Monday, October 27, 2025

MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA

 Selasa,28 Oktober 2025

Kelas : VA

 


Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan belajar Matematika ke 1 Dan penjelasan materi Pendidikan Pancasila

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

 

🌼 MATEMATIKA🌼

Tujuan pembelajaran :   Peserta didik dapat melakukan pembagian pecahan dengan bilangan asli

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD                    

 

🌼 MATEMATIKA🌼


1. Pengertian dan konsep dasar
  • Pembagian pecahan: adalah kebalikan dari perkalian pecahan.
  • Untuk membagi pecahan, Anda perlu mengalikan pecahan pertama dengan kebalikan dari pecahan kedua.
  • Kebalikan pecahan: adalah hasil dari membalik posisi pembilang dan penyebut sebuah pecahan. Contoh: kebalikan dari
    adalah
    .
  • Sebagai contoh, jika ingin membagi
    dengan
    ,
    maka rumusnya adalah:
    .
     
2. Langkah-langkah pembagian pecahan
  1. Ubah bilangan bulat atau pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
  2. Tentukan operasi dan pecahan yang akan dibagi. Misalnya,
    .
  3. Ubah tanda pembagian menjadi perkalian: dengan membalik pecahan kedua. Jadi,
    menjadi
    .
  4. Kalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Dalam contoh di atas, hasilnya adalah
    .
  5. Sederhanakan hasilnya jika perlu. Pecahan
    bisa disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka yang sama (dalam hal ini 2) menjadi
    •  .Latihan Soal
    • 1.  Hasil pengerjaan dari 4 : 2/3 adalah ....
      a. 1,5
      b. 1,75
      c. 2
      d. 6

    • 2. Hasil dari 4/5 : 1/5 adalah ....
      a. 3  
      b. 4
      c. 5
      d. 6

    • 3. Hasil pembagian dari 3 : 2/3 adalah ....
      a. 4 1/2
    • b. 4 2/3     
      c. 4 1/4     
      d. 4 1/5

      4. Jika   4  x  n  = 2  , maka nilai n adalah ....
      a. 1/2 
      b. 1/3
      c. 1/4
      d. 1/5

      5. Hasil dari 4: 1/4  adalah ....
      a. 2
      b. 4
    • c. 8
      d. 16
     
  • 🌷Pendidikan Pancasila🌷  

    Tujuan Pembelajaran :Murid dapat  menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari hasil identifikasi bebtuk-bentuk norma,hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai   anggota keluarga dan warga sekolah 

     

     Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (PBL)

     Alat Peraga                : LCD


  • Materi Pendidkan Pancasila

    . Hubungan antara Norma, Hak, dan Kewajiban dalam Kehidupan Sehari-hari

    ·         Norma menjadi dasar agar pelaksanaan hak dan kewajiban berjalan seimbang.

    ·         Hak harus diterima, tetapi hanya bisa berjalan baik jika kita melaksanakan kewajiban.

    ·         Tanpa norma, hak dan kewajiban bisa menimbulkan benturan antaranggota keluarga atau antarwarga sekolah.

    Contoh Hubungan Norma, Hak, dan Kewajiban

    Di Keluarga

    • Norma: Anak harus menghormati orang tua.

    • Hak: Anak berhak mendapatkan kasih sayang dan perlindungan dari orang tua.

    • Kewajiban: Anak wajib membantu orang tua dan menaati nasihat mereka.

    • Di Sekolah

      • Norma: Siswa harus mematuhi tata tertib sekolah.

      • Hak: Siswa berhak mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru.

      • Kewajiban: Siswa wajib belajar dengan sungguh-sungguh dan menjaga ketertiban.

      • Hubungan: Saat siswa menaati norma sekolah (misalnya disiplin), mereka dapat menjalankan kewajiban belajar, lalu memperoleh hak berupa pengetahuan.

      • Di Masyarakat

        • Norma: Warga harus menjaga kebersihan lingkungan.

        • Hak: Warga berhak tinggal di lingkungan yang sehat.

        • Kewajiban: Warga wajib ikut kerja bakti membersihkan lingkungan.

        • Hubungan: Jika warga menjalankan kewajiban menjaga kebersihan sesuai norma, maka hak semua orang untuk hidup di lingkungan sehat dapat terwujud.

    👉 Kesimpulan: Norma, hak, dan kewajiban saling terkait. Kita bisa memperoleh hak jika menjalankan kewajiban dengan mematuhi norma.

    Soal Latihan

    1. Aturan atau ketentuan yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari disebut __________.

    2. Setiap anak berhak mendapatkan kasih sayang dari orang tua, sedangkan kewajiban anak adalah __________ orang tua.

    3. Di sekolah, siswa berhak mendapatkan ilmu dari guru, namun juga berkewajiban untuk __________ dengan sungguh-sungguh.

    4. Jika warga menaati norma menjaga kebersihan lingkungan, maka hak yang diperoleh adalah __________.

    5. Norma di rumah mengajarkan anak untuk __________ orang tua dan kakak.

    6. Hak dan kewajiban akan berjalan dengan baik apabila setiap orang mematuhi __________ yang berlaku.

    7. Salah satu kewajiban siswa di sekolah adalah mematuhi __________ sekolah.

    8. Di masyarakat, kewajiban warga adalah ikut __________ agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

    9. Jika kita tidak melaksanakan kewajiban, maka hak kita akan __________.

    10. Hak, kewajiban, dan norma saling berhubungan karena dengan melaksanakan kewajiban sesuai norma, kita akan memperoleh __

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA

 Selasa,28 Oktober 2025 Kelas : VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kaba...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu