Kamis,9 Oktober 2025
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk Pembelajaran IPAS dan Pembahasan soal Seni Rupa
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🍄 IPAS🍄
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
Sifat-sifat Cahaya
Cahaya adalah energi yang berbentuk gelombang elektromagnetik dan dapat kita lihat. Cahaya memiliki beberapa sifat utama:
1. Cahaya Merambat Lurus 📏
Cahaya selalu bergerak lurus dari sumbernya.
Contoh: Sinar matahari yang masuk melalui celah jendela akan tampak sebagai garis lurus. Cahaya dari lampu senter juga merambat lurus.
2. Cahaya Dapat Dipantulkan (Refleksi) 🔄
Cahaya akan kembali (dipantulkan) jika mengenai suatu permukaan.
Contoh: Kita bisa melihat bayangan kita di cermin karena cermin memantulkan cahaya yang datang ke arahnya. Jenis pemantulan ada dua:
Pemantulan teratur: Terjadi pada permukaan yang rata dan licin (seperti cermin).
Pemantulan baur/tidak teratur: Terjadi pada permukaan yang kasar (seperti tembok atau air yang beriak), sehingga cahaya dipantulkan ke berbagai arah.
3. Cahaya Dapat Dibiaskan (Refraksi) 〰️
Pembiasan adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya ketika melewati dua medium yang berbeda kerapatannya (misalnya dari udara ke air).
Contoh: Pensil yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air akan terlihat bengkok atau patah. Dasar kolam renang juga terlihat lebih dangkal dari sebenarnya.
4. Cahaya Dapat Menembus Benda Bening 💧
Cahaya dapat melewati benda-benda yang transparan atau bening.
Contoh: Cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui kaca jendela yang bening.
Pembahasan soal-soal seni rupa
1. Dalam mempresentasikan karya seni rupa, penggunaan kosakata seni diperlukan agar
a. Membingungkan pendengar
b. Menunjukkan pengetahuan dan pemahaman seni
c. Membatasi penilaian karya
d. Mengurangi kreativitas
2.Jika seorang siswa menyampaikan bahwa karyanya memiliki warna kontras untuk menarik perhatian, maka kosakata seni yang digunakan adalah …
a. Kontras c. Perspektif
b. Proprorsi d.Irama
3 .Penilaian karya seni rupa yang memperhatikan keaslian ide disebut
a. Kreativitas c. Estetika
b. Teknik d. Fungsi
4. Istilah "komposisi" dalam seni rupa merujuk pada...
a. Pemilihan alat yang digunakan
b. Susunan dan penataan unsur seni rupa
c. Warna dominan dalam karya
d. Teknik pewarnaan
5. Dalam menilai karya seni rupa, kosakata yang tepat digunakan adalah...
a. Asam, manis, pedas
b.Cepat, lambat, ringan
c.Tinggi, rendah, Panjang
d.. Harmonis, kontras, seimbang
6.Tujuan utama penggunaan kosakata seni dalam presentasi karya adalah...
a. Menyampaikan ide secara jelas dan tepat
b. Menentukan harga karya seni
c. Mempercepat proses menggambar
d. Mengurangi jumlah unsur rupa
7. Saat mempresentasikan karya, siswa sebaiknya menggunakan kosakata seni agar...
a. Penjelasan mudah dipahami dan terarah
b. Karya terlihat lebih mewah
c. Warna terlihat lebih jelas
d. Presentasi menjadi singkat
8.Kosakata seni “dinamis” menunjukkan karya yang...
a. Kaku dan tidak bergerak
b. Tenang dan sederhana
c. Memberikan kesan bergerak atau hidup.
d. Sangat realistis
9.Saat siswa menilai karya teman, ia menyebutkan “proporsi wajah sudah tepat”, artinya...
a. Ukuran wajah seimbang dengan bagian lain
b. Warna wajah sesuai aslinya
c. Wajah digambar menggunakan teknik bayangan
d. Gambar wajah menggunakan tekstur kasar
10.Contoh penggunaan kosakata seni dalam penilaian karya adalah...
a. “Karya ini sangat indah dan lucu”
b. “Komposisi warna karya ini harmonis”
c. “Karya ini terlihat mahal sekali”
d. “Gambarnya mirip foto
Refleksi /kesimpulan :A;hamdulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar murid bersemamgat dalam belajar dan memahami materi
dari guru serta mengerjakan latihan soal Seni rupa.Berikut dokumentasi kegiatannya:







0 comments:
Post a Comment