Senin,5 oktober 2025
Kelas : VA
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi,Hari ini kita akan belajar Matematika Dan Bahasa Indonesia
Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus
Yuk kita mulai belajar !
Tujuan pembelajaran : Murid dapat mengurutkan pecahan serta menyelesaikan soal cerita yang melibatkan perbandingan dan pengurutan pecahan.
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
🌼 MATEMATIKA🌼
Langkah-langkah Mengurutkan Pecahan
1. Identifikasi Pecahan:
Perhatikan pecahan-pecahan yang akan diurutkan.
2. Samakan Penyebut:
Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari semua penyebut.
Ubah setiap pecahan menjadi pecahan senilai yang memiliki penyebut sama dengan KPK tersebut.
Contoh: Mengubah 1/2, 2/3, 3/4.
KPK dari 2, 3, 4 adalah 12.
1/2 menjadi 6/12 (karena 2 x 6 = 12 dan 1 x 6 = 6).
2/3 menjadi 8/12 (karena 3 x 4 = 12 dan 2 x 4 = 8).
3/4 menjadi 9/12 (karena 4 x 3 = 12 dan 3 x 3 = 9).
3. Bandingkan Pembilang:
Setelah penyebutnya sama, bandingkan pembilangnya untuk menentukan urutan pecahan.
Pecahan dengan pembilang terkecil adalah pecahan yang paling kecil.
Pecahan dengan pembilang terbesar adalah pecahan yang paling besar.
4. Urutkan Pecahan:
Susun pecahan berdasarkan urutan pembilangnya, baik dari yang terkecil ke terbesar (menaik) atau sebaliknya (menurun).
Contoh: 1/2, 2/3, 3/4 menjadi 6/12, 8/12, 9/12. Jadi, urutan dari terkecil ke terbesar adalah 1/2, 2/3, 3/4.
Alternatif Lain (Mengubah ke Desimal)
Anda juga bisa mengurutkan pecahan dengan mengubahnya ke bentuk bilangan desimal terlebih dahulu.
Ubah ke Desimal: Bagi pembilang dengan penyebut untuk mendapatkan nilai desimalnya.
Urutkan Desimal: Urutkan bilangan desimal dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya, lalu sesuaikan kembali ke bentuk pecahan aslinya.
Contoh: Urutkan 1/2, 2/3, 3/4.
1/2 = 0,5
2/3 ≈ 0,667
3/4 = 0,75
Urutan dari terkecil adalah 1/2, 2/3, 3/4
🌺Bahasa Indonesia 🌺
|
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat mengenali struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur. Ciri-Ciri Teks Prosedur
SELAMAT BELAJAR Refleksi/kesimpulan : Alhamsulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar murid dapan memahami materi pecahan melalui latihan soal-soal yang terkait dengan materi tersebut. Berikut dokumentasi kegiatannya : |




0 comments:
Post a Comment