Kamis,2 Oktober 2025
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar sumatif harian 2 IPAS dan Seni Rupa
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
🍄 IPAS🍄
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dpat menjelaskan karakteristik gelombang bunyi
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
Bunyi dapat merambat melalui medium padat, cair, dan gas sebagai gelombang mekanik, namun tidak dapat merambat di ruang hampa. Kecepatan rambat bunyi bervariasi, lebih cepat di medium padat karena partikelnya lebih rapat, lalu di medium cair, dan paling lambat di medium gas. Contoh perambatan bunyi melalui media ini termasuk suara telepon kaleng (padat), bunyi kapal selam (cair), dan suara percakapan sehari-hari (gas).
1. Perambatan Bunyi Melalui Zat Padat
Karakteristik:
Partikel-partikel dalam zat padat tersusun sangat rapat dan teratur dengan gaya tarik-menarik antarmolekul yang kuat.
Kecepatan:
Bunyi merambat paling cepat melalui zat padat karena jarak antarmolekul yang pendek memungkinkan perpindahan energi lebih cepat.
Contoh:
Suara dapat terdengar jelas ketika dua batu dibenturkan dalam air, atau saat bermain telepon kaleng dihubungkan dengan benang.
2. Perambatan Bunyi Melalui Zat Cair
Karakteristik:
Bunyi juga dapat merambat melalui medium cair, meskipun tidak secepat pada zat padat.
Kecepatan:
Kecepatan rambat bunyi lebih cepat dibandingkan medium gas karena partikel cair lebih padat daripada partikel gas.
Contoh:
Penggunaan sonar di bidang kelautan untuk mengukur kedalaman laut adalah contoh pemanfaatan perambatan bunyi melalui air.
3. Perambatan Bunyi Melalui Zat Gas
Karakteristik: Udara (gas) merupakan medium rambatan bunyi yang kita alami sehari-hari.
Kecepatan: Bunyi merambat paling lambat melalui gas karena partikel-partikel gas memiliki jarak antarmolekul yang lebih jauh dan gerakan yang lebih bebas.
Contoh: Suara percakapan atau musik dapat terdengar melalui udara. Namun, bunyi tidak dapat terdengar di ruang hampa seperti di luar angkasa karena tidak ada medium yang bisa merambatkan gelombang bunyi.
🌷Seni Rupa 🌷
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menghubungkan pengetahuan dari mata pelajaran lain dengan seni rupa
Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (PBL)
Alat Peraga : LCD
Materi Ajar
1. Seni Rupa dan Ilmu Pengetahuan
· Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba, misalnya gambar, lukisan, patung, poster, batik.
· Seni rupa sering berhubungan dengan pelajaran lain, karena karya seni bisa digunakan untuk menyampaikan pengetahuan.
2. Contoh Hubungan Seni Rupa dengan Pelajaran Lain
· IPA: menggambar siklus air, ilustrasi bagian tubuh manusia, poster menjaga lingkungan.
· Matematika: membuat motif batik dari bangun datar, menggambar simetri lipat, membuat grafik dengan ilustrasi.
· IPS: menggambar peta daerah, rumah adat, pakaian tradisional, kenampakan alam.
· Bahasa Indonesia: membuat ilustrasi untuk cerita rakyat, menggambar isi puisi, membuat komik dari cerita.
3. Langkah Menghubungkan Pengetahuan dengan Seni Rupa
1. Ingat pelajaran lain yang sudah dipelajari.
2. Pilih materi yang menarik (misalnya siklus air dari IPA).
3. Tentukan bagaimana materi itu bisa digambar (misalnya awan, hujan, sungai, laut).
4. Buat sketsa sederhana.
5. Selesaikan karya dengan warna, bentuk, dan detail.
4. Manfaat Menghubungkan Ilmu dengan Seni Rupa
· Mempermudah mengingat materi pelajaran lain.
· Membuat pembelajaran lebih menarik.
· Melatih kreativitas dengan menggabungkan ilmu dan seni.
· Membantu mengekspresikan gagasan melalui visual.
✨ Ringkasan
· Seni rupa bisa terhubung dengan pelajaran lain seperti IPA, Matematika, IPS, dan Bahasa Indonesia.
· Pengetahuan dari pelajaran lain bisa menjadi inspirasi dalam berkarya seni rupa.
· Menghubungkan seni dan ilmu membuat pembelajaran lebih kreatif, menyenangkan, dan bermakna.
Soal Pilihan Ganda
-
Dalam pelajaran matematika, pengetahuan tentang bangun datar dapat membantu dalam seni rupa untuk…a. Menentukan warna gambarb. Menggambar pola dan bentuk dengan tepatc. Memilih tema karya senid. Menentukan makna karya seni
-
Pengetahuan IPA tentang daur air dapat dihubungkan dengan seni rupa dengan cara…a. Menggambar pola simetrib. Membuat poster tentang pentingnya menjaga airc. Menentukan bahan karya seni dari plastikd. Membuat karya seni berdasarkan rumus matematika
-
Sejarah dapat menjadi inspirasi seni rupa, contohnya adalah…a. Menggambar pemandangan gunungb. Membuat lukisan tentang pahlawan kemerdekaanc. Mendesain bangunan sekolah barud. Membuat gambar tentang olahraga
-
Dalam pembuatan poster lingkungan, pelajaran bahasa Indonesia dibutuhkan untuk…a. Menentukan jenis cat yang dipakaib. Menghitung luas kertas yang digunakanc. Menulis slogan yang jelas dan mudah dipahamid. Menggambar garis perspektif
-
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dapat dihubungkan dengan seni rupa melalui…a. Membuat karya seni tentang kehidupan masyarakat sehari-harib. Menggambar rumus-rumus kimiac. Membuat sketsa alat musik modernd. Menyusun puisi tentang pahlawanRefleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar murid dapat mengikuti pembelajarn dan memahami materi dengan baik
0 comments:
Post a Comment