tahun 1825–1830)

  • Ciri khas: Melawan karena tanah keluarganya digunakan untuk jalan tanpa izin.

c. Perlawanan di Bali

  • Tokoh: I Gusti Ngurah Rai

  • Melawan: Belanda

  • Perang: Puputan Margarana (1946), perang habis-habisan sampai titik darah penghabisan.

d. Perlawanan di Sulawesi

  • Tokoh: Sultan Hasanuddin (Makassar)

  • Melawan: Belanda

  • Dikenal sebagai: "Ayam Jantan dari Timur"

e. Perlawanan di Maluku

  • Tokoh: Pattimura (Thomas Matulessy)

  • Melawan: Belanda

  • Tahun: 1817

f. Perlawanan terhadap Jepang

  • Tokoh: Bung Tomo

  • Peristiwa: Pertempuran Surabaya (10 November 1945)

  • Hasil: Membangkitkan semangat rakyat, tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.


4. Ciri-ciri Perjuangan Sebelum dan Sesudah 1908

Sebelum 1908

  • Bersifat kedaerahan

  • Dipimpin oleh tokoh-tokoh daerah

  • Menggunakan senjata tradisional

Sesudah 1908 (Munculnya Budi Utomo)

  • Bersifat nasional

  • Lebih terorganisir dan menggunakan organisasi

  • Mengutamakan pendidikan dan persatuan


    🌼 MATEMATIKA🌼

     

    Tujuan Pembelajaran :  Dengan berlatih soal peserta didik  dapat  menyelesaikan soal yang  berhubungan dengan volume dan luas bangun ruang balok dan kubus,kerucut dan tabung 

    Metode Pembeajaran : Latihan soal

    Media Pembelajaran    : PPT

    Tujuan : 1. Dengan berlatih soal peserta didik  dapat  menyelesaikan soal yang  berhubungan dengan

    volume dan luas bangun ruang balok dan kubus,kerucut dan tabung  

    Kerjakan soal – soal di bawah ini dengan teliti dan benar !

    1.Sebuah balok memiliki ukuran panjang 200 cm, lebar 2 cm dan tinggi 10 cm maka berapakah luas permukaan dari balok tersebut?

    2.         Sebuah balok alasnya berbentuk persegi dan tingginya 2 cm lebih panjang dari panjang rusuk alasnya. Jika luas alasnya 64 cm2, hitung tingginya dan jumlah luas semua sisi!

    3.         Volume balok 1.785 dm3. Luas alasnya 105 dm2. Tinggi balok tersebut adalah …? 

    4.         Hitunglah panjang sisi sebuah kubus jika volumenya 3375cm3   

    5.    Andi akan mengirim paket berupa 125 souvenir yang dikemas dalam kotak berbentuk kubus berukuran 4 cm. Sebelum dikirim, souvenir tesebut dimasukan kedalam kardus besar yang berbentuk kubus hingga kardus terisi penuh.  Berapakah ukuran panjang kotak kardus yang digunakan Andi? 

    6.         Sebuah aquarium berbentuk kubus memiliki volume 343 liter. Berapa cm tinggi aquarim tersebut?

    7.         Badu memiliki bak berbentuk balok  dengan tinggi  50 cm,  lebarnya 70 cm dan panjang  90 cm. Bak tersebut akan diisi air. Berapa banyak air  yang dibutuhkan  untuk mengisi 2/3 bagian bak milik badu?

    8.         Kamar mandi Wira memiliki bak berbentuk kubus dengan kedalaman 1 meter. Bak tersebut diisi air hingga penuh. Berapa liter air yang mengisi bak mandi Wira?

    9.         Sandri memiliki mainan berbentuk kubus, ia menyusun kubus mainannya menjadi kubus yang berukuran lebih besar. Panjang sisi kubus besar yang dibuat Sandri adalah 4 buah kubus mainan. Berapa jumlah kubus yang digunakan Sandri untuk membuat kubus besar?

    10.     Suatu tempat beras berbentuk balok dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi berturut-turut adalah  10 cm, 15 cm, dan  1m. tempat beras  tersebut akan diisi penuh dengan beras seharga Rp. 8.000,00 perliter. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli beras tersebut?

    11.  Sebuah tabung diketahui jari-jarinya 6 cm, tingginya 7 cm, dan pi = 22/7. Hitunglah volume tabung tersebut.!

    12.   Hitunglah volume kerucut yang berjari-jari 7 cm dan tingginya 12 cm!

    Diketahui: kerucut dengan r = 7 cm, t = 12 cm

    Ditanya : V kerucut

    Penyelesaian:

    V kerucut

    = 1/3 x π r^2 t

    =  1/2 x 22/7 x 7^2 x 12

    = 1/3 x 22/7/ 49. 12

    Jadi volume kerucut = 616 cm3

    Kunci Jawaban :

    1.    Pembahasan :

        L = 2 x ( (p x l) + (p x t) + (l x t) )

        L = 2 x ( (200 x 2) + (200 x 10) + (2 x 10) )

        L = 2 x (400 + 2.000 + 20)

        L= 2 x (2.420)

        L = 4.840 cm2

    2.      Menghitung tinggi balok

    Panjang rusuk alas =


     cm2 = 8 cm


    Jadi tinggi balok = 8 cm + 2 cm = 10 cm

    Menghitung luas semua sisi balok

    Luas 4 sisi besar = 4 x 8 cm x 10 cm = 320 cm2

    Luas 2 sisi kecil = 2 x 64 cm2 = 128 cm2

    Luas semua sisi = 320 cm2 + 128 cm2 = 548 cm2

    3.      Diketahui :

    V = 1.785

    L = 105

    Jawab:

    V = p x l x t

    V = (p x l) x t

    V = L x t

    1.785 = 105 x t

    105 x t = 1.785

    t = 1.785 : 105

    t = 17 dm

    Jadi, tinggi balok tersebut adalah 17 dm.

    4.       V = s x s x s

    3375 = s3

    s = 15cm

    Jadi sisi dari kubus tersebut adalah 15 cm.

    5.      Diketahui : Jumlah kotak obat = 125

    Rusuk kotak souvenir =  4 cm

    Ditanya = panjang rusuk (r)

    V Kubus besar     = 125 satuan kubus kecil

    r kubus besar       = akar pangkat  dari 125

                                 = 5 satuan kubus kecil

                                 = 5 x 4 cm

    r kubus besar       = 20 cm

    6.      Diketahui : volume kubus (v) = 343 liter = 343 dm3

    Ditanya : tinggi aquarium = rusuk (r)

    Jawab :

    r = akar pangkat tiga dari 343 = 7 dm = 70 cm

    7.      Diketahui: Panjang bak (p) = 90 cm, 

                            lebar (l) = 70 cm, 

                            tinggi (t)= 50cm

    Ditanya: 2/3  volume balok (v)

    Jawab:

    2/3 x V  = p x l x t

    = 2/3 (90 cm x 70 cm x 50 cm)

    =2/3  (315.000 cm)

    = 210.000 cm3

    Jadi, banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi 2/3 bagian bak badu adalah 210.000 cm3

    8.      Diketahui : rusuk kubus (r) = 1 meter

    Ditanya : volume (v)                            

    Jawab : V = r x r x r = 1 x 1 x 1 =  1 m3 = 1000 dm3 = 1000 liter

    9.      Diketahui : rusuk kubus (r) = 4 satuan

    Ditanya : banyak kubus mainan yang dibutuhkan = volume kubus (v)         

    Jawab : V = r x r x r = 4  x 4 x 4 =  64 satuan

    Jadi banyak kubus yang digunakan Sandri adalah 64 kubus

    10.  Diketahui :

    Panjang balok (p) = 10 cm,

    lebar (l) = 15cm,

    tinggi (t)= 1 m=100 cm

    Harga 1 liter beras = Rp.8000,00

    Ditanya: jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli beras

    Jawab : Volume tempat beras = p x l x t

    V = p x l x t Penyelesaian:


