Tuesday, November 26, 2024

Pendidikan Pancasila ,Matematika dan Seni Rupa

 elasa,12 November 2024

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa  yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,Alhamdulillah pembelajatran materi Matematika,Pendidikan Pancasila pada semester 1 ini sudah selesai dan kita akan melanjutkan dengan latihan soa-soal persiapan SAS,sebelum kita melanjutkan kegiatan pembelajarann terlebi dahulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 Berikut Pembahasan soal Matematika


🍄 MATEMATIKA 🍄
 Tujuan Pembelajaran : Peserta didik terbiasa mengerjakanberbagai bentuk soal 

I Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Bilangan delapan puluh tiga ribu delapan ratus empat puluh tujuh dapat ditulis ....
a. 83.487
b. 83.847
c. 83.747
d. 83.884

2. Harga kue cokelat Diandra 32.500 rupiah. Lambang bilangan tersebut dapat dibaca....
a. tiga puluh dua ribu
b. tiga ribu dua lima ratus
c. tiga puluh lima ribu dua ratus
d. tiga puluh dua ribu lima ratus

3. Nilai angka 8 pada bilangan 56.817 adalah ....
a. 800.000
b. 80.000
c. 8.000
d. 800

4. Pertidaksamaan berikut ini yang benar adalah ....
a. 21.953 < 21.950
b. 24.597 < 24.679
c. 27.890 > 27.908
d. 29.890 > 29.908

5. 96.781 – 58.345 = n. Nilai n adalah .... 
a. 38.386
b. 38.406
c. 38.416
d. 38.436

6. 350 x 66 = m. Nilai m adalah ....
a. 22.800
b. 23.100
c. 23.300
d. 23.400
 
7. Hasil dari 65.780 : 26 adalah ….
a. 2.480
b. 2.510
c. 2.515
d. 2.530

8. Lima keranjang memuat 11.450 buah jeruk. Jeruk yang ada di setiap keranjang adalah …. buah.
a. 2.270
b. 2.280
c. 2.290
d. 2.292

9. Bilangan kelipatan 8 tetapi dapat dibagi 4 dan 6  adalah ....
a. 16
b. 18
c. 24
d. 30

10. Bilangan kelipatan persekutuan dari 3 dan 8 yang kurang dari 50 adalah ....
a. 24 dan 48
b. 24 dan 32
c. 36 dan 48
d. 32 dan 48

11. Faktor dari bilangan 12 adalah ….
a. 1, 2, 3, 4, 6, 12
b. 1, 2, 3, 5, 6, 12
c. 1, 3, 4, 6, 8, 12
d. 1, 2, 3, 4, 8, 12

12. Pasangan berikut yang tidak memiliki FPB 5 adalah ….
a. 10 dan 15
b. 10 dan 20
c. 15 dan 20
d. 20 dan 45

13. Faktor prima dari 64 adalah ….
a. 2
b. 2, 3
c. 2, 3, 5
d. 3, 5

14. Faktor persekutuan dari 27 dan 45 adalah ….
a. 1, 3
b. 1, 3, 5
c. 1, 3, 9
d. 1, 3, 5, 9

15. Faktorisasi prima dari 56 adalah  ....
a.2^3 x 7
b. 2 dan 7
c. 1, 2, 4, 7, 8, 14, 28, 56
d. 1, 2, dan 7
 
 II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Angka 1 pada lambang bilangan 61.875 mempunyai nilai tempat
2. Hasil penjumlahan dari 53.128 dengan 26.252 adalah
3. Hasil dari 10.857 : 47 adalah
4. Faktor persekutuan dari 36 dan 48 adalah
5. Faktorisasi prima dari 56 adalah 
6. Lampu A menyala setiap 6 detik. Lampu B menyala setiap 8 detik.
Kedua lampu akan menyala bersama-sama pada detik
7. Selin membeli 20 buah jeruk dan 25 buah apel. Keduanya akan dimasukkan ke dalam keranjang buah sama banyak. Keranjang buah yang diperlukan sebanyak ………………………………….. buah. 
8. 3/4 ......2/3 Tanda pembanding yang tepat untuk mengisi titik-titik di samping adalah...
9. Pecahan  5/6 , 2/3 , dan 6/7 
10. Hasil dari 5 3/8 - 3 1/2 = ..
 
🌼Pendidikan Pancasila🌼
 
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, Penetapan ini didasarkan pada sejarah ketika Presiden Soekarno melakukan pidato yang menyampaikan konsep dasar Pancasila
dalam sidang ....
a. PPKI
b. BPUPKI
c. Piagam Jakarta
d. Kemerdekaan

2. Bunyi Pancasila yang disebutkan oleh Ir. Soekarno dalam pidato tanggal 1 Juni 1945 adalah ….
a. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Perikerakyatan, Kesejahteraan rakyat
b. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Internasionalisme atau perikemanusiaan
Demokrasi, Keadilan
c. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Perikerakyatan, Kesejahteraan
rakyat, Perikebangsaan
d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan
Yang Maha Esa

3. Pancasila disahkah dalam sidang PPKI pada tanggal ....
a. 15 Agustus 1945
b. 16 Agustus 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 18 Agustus 1945

4. Perhatikan nama-nama tokoh berikut ini!
(1) Soekarno
(2) Mohammad Hatta
(3) Mr. A.A. Maramis
(4) Bung Tomo
(5) Abikoesno Tjokrosoejoso
(6) Abdul Kahar Muzakir
(7) Agus Salim
(8) Achmad Soebardjo
(9) Wahid Hasjim
(10) Mohammad Yamin.
Tokoh yang termasuk dalam Panitia Sembilan ditandai dengan nomor ….
a. (1), (2), (3), (4)
b. (3), (4), (5), (6)
c. (4), (5), (7), (8)
d. (7), (8), (9), (10)

5. Bunyi sila yang dilambangkan oleh gambar di bawah ini adalah ....

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1

a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

6. Pengambilan keputusan harus dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama demi kebaikan bersama. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dari pengambilan keputusan, yaitu nilai ....
a. lapang dada
b. berjiwa besar
c. kebersamaan
d. kebebasan mengemukakan pendapat

7. Indonesia memiliki kekayaan berupa keberagaman. Namun, Indonesia tetap memiliki semangat persatuan yang tercermin dalam semboyan negara kita, yaitu ....
a. Pancasila
b. Persatuan Indonesia
c. UUD 1945
d. Bhinneka Tunggal Ika

8. Nilai-nilai keadilan tercermin dalam Pancasila sila ....
a. kedua
b. ketiga
c. keempat
d. kelima

9. Perhatikan gambar berikut ini !

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 2

Kegiatan anak pada gambar merupakan penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan ....
a. rumah
b. sekolah
c. kelas
d. masyarakat

10. Indonesia memiliki keberagaman dalam berbagai aspek. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk-bentuk keberagaman yang ada di Indonesia adalah ....
a. bahasa nasional
b. agama
c. suku
d. rumah adat

11. Pancasila berperan sebagai pembina persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa ....
a. Pancasila hanya ada di Indonesia
b. dengan Pancasila, bangsa Indonesia dapat bersatu
c. keberadaan Pancasila telah ada sejak dulu
d. sila-sila dalam Pancasila merupakan kesatuan yang tidak dapat terpisahkan

12. Sikap berikut ini yang mencerminkan penerapan sila keempat Pancasila di lingkungan sekolah adalah ….
a. melaksanakan doa
b. menjenguk teman yang sakit
c. memberi alat tulis kepada anak
d. memilih ketua kelas

13. Mengutamakan kepentingan dan keselamatan negara daripada kepentingan golongan pribadi atau kelompok, seperti ras, agama, golongan, dan partai merupakan nilai yang terkandung pada sila ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

14. Sikap yang termasuk pengamalan nilai-nilai sila Pancasila yang dilambangkan seperti gambar berikut ini adalah ….

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 3

a. tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil rapat
b. sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa jika diperlukan
c. tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

15. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan merupakan perwujudan pengamalan sila ....
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

16. Tidak merugikan kepentingan umum mencerminkan pengamalan nilai Pancasila, yakni sila ....
a. Persatuan Indonesia
b. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
c. Ketuhanan yang Maha Esa
d. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

17. Dalam memenuhi semua kebutuhan, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Karena itu, manusia disebut sebagai ....
a. makhluk individu
b. makhluk mandiri
c. makhluk sosial
d. makhluk ciptaan Tuhan

18. Pernyataan berikut ini yang tidak menunjukkan tujuan kegiatan gotong royong adalah ….
a. meningkatkan kekompakan sosial.
b. memperkuat dan menjalin persaudaraan
c. meringankan beban pekerjaan.
d. tercipta keadilan sosial

19. Gotong royong memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan cara gotong royong adalah ....
a. piket kelas
b. ujian sekolah
c. kerja bakti
d. membantu korban bencana alam

20. Perilaku saling menolong atau memberi bantuan untuk meringankan beban disebut ....
a. tolong menolong
b. kerja bakti
c. gotong royong
d. persatuan

21. Bentuk tolong-menolong di lingkungan masyarakat adalah ....
a. menjaga kebersihan rumah
b. tidak gaduh ketika pembelajaran berlangsung
c. menolong tetangga yang sedang kesusahan
d. melaksanakan piket kelas

22. Menyayangi dan memperhatikan semua anggota keluarga merupakan bentuk keluarga yang menggambarkan fungsi ....
a. pendidikan
b. cinta kasih
c. perlindungan
d. ekonomi

23. Setiap orang dapat memiliki pendapat yang berbeda mengenal suatu masalah. Jika setiap orang bertekad mempertahankan pendapatnya dan tidak mau menghargai pendapat orang lain, tentu akan terjadi ....
a. persatuan
b. kesatuan
c. perpecahan
d. hidup rukun

24. Istilah "Bhinneka Tunggal Ika' dipetik dari Kitab Sutasoma karya ....
a. Mpu Gandring
b. Mpu Prapanca
c. Mpu Tantular
d. Gajah Mada

25. Ketika pembelajaran di kelas sedang berlangsung, kewajiban murid adalah ....
a. membantu membersihkan papan tulis
b. mendengarkan penjelasan dari guru
c. bermain dengan teman sebangku
d. mengerjakan tugas mata pelajaran lain

26. Aktivitas bekerja sama, tolong-menolong, dan bantu-membantu disebut ....
a. persatuan
b. kesatuan
c. gotong royong
d. interaksi

27. Rumah gadang merupakan rumah adat yang berasal dari ....
a. Sumatra Utara
b. Sumatra Barat
c. Jawa Barat
d. Jawa Timur

28. Perilaku tolong-menolong di lingkungan masyarakat ialah ….
a. membantu merapikan kamar tidur
b. menjaga kebersihan kelas
c. meminjamkan peralatan sekolah kepada teman
d. membantu orang tua menyeberang jalan

29. Satu di antara fungsi keluarga adalah menyiapkan anak agar menjadi anggota masyarakat yang baik. Hal ini disebut fungsi ....
a. pendidikan
b. sosialisasi
c. perlindungan
d. ekonomi

30. Sikap berikut ini yang tidak menunjukkan perilaku menghormati orang yang lebih tua adalah ….
a. mendengarkan nasihat
b. tidak membantah
c. berbicara dengan sopan
d. rekreasi bersama keluarga

31. Suku berikut ini yang mendiami Pulau Kalimantan adalah ....
a. Jawa
b. Batak
c. Dayak
d. Asmat

32. Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 4

Senjata pada gambar di samping berasal dari ....
a. Jawa Tengah
b. Madura
c. Sumatra Utara
d. Papua

33. Bentuk interaksi berikut ini yang tidak dilakukan di sekolah adalah ....
a. membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
b. mengerjakan tugas dan berdiskusi secara berkelompok
c. membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran
d. membersihkan halaman bersama kakak

34. Pada akhir semester nanti, kelas akan mengadakan rekreasi bersama. Ada beberapa teman yang ingin pergi ke kebun binatang. Beberapa teman lain ingin ke pantai. Sebagian lainnya ingin pergi mengunjungi museum. Untuk menentukan tujuan yang akan didatangi sebaiknya mereka melakukan ....
a. tolong-menolong
b. musyawarah
c. hidup rukun
d. toleransi

35. Keragaman alat musik daerah tersebar di berbagai wilayah. 

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 5

Alat musik seperti pada gambar berasal dari ….
a. Sumatra Barat
b. Sumatra Selatan
c. Kalimantan Barat
d. Sulawesi Utara

 

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !

1. Panitia Sembilan menghasilkan rumusan Dasar Negara yang dikenal dengan ………………………..

2. Bunyi sila yang dilambangkan pohon beringin adalah

3. Pancasila juga berperan sebagai dasar dan ideologi negara sekaligus filosofis berbangsa dan bernegara. Karena itulah, setiap peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan ….

4. Sila ketiga Pancasila mengandung nilai …………………………………………………………………….

5. Bangsa Indonesia dikenal dengan budaya gotong royong dalam melakukan berbagai hal. Gotong royong merupakan penerapan sila ……………………………………………………………………………...

6. Sikap dan tindakan masyarakat Indonesia harus senantiasa mencerminkan nilai-nilai Pancasila

Karena ……………………………………………………………………………………………………………...

7. Aktivitas bekerja sama, tolong-menolong, dan bantu-membantu disebut ……………………………….

8. Suasana saling pengertian antara sesama manusia, baik secara individu maupun kelompok,

tanpa terhalang perbedaan suku bangsa, budaya, atau agama disebut …………………………………...

9. Satu di antara fungsi keluarga adalah mengenalkan anak pada nilai-nilai pengetahuan dan

menanamkan nilai-nilai keagamaan. Hal ini disebut fungsi ………………………………………………….

10. Tradisi Marakka' Bola merupakan bentuk penerapan perilaku gotong royong memindahkan rumah yang dilakukan oleh

 

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!

1. Apa yang diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni?

2. Sebutkan bunyi sila-sila Pancasilà secara urut!

3. Jelaskan tujuan kegiatan gotong royong!

4. Tuliskan tiga kebiasaan sehari-hari sebagai bentuk gotong royong di lingkungan sekolah !

5. Sebutkan manfaat menjaga kerukunan di lingkungan keluarga !

 

Kunci Jawaban ROmawi  I

1. b. BPUPKI

2. d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan

Yang Maha Esa

3. d. 18 Agustus 1945

4. d. (7), (8), (9), (10)

5. d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

6. c. kebersamaan

7. d. Bhinneka Tunggal Ika

8. d. kelima

9. d. masyarakat

10. a. bahasa nasional

11. b. dengan Pancasila, bangsa Indonesia dapat bersatu

12. d. memilih ketua kelas

13. c. ketiga

14. c. tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain

15. a. Ketuhanan yang Maha Esa

16. b. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

17. c. makhluk sosial

18. d. tercipta keadilan sosial

19. b. ujian sekolah

20. a. tolong menolong

21. menolong tetangga yang sedang kesusahan

22. b. cinta kasih

23. c. perpecahan

24. c. Mpu Tantular

25. b. mendengarkan penjelasan dari guru

26. c. gotong royong

27. b. Sumatra Barat

28. d. membantu orang tua menyeberang jalan

29. a. pendidikan

30. d. rekreasi bersama keluarga

31. c. Dayak

32. a. Jawa Tengah

33. d. membersihkan halaman bersama kakak

34. b. musyawarah

35. b. Sumatra Selatan

 

Kunci Jawaban Romawi II

1. Piagam Jakarta

2. Persatuan Indonesia

3. nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

4. persatuan, kesatuan, keselamatan bangsa dan negara, serta rasa cinta tanah air

5. ketiga

6. Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

7. gotong royong

8. toleransi

9. keagamaan

10. masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan

 

Kunci Jawaban Room III

1. Yang diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni adalah Hari Lahirnya Pancasila

2. Bunyi sila-sila Pancasilà :

(1) Ketuhanan Yang Maha Esa

(2) Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

(3) Persatuan Indonesia

(4) Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan

(5) Keadilan sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

3. Tujuan kegiatan gotong royong yaitu menumbuhkan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, kekeluargaan

4. Tiga kebiasaan sehari-hari sebagai bentuk gotong royong di lingkungan sekolah :

1. Piket kelas

SELAMAT BELAJAR

 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

KISI-KISI MATEMATIKA DAN SENI RUPA

 Jum'at,29 November 2024 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana k...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu