Sunday, October 05, 2025

MATEMATIKAKA DAN BAHASA INDONESIA

 Senin,5 oktober 2025

Kelas : VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi,Hari ini kita akan belajar Matematika Dan Bahasa Indonesia 

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

Tujuan pembelajaran :    Murid dapat mengurutkan pecahan serta menyelesaikan soal cerita yang melibatkan perbandingan dan pengurutan pecahan.

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD                    

 

🌼 MATEMATIKA🌼

 
Langkah-langkah Mengurutkan Pecahan

    1. Identifikasi Pecahan:
    Perhatikan pecahan-pecahan yang akan diurutkan. 

2. Samakan Penyebut:

    Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari semua penyebut. 

Ubah setiap pecahan menjadi pecahan senilai yang memiliki penyebut sama dengan KPK tersebut. 
Contoh: Mengubah 1/2, 2/3, 3/4.

    KPK dari 2, 3, 4 adalah 12. 

1/2 menjadi 6/12 (karena 2 x 6 = 12 dan 1 x 6 = 6). 
2/3 menjadi 8/12 (karena 3 x 4 = 12 dan 2 x 4 = 8). 
3/4 menjadi 9/12 (karena 4 x 3 = 12 dan 3 x 3 = 9). 

3. Bandingkan Pembilang:
Setelah penyebutnya sama, bandingkan pembilangnya untuk menentukan urutan pecahan. 

    Pecahan dengan pembilang terkecil adalah pecahan yang paling kecil. 

Pecahan dengan pembilang terbesar adalah pecahan yang paling besar. 

4. Urutkan Pecahan:
Susun pecahan berdasarkan urutan pembilangnya, baik dari yang terkecil ke terbesar (menaik) atau sebaliknya (menurun). 

    Contoh: 1/2, 2/3, 3/4 menjadi 6/12, 8/12, 9/12. Jadi, urutan dari terkecil ke terbesar adalah 1/2, 2/3, 3/4. 

Alternatif Lain (Mengubah ke Desimal)
Anda juga bisa mengurutkan pecahan dengan mengubahnya ke bentuk bilangan desimal terlebih dahulu. 

    Ubah ke Desimal: Bagi pembilang dengan penyebut untuk mendapatkan nilai desimalnya. 

Urutkan Desimal: Urutkan bilangan desimal dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya, lalu sesuaikan kembali ke bentuk pecahan aslinya. 

    Contoh: Urutkan 1/2, 2/3, 3/4.
        1/2 = 0,5
        2/3 ≈ 0,667
        3/4 = 0,75


        Urutan dari terkecil adalah 1/2, 2/3, 3/4

 

🌺Bahasa Indonesia 🌺

 

 

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat mengenali struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur.

 Ciri-Ciri Teks Prosedur

    Menggunakan Kalimat Perintah:

  •     Teks ini berisi instruksi langsung, seperti "Masukkan air..." atau "Tekan tombol...".
  •     Menggunakan Kata Kerja Aktif:
  •     Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan, seperti "mengaduk", "memotong", atau "menyalakan". 
  • Ada Panduan yang Harus Dilakukan:
  • Teks prosedur memberikan petunjuk yang harus diikuti oleh pembaca. 
  • Menggunakan Kata Penghubung (Konjungsi):
  • Kata seperti "kemudian", "lalu", "selanjutnya", atau "pertama" digunakan untuk mengurutkan langkah-langkah kegiatan. 
  • Ada Alat dan Bahan:
  • Teks prosedur seringkali memuat daftar alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat atau melakukan sesuatu, seperti dalam resep masakan. 
  • Tahap Kegiatan yang Berurutan:
  • Langkah-langkah disajikan secara berurutan agar mudah diikuti dan tidak ada langkah yang terlewat. 
  • Fungsi Teks Prosedur 
  •     Memberikan petunjuk cara melakukan atau membuat sesuatu.
  •     Memandu pembaca agar bisa melakukan sesuatu dengan cara yang benar.
  •     Membantu pembaca mencapai tujuan yang diharapkan. 
  • Jenis-Jenis Teks Prosedur 
  •     Cara Membuat:
  •     Memberikan petunjuk langkah-langkah untuk menciptakan suatu benda atau makanan, misalnya resep masakan.
  •     Cara Melakukan:
  •     Menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan suatu kegiatan, contohnya cara melakukan senam atau gerakan tari.
  •     Cara Menggunakan/Memainkan:
  •     Memberikan instruksi untuk mengoperasikan alat atau menggunakan suatu benda, seperti cara menggunakan komputer atau memainkan alat musik.
SELAMAT BELAJAR 
Refleksi/kesimpulan : Alhamsulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar murid dapan memahami materi  pecahan melalui latihan soal-soal yang terkait dengan materi tersebut.
Berikut dokumentasi kegiatannya :
 


0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Jum'at,28  November 2035 Kelas : VA       السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu