Sunday, October 26, 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,27 Oktober 2025

Kelas : VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi,Hari ini kita akan belajar Matematika Dan Bahasa Indonesia 

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

Tujuan pembelajaran :   Peserta didik dapat melakukan pembagian pecahan dengan bilangan asli

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD                    

 

🌼 MATEMATIKA🌼


1. Pengertian dan konsep dasar
  • Pembagian pecahan: adalah kebalikan dari perkalian pecahan.
  • Untuk membagi pecahan, Anda perlu mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan dari pecahan kedua.
  • Kebalikan pecahan: adalah hasil dari membalik posisi pembilang dan penyebut sebuah pecahan. Contoh: kebalikan dari
    1/21 / 2
    adalah
    2/12 / 1
    .
  • Sebagai contoh, jika ingin membagi
    a/ba / b
    dengan
    c/dc / d
    ,
    maka rumusnya adalah:
    ab÷cd=ab×dc=a×db×ca over b end-fraction divided by c over d end-fraction equals a over b end-fraction cross d over c end-fraction equals the fraction with numerator a cross d and denominator b cross c end-fraction
    .
     
2. Langkah-langkah pembagian pecahan
  1. Ubah bilangan bulat atau pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
  2. Tentukan operasi dan pecahan yang akan dibagi. Misalnya,
    12÷341 over 2 end-fraction divided by 3 over 4 end-fraction
    .
  3. Ubah tanda pembagian menjadi perkalian: dengan membalik pecahan kedua. Jadi,
    12÷341 over 2 end-fraction divided by 3 over 4 end-fraction
    menjadi
    12×431 over 2 end-fraction cross 4 over 3 end-fraction
    .
  4. Kalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Dalam contoh di atas, hasilnya adalah
    1×42×3=46the fraction with numerator 1 cross 4 and denominator 2 cross 3 end-fraction equals 4 over 6 end-fraction
    .
  5. Sederhanakan hasilnya jika perlu. Pecahan
    464 over 6 end-fraction
    bisa disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka yang sama (dalam hal ini 2) menjadi
    232 over 3 end-fraction
    •  .Latihan Soal
    • 1.  Hasil pengerjaan dari 4  :   2 adalah ....
      a. 1,5
      b. 1,75
      c. 2
      d. 2,15

    • 2. Hasil dari 4,5 :  adalah ....
      a. 5,135    
      b. 6,25
      c. 6,75  
      d. 8,25

    • 3. Hasil pembagian dari 3 : 2,6 adalah ....
      a. 1  
      b. 1    
      c. 1      
      d. 1

      4. Jika   x  n  = 2  , maka nilai n adalah ....
      a. 3,85
      b. 4,05
      c. 4,15
      d. 4,5

      5. Hasil dari 4 :  1,25 : 1  adalah ....
      a. 2,75
      b. 2,85
      c. 3
      d. 3,15 
     
    • 🌼Bahasa Indonesia🌼
       
      Kalimat Langsung
      • Definisi: Ucapan yang disampaikan langsung oleh pembicara tanpa perantara atau perubahan. 

    • Ciri-ciri:
      • Menggunakan tanda petik ("..."). 

    • Ditulis dengan huruf kapital di awal kalimat kutipan.
    • Tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), tanda tanya (?), dan tanda seru (!) digunakan di dalam tanda petik. 

    • Contoh: "Saya akan pergi ke pasar sekarang," kata Ibu.
    Kalimat Tidak Langsung
    • Definisi: Kalimat yang menyampaikan kembali ucapan orang lain secara tidak langsung, seperti melaporkannya. 
Ciri-ciri:
  •  Tidak menggunakan tanda petik. 
  • Menggunakan kata hubung seperti "bahwa", "agar", "supaya", dan lainnya.
  • Terjadi perubahan kata ganti orang (misalnya, 'saya' menjadi 'dia'). 
  • Intonasinya cenderung datar.

  • Contoh: Ibu berkata bahwa beliau akan pergi ke pasar sekarang.
Tabel Perbandingan
Ciri
Kalimat Langsung
Kalimat Tidak Langsung
Tanda Baca
Menggunakan tanda petik ("...")
Tidak menggunakan tanda petik
Kata Hubung
Tidak ada
Menggunakan "bahwa", "agar", dll.
Perubahan Kata Ganti
Tidak ada
Terjadi perubahan kata ganti (misalnya, 'saya' menjadi 'dia')
Intonasi
Sesuai dengan ucapan asli
Datar
 
 
 
 
SELAMAT  BELAJAR 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,27 Oktober 2025 Kelas : VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabar...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu