Senin, 28 April 2025
Kelas : VC
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya
di hari Senin yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan
tetap bersemangat dalam menjalankan kegiatan pada hari ini kita akan
belajar Materi Matematika dan Pembahasa soal-soal Bahasa Indonesia
Seperti biasa,kita akan melaksanakan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
🌼 MATEMATIKA🌼
Metode Pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : VIDEO
Silahkan simak video berikut ini
👎
5 pada bilangan di atas disebut sebagai bilangan pokok. 3 disebut sebagai bilangan pangkat tiga, dan 125 merupakan hasil perpangkatan. Agar lebih jelas, ayo kita simak penjelasan di bawah ini!
Bilangan berpangkat adalah perkalian berulang dengan bilangan itu sendiri sebanyak bilangan pangkat tersebut. Contoh 43 berarti bilangan 4 dikalikan bilangan 4 sebanyak 3 sehingga 43 = 4x4x4 hasilnya adalah 64. Jadi 43 = 64. Contoh yang lain 73 = 7 x 7 x 7 hasilnya adalah 343 jadi 73= 343.
Bilangan kubik adalah bilangan hasil pemangkatan tiga suatu bilangan. Jadi bisa dikatakan bahwa bilangan kubik adalah bilangan hasil perpangkatan tiga. Contoh 23 = 8 jadi 8 adalah bilangan kubik. Contoh lain 53 = 125 jadi 125 adalah bilangan kubik. Tahukah teman-teman bilangan kubik antara 0 sampai 1.000? Coba sebutkan secara urut! 1, 8, 27, 64, 125, 216, 343, 512, 729 dan 1.000. Apakah jawaban teman-teman benar? Coba teman-teman lihat tabel di bawah ini!
No | Bilangan Berpangkat tiga | Bilangan Kubik | Dari tabel disamping dapat kita lihat bahwa , 1, 8, 27, 64, 125, 216, 343, 512, 729 dan 1.000 merupakan bilangan kubik/hasil perpangkatan. |
1 | 13 | 1 | |
2 | 23 | 8 | |
3 | 33 | 27 | |
4 | 43 | 64 | |
5 | 53 | 125 | |
6 | 63 | 216 | |
7 | 73 | 343 | |
8 | 83 | 512 | |
9 | 93 | 729 | |
10 | 103 | 1.000 |
Bagaimana mencari akar pangkat tiga suatu bilangan? Mari kita simak penjelasan berikut!
Bagaimana mencari akar pangkat tiga suatu bilangan? Mari kita simak penjelasan berikut!
Berapakah hasilnya?
Cara cepat mencari akar pangkat tiga:
Cara I
1. Lihatlah bilangan satuannya. Dalam soal ini 6 (jadi bilangan satuannya tetap 6.)
2. Pisahkan 3 angka dari belakang dan lihatlah bilangan yang ada di depannya. Dalam soal ini adalah 17.
3. Carilah bilangan yang apabila dipangkatkan tiga hasilnya mendekati 17 (tidak lebih atau sama dengan 17). Bilangan tersebut yaitu 23 = 8 kita ambil bilangan pokoknya saja yaitu 2
4. Satukan yang dihasilkan pada nomor 3 yaitu 2 dan hasil nomor 1 yaitu 5 berarti hasilnya adalah 26.
TUGAS
👎
Kerjakan soal di bawah ini dengan jelas dan benar !
1. 113
2. 133
3. 153
4. 3√1.728
5. 3√4913
🌷🌷Bahasa Indonesia
TuTujuan Pembelajaran : peserta didik dapat menggunakan imbuhan pe-an dalam sebuah kalimat
Metode Pembelajaran : Diskusi
Media Pembelajaran : VIDEO
Pengertian:
Imbuhan pe-...-an adalah awalan pe- dan akhiran -an yang dibubuhkan pada kata dasar (biasanya kata kerja atau kata sifat) untuk membentuk kata benda.
Fungsi Imbuhan pe-...-an:
Menyatakan tempat berlangsungnya suatu kegiatan.
Contoh:makan → pemakaman → pemakanan (tempat makam)
mandi → pemandian (tempat mandi)
Menyatakan proses atau perbuatan.
Contoh:pilih → pemilihan (proses memilih)
buat → pembuatan (proses membuat)
Menyatakan hal yang bersifat abstrak.
Contoh:percaya → kepercayaan
laku → pelakuan
Menyatakan hasil dari suatu perbuatan.
Contoh:cetak → pencetakan (hasil mencetak atau proses mencetak)
Contoh Kata Berimbuhan pe-...-an:
Kata Dasar | Kata Berimbuhan pe-...-an | Makna |
---|---|---|
ajar | pengajaran | proses mengajar |
pilih | pemilihan | proses memilih |
parkir | perparkiran | tempat parkir |
mandi | pemandian | tempat mandi |
bangun | pembangunan | proses membangun |
Latihan Soal Singkat:
Bentuklah kata berimbuhan pe-...-an dari kata berikut:
a. baca
b. tulis
c. catat
d. kerja
e. ujiGunakan salah satu kata hasil bentukannya dalam kalimat
Demikianlah pembelajaran kita hari ini. Terima kasih atas partisipasi dan perhatiannya. Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya
💚 Refleksi/kesimpulan : alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik sebagian peserta didik dapat memmahami mari dengan baik.
Berikut dokumentasi kegiatannya :
2 comments:
Trimakasi busanti atas foto,dan pembelajarannya
Terimakasih bu atas pelajarannya🙏
Post a Comment