Senin,20 Oktober 2025
Kelas :VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan belajar Matematika Dan penjelasan materi B.indonesia
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🌼 MATEMATIKA🌼
Tujuan Pembeljaran : Peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : PPT dan Karton
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama
Jika kedua pecahan atau lebih memiliki penyebut (angka di bawah garis) yang sama, caranya sangat mudah:
Jumlahkan langsung pembilangnya (angka di atas garis).
Penyebutnya tetap sama.
Rumus:
a/b+c/b=a+c/b
Contoh:
2/5+1/5=2+1/5=3/5
2. Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda
Jika kedua pecahan memiliki penyebut yang berbeda, pecahan tersebut tidak bisa langsung dijumlahkan. Anda harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.
Langkah-langkah:
Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari kedua penyebut untuk dijadikan penyebut baru yang sama (disebut juga penyebut bersama).
- Sesuaikan Pembilang: Bagi KPK dengan penyebut lama masing-masing pecahan, lalu kalikan hasilnya dengan pembilang lama pecahan tersebut.
- Jumlahkan: Setelah penyebutnya sama, jumlahkan kedua pembilang baru, sementara penyebutnya tetap (menggunakan KPK).
0 comments:
Post a Comment