    11.    Rumus volume tabung adalah V = πr2 x t

    V = 22/7 x 62 x 7

    = 22/7 x 252

    = 792 cm3

    Jadi, volume tabung tersebut adalah 792 cm kubik atau 792 cm3

    12.    Diketahui: kerucut dengan r = 7 cm, t = 12 cm

    Ditanya : V kerucut

    Penyelesaian:

    V kerucut

    = 1/3 x π r^2 t

    =  1/2 x 22/7 x 7^2 x 12

    = 1/3 x 22/7/ 49. 12

    Jadi volume kerucut = 616 cm3

Tujuan pembelajaran :peserta didik dapat menyebutkan pola ragam hias 

Media pembelajaran : gambar ragam hias 

Metode pembelajaran : praktik menggambar pola ragam hias

Pengertian Pola Ragam Hias Seni Rupa

Pola ragam hias adalah susunan bentuk hiasan yang diulang secara teratur untuk memperindah suatu benda atau permukaan. Dalam seni rupa, ragam hias digunakan untuk menghias kain, ukiran, keramik, pakaian adat, dan berbagai karya seni lainnya.

Berikut penjelasan jenis-jenis pola ragam hias secara sederhana untuk materi kelas 5 SD:


Jenis-jenis Pola Ragam Hias

1. Pola Simetris

Pola simetris adalah pola yang kedua sisinya sama atau seimbang. Jika dibagi dua, bentuk di kiri dan kanan akan mirip atau sama.
Contoh: Motif batik dengan bentuk bunga yang sama di kiri dan kanan.

2. Pola Asimetris

Pola asimetris adalah pola yang bentuk kanan dan kirinya tidak sama, tetapi tetap terlihat indah dan seimbang.
Contoh: Hiasan dinding dengan bentuk hewan di satu sisi dan bunga di sisi lain.

3. Ragam Hias Tepu

Ragam hias tepu adalah ragam hias yang memenuhi seluruh bidang gambar. Biasanya tidak ada ruang kosong.
Contoh: Motif batik yang penuh dari ujung ke ujung kain.

4. Ragam Hias Menyudut

Ragam hias menyudut adalah ragam hias yang diletakkan di bagian sudut bidang atau benda.
Contoh: Hiasan pada sudut kain atau bingkai lukisan.

5. Pola Ragam Hias Gabungan

Gabungan adalah pola yang mengombinasikan dua atau lebih jenis ragam hias, misalnya gabungan antara flora dan fauna atau antara pola simetris dan asimetris.
Contoh: Motif kain yang memiliki bunga dan burung sekaligus.

6. Ragam Hias Beraturan

Ragam hias beraturan adalah pola yang tersusun secara teratur dan rapi, biasanya berulang dalam ukuran dan bentuk yang sama.
Contoh: Pola kotak-kotak atau garis-garis pada kain tenun.

7. Ragam Hias Tidak Beraturan

Ragam hias tidak beraturan adalah pola yang tidak memiliki susunan atau bentuk yang sama, namun tetap membentuk pola yang indah.
Contoh: Motif abstrak atau corak bebas.


 SELAMAT BELAJAR


Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembeljaran matematika materi bangun ruang peserta didik sebagian besar dapat memahami materi melalui latihan soal-soal bangun ruang dan sejenisnya.

Berikut dokumentasi kegiatannya :





3 comments:

tusriyah said...

terima kasih bu atas peembelajarannya

BIMA said...

Terima kasih bu atas pembelajaranya dan kisi kisinya👍👍👍

Hafiza said...

Terima kasih atas pembelajaran nya ibu 🙏🏻

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Remediall dan Pengayaan

 Rabu,4 Juni 2025 Kelas : VC بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sh...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu