Monday, October 06, 2025

PEMBAHASAN SOAL- SOAL MATEMATIKA DAN P.PANCASILA

 Selasa ,7 Oktober 2025

 Kelas : VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Selasa yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan melaksanakan kegiatan pembahasan soal-soal persiapa STS materi