Thursday, January 07, 2021

TEMA 6 PB 3 DAN 4

 Kamis,7 Januari 2021

Assalaamualaikum anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,sima tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran.Setelah membaca materi ini silahkan ananda beri tanggapan dikolom  komentar  untuk melihat   keaktifan siswa.

Hari ini kita akan mempelajari materi tentang membuat kesimpulan dari teks eksplanasi, ,mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan alam dan pengaruhnya,menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara dan pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan terhadap pembangunan 

Berikut materinya dibawah ini disimak baik-baik ya nak, semoga ananda semua dapat memahami materi yang  bu guru berikan.

PPKn (KD 3. 2 dan4. 2)

 

Konvensi Hak-HakAnak

Setiap manusia yang hidup di dalam masyarakat mempunyai hak yang dilindungi oleh undang-undang.Salah satu hak warganegara Indonesia adalah mendapatkan pendidikan yang layak.

Konvensi Hak-hakAnak (Convention OnThe Rights of The Child) disahkan  oleh  -Bangsa (PBB)padatanggal 20 November 1989.

Konvensi bertujuan untuk memberika nperlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak

anak di seluruh dunia. Konvensi HakAnak, merupakan sebuah dokumen  yang dibuat oleh PerserikatanBangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini  juga telah diratifikasi atau disetujui oleh  hamper semua pemimpin negara yang adadi dunia.Indonesia menjadisalahsatunegara yang mendukungnyapadatahun 1996.

 

Menurut konvensi hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:

1.    Hak Kelangsungan  Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatanbtertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.

2.    HakPerlindungan, perlindungan dari  diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, danketerlantaran.

3.    HakTumbuhKembang, hakmemperolehpendidikandanhakmencapaistandarhidup yangl  ayak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dansosial.

4.    HakBerpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam km segalahal yang memengaruhianak.

 

Hak-HakSeorangSiswa

MenurutPeraturanPemerintahNo 28 Tahun 1990, yang dimaksuddenganhak-haksiswaadalahhakuntuk:

1.    Mendapatperlakuansesuaidenganbakat, minat, dankemampuannya;

2.    Memperolehpendidikan agama sesuaidengan agama yangdianutnya;

3.    Mengikuti program pendidikan yang bersangkutanatasdasarpendidikanberkelanjutan, baikuntukmengembangkankemampuandirimaupununtukmemperolehpengakuantingkatpendidikantertentu yang telahdibakukan;

4.    Mendapatbantuanfasilitasbelajar, beasiswa, ataubantuan lainsesuaidenganpersyaratan yang berlaku;

5.    Pindahkesekolah yang sejajaratau yang tingkatnyalebihtinggisesuaidenganpersyaratanpenerimaansiswapadasekolah yanghendakdimasuki;

6.    Memperolehpenilaianhasilbelajarnya;

7.    Menyelesaikan program pendidikanlebihawaldariwaktu yangditentukan;

8.    Mendapatpelayanankhususbilamanamenyandangcacat.

 

KewajibanWarga Negara danSiswa

Kewajibanberasaldari kata wajib yang berartiharusdilakukanataudiamalkan.Sehinggakewajibanadalahsesuatuyang wajibdilaksanakan.Kewajibanmerupakansesuatu yang harusdilakukanuntukmenjaminhaknyaterpenuhi.

Contoh Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.Maka kewajibansiswa, antara lain menaatiperaturan yangberhubungandenganpendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.

 

Bahasa Indonesia (KD 3. 3 dan 4. 3)

Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi

Langkah-langkahmembuatkesimpulanpadatekseksplanasi

1.    Membaca teks ygakandiringkassecarakeseluruhan.

2.    Temukan pikiran utama dalam setiap paragraf.

3.    Catat pokok pikiran tersebut.

4.    Susun kembali pikiran utama menjadi sebuah kesimpulan.

 

IPS (KD 3. 2 dan 4. 2)

 

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya.Lingkungan manusit terdiri atas .Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.

 

Manusia dengan Lingkungan Alam

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi  duayaitu :

1.    Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam.

2.    Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alams ekitarnya.

 

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan LingkunganAlam

1.    Lingkungan alam di sekitarnya menjadi rusak

2.    Menyebabkan bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.

3.    Keseimbangan ekosistem terganggu.

 

 

 

 

 

 

 

7 comments:

Aishita Anisny Qumairanita said...
This comment has been removed by the author.
fujilestari said...

Nama : naufal fawwaz aryansyah
Hadir, trimksh bu guru untuk materi hari ini.

M.Fadillah CF said...

Assalamu'alaikum Wr Wb
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Terimakasih materinya Bu, tugas via VN sdh dijawab,digroub ya Bu,
Wassalamualaikum

Unknown said...

Assalamualaikum wr wb
Nama:Hasbi Al sadat
Kls:5a
Ket:hadir
Terimakasih Bu untuk materi hari ini saya sudah memahaminya
Waalaikumsalam

Meilia said...

Assalamualikum wrwb.. Queensha Zhafirah Mulia Antonny (Hadir). Terima kasih untuk materi belajar hari ini ya bu guru

Aishita Anisny Qumairanita said...

Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Saya sudah mempelajari materi diatas

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb
Nama:Fairus bahri
Kelas:5a
Hadir bu,dan sudah mempelajari materi hari ini

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Friday,22 November 2024 Grade : VC     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'at  baro...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu