Jum'at,29 Januari 2021
Kelas :VA
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh sholeha VA bagaimana kabarnya di hari Jum'at yang ceria ini
semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta
senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT
aamiin.Sebelum ananda
belajar awali dengan berdoa dahulu.,sima tauziah,sholat dhuha dan
membaca
alquran.Setelah membaca materi ini silahkan ananda beri tanggapan
dikolom komentar
untuk melihat keaktifan dan pemahaman siswa pada materi yang disajikan.
Pembelajaran 5 dan 6
Muatan IPA ( KD 3. 7, 4.7), Bahasa Indonesia (KD 3.5, 4. 5), SBdP (KD 3. 2, 4.2), PPKn ( KD 3. 3, 4.3)
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks, peserta didik dapat mengidentifikasi dampak peristiwa Sumpah Pemuda 1928 secara tepat.
2. Setelah membaca materi, peserta didik dapat menjelaskan peristiwa Kongres Perempuan Indonesia secara benar.
3. Setelah membaca materi, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap dan perilaku yang tepat dalam menghadapi keragaman dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab.
4. Setelah membaca teks, peserta didik dapat mengetahui perpindahan kalor secara tepat.
5. Setelah membaca teks, peserta didik dapat menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo secara benar.
MuatanBahasa Indonesia (KD 3.5, 4. 5)
Mengidentifikasi teks narasi dari dampak peristiwa sumpah pemuda 1928
Dampak Peristiwa
Sumpah Pemuda 1928
Pada
tanggal 28 Oktober 1928, suatu tekad yang sangat penting bagipenguatan konsep
wawasan kebangsaan Indonesia telah diikrarkan. Ikrartersebut merupakan modal
yang sangat berharga bagi terbentuknya Negara kesatuan. Tekad untuk bersatu dan
mengesampingkan alasan-alasan
kedaerahan, kesukuan, keturunan, keagamaan, dan golongan. Namun,persatuan itu
tetap dalam kerangka saling menghormati dan menghargaiperbedaan-perbedaan yang
ada. Kesemuanya bersatu padu dan meleburdalam ikrar Sumpah Pemuda.Sejak
peristiwa Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuandan kebulatan
tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuahikatan kebangsaan.
Pengaruhnya pun sangat besar bagi organisasipergerakan. Organisasi-organisasi
politik yang lahir setelah peristiwaSumpah Pemuda semuanya memakai kata
“Indonesia” dalam namanya.Begitu pun dengan organisasi yang masih bersifat
kedaerahan mulaimemproses untuk bersatu dalam satu wadah, yaitu Organisasi
IndonesiaMuda. Adapun tujuannya adalah untuk mempererat tali persatuan
segenappemuda yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia.
Peristiwa Sumpah Pemuda telah
membawa kesadaran dalam diri setiaporang akan pentingnya persatuan dan kesatuan
dalam sebuah bangsa.Penyatuan berbagai sifat kedaerahan menjadi sifat nasional
terus dilakukan.Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan
sebagai satu bangsa. Rasa inilah yang kemudian menyebabkan timbulnyasemangat
persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan.Suasana hening dan
khidmat ketika laguIndonesia Raya dinyanyikan pada peristiwaSumpah Pemuda 1928.
Terlihat W. R. Supratman dengan gesekan biolanya mengumandangkan lagu Indonesia
Raya. Sementara para pengurus yang terdiri atas enamorang pemuda dan semua
peserta denganpenuh khidmat turut mendengarkan.
Menjelaskan kembali teks narasi dari Kongres pemuda Indonesia
Kongres Perempuan Indonesia
Kongres
Perempuan Indonesia berlangsung tiga kali. Pada tanggal 22 Agustus 1928 di
Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres ini diikuti
berbagai wakil organisasi wanita di antaranya Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar
Dewantara, dan Nona Suyatin. Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan
Indonesia (PPI). Kongres itu juga berhasil merumuskan tujuan mempersatukan
cita-cita dan usaha memajukan wanita Indonesia serta mengadakan gabungan atau perikatan
di antara perkumpulan wanita. Pada tangal 28–31 Desember 1929, PPI mengadakan
kongres di Jakarta dan mengubah nama PPI menjadi PPII
(Perserikatan Perhimpunan Isteri Indonesia). Tanggal 20–24 Juli 1935, diadakan
Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro.
Kongres tersebut membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta
huruf, dan perkawinan.
Kongres Perempuan III berlangsung di Bandung tanggal 23–28 Juli 1938 dipimpin
oleh Ny. Emma Puradireja, membicarakan hak pilih dan dipilih bagi wanita di
badan perwakilan. Dalam kongres tersebut, disetujui RUU tentang perkawinan
modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah dan disepakati tanggal lahir PPI 22
Desember sebagai Hari Ibu.
Muatan IPA ( KD 3. 7, 4.7)
Peristiwa Mengembun dan Menyublim
Selain
peristiwa mencair, membeku, dan menguap, masih terdapat duaperistiwa perubahan
wujud benda. Perubahan wujud benda yang dimaksudadalah mengembun dan
menyublim.Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair.Peristiwa
ini merupakan kebalikan dari peristiwa menguap. Pada waktugas mengembun, gas
melepaskan kalor karena terjadi penurunan suhudi sekitarnya. Peristiwa
sehari-hari yang mudah kamu jumpai antara lain
peristiwa pengembunan yang terjadi di pagi hari. Meskipun pada malamsebelumnya
tidak terjadi hujan, tetapi pada pagi hari, terdapat tetesan airpada tanaman
yang berada di luar. Kamu juga dapat menjumpai beberapatempat terasa lembap
oleh air. Peristiwa mengembun ini terjadi karenauap air dalam udara menyentuh
permukaan seperti permukaan daun ataupermukaan yang lainnya.Menyublim merupakan
peristiwa berubahnya wujud zat padat menjadigas. Mengkristal adalah perubahan
wujud gas menjadi padat. Peristiwa“lenyapnya” kapur barus yang diletakkan di
dalam lemari sering dijadikancontoh peristiwa menyublim. Contoh peristiwa ini
terjadi pada saat uapiodium yang mengkristal menjadi padatan pada saat
didinginkan padasuhu tertentu.
Muatan PPKn ( KD 3. 3, 4.3)
mengidentifikasi sikap dan perilaku yang tepat dalam menghadapi keragaman dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab.
Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh
Dengan
mempelajari sejarah perjuangan bangsa melawan penjajah, khususnya peristiwa
Sumpah Pemuda, banyak pelajaran yang kita petik. Kita menjaditahu bahwa persatuan
dan kesatuan memiliki arti penting dalam kehidupanberbangsa dan
bernegara.Berbagai perlawanan yang bersifat kedaerahan selalu saja gagal
dalammengusir penjajah. Bangsa kita pun mudah diadu domba.Dengan demikian,
tepat kiranya pepatah ”bersatu kita teguh, bercerai kitaruntuh”. Persatuan dan
kesatuan dapat kita wujudkan dengan membinakerukunan di rumah, sekolah, dan
masyarakat. Selain itu, pola hidup gotongroyong juga harus senantiasa dilakukan
oleh asyarakat.
Sekarang, ceritakan sikap dan perilakumu sehari-hari yang sudah menunjukkan
nilai-nilai kerukunan hidup.
Persamaan hak dan kewajiban antara golongan pria dan
wanita dalambidang tertentu merupakan salah satu bentuk penerapan nilai-nilai
SumpahPemuda dan Kongres Perempuan Indonesia. Dalam melakukan kegiatandemi
kepentingan bangsa dan negara, setiap golongan memiliki hak dankewajiban yang
sama. Alasan-alasan yang bersifat kedaerahan, keagamaan,kesukuan, dan golongan
harus dikesampingkan dengan tetap menghormatidan menghargai adanya perbedaan.
Sikap tersebut juga berlaku dalam bidangkebudayaan.Kebudayaan nasional
merupakan hasil dari akal budi seluruh bangsaIndonesia yang terdiri atas
beragam suku bangsa. Bahkan, kebudayaannasional juga diatur dalam UUD 1945,
bahwa “pemerintah memajukankebudayaan nasional Indonesia”. Dengan
demikian, perkembangandan pelestarian kebudayaan nasional menjadi tanggung
jawab seluruhbangsa Indonesia. Mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerahmerupakan
salah satu caranya karena kebudayaan daerah merupakan akar
dari kebudayaan nasional.
Upaya-upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan
nasional yanglain adalah sebagai berikut.
1. Secara terus-menerus diadakan kegiatan pengenalan dan penyebaranbudaya
nasional kepada masyarakat.
2. Kegiatan penggalian situs-situs bersejarah dan pemeliharaan temuantemuan
sejarah harus senantiasa digalakkan.
3. Pengembangan budaya daerah dan nasional melalui pendidikan danpengajaran,
misalnya menjadikan bahasa dan kesenian daerah sebagaimata pelajaran muatan
lokal wajib di sekolah-sekolah.
4. Senantiasa dikembangkan sikap menghormati kebudayaan sendiri dankebudayaan
daerah lain.
5. Mengenal dan mempelajari kebudayaan sendiri yang merupakanwarisan leluhur.
Muatan SBdP (KD 3. 2, 4.2)
Tumbuhkan kesadaran dalam diri untuk cinta tanah air dengan menyanyikan lagu berikut dengan menggunakan tangga nada yang benar. Dan sebagai pemahaman kalian dalam memahami tangga nada
TUGAS
Silahkan Klik link di bawah ini
https://forms.gle/r2fJSFGTSWr1FvWPA
Kegiatan siswa setiap hari
6 comments:
Assalamualaikum wr.wb
Nama:Queensha Zhafirah Mulia Antonny
Kelas:5A
Ket:Hadir
terimakasih bu untuk materi hari ini
Assalamu'alaikum wr Wb
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls 5A
Ket.hadir
Terima kasih materinya Bu
Wassalamualaikum
Assalamu'alaikum wr wb
Nama M Deswan Ali ifrokie
Kls 5A
Ket Hadir
Terimakasih materi hari ini Bu guru
Lintang ni Rabaktanabel Hudariluh sidiq VA hadir
Terima kasih atas materi yang ibu berikan
Aishita Anisny Qumairanita kelas VA hadir
Nama:Ricko abid alfarisyi
Kls:5a
Hadir
Post a Comment