Sunday, October 19, 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,20 Oktober 2025

Kelas :VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan belajar Matematika  Dan penjelasan materi B.indonesia

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

 

🌼 MATEMATIKA🌼

Tujuan Pembeljaran : Peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.

Metode pembelajaran : Demonstrasi 

Media Pembelajaran : PPT dan Karton 

 

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Jika kedua pecahan atau lebih memiliki penyebut (angka di bawah garis) yang sama, caranya sangat mudah:
 

Jumlahkan langsung pembilangnya (angka di atas garis).

 

Penyebutnya tetap sama.

Rumus:

a​/b+c/b​=a+c​/b

Contoh:

2/5​+1/5​=2+1/5​=3/5​

2. Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda

Jika kedua pecahan memiliki penyebut yang berbeda, pecahan tersebut tidak bisa langsung dijumlahkan. Anda harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.

Langkah-langkah:

  1. Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari kedua penyebut untuk dijadikan penyebut baru yang sama (disebut juga penyebut bersama).

  2. Sesuaikan Pembilang: Bagi KPK dengan penyebut lama masing-masing pecahan, lalu kalikan hasilnya dengan pembilang lama pecahan tersebut.
  3. Jumlahkan: Setelah penyebutnya sama, jumlahkan kedua pembilang baru, sementara penyebutnya tetap (menggunakan KPK).


Contoh:

1/2​+3/4 ​= ?

    Cari KPK dari penyebut 2 dan 4. KPK-nya adalah 4.

    Sesuaikan Pembilang:

        Untuk 1/2 ​: 4÷2=2, lalu 2×1=2. Jadi, 1​ /2 menjadi 2/4​.

        Untuk 3/4 ​: 4÷4=1, lalu 1×3=3. Jadi, 3​/4 tetap 3/4​.

    Jumlahkan:
    2/4​+3/4​=2+3/4​= 5​/4


Latihan Soal

1.Hasil dari 3⁄10 + 7⁄10 adalah ....

a.   1
b.    10/20
c.    1/3
d.    1/5
 
2. Hasil dari 3⁄8 + ⅙ adalah = ....
a.4/24
a.    10/24
b.    11/24
c.    13/24


3. Hasil dari  5 4⁄5 + 4 ⅛ adalah ....
 
a.    9 36⁄40
b.    9 37/30
c.    9 28/40
d.    9 29/40

4. Hasil dari 3⁄13 + 5⁄13  + 2⁄13 = ....
a.    9/13
b.    10/13
c.    12/13
d.    14/13
 
5. Hasil dari 2⁄5 + 1⁄4 = …
a.    13/20
b.    14/20
c.    15/20
d.    16/20

 

🌷Bahasa Indonesia🌷 

 

 Perbaikam san pengayaan soal  STS

 

 

SELAMATT BELAJAR 


 

 


0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,20 Oktober 2025 Kelas :VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarn...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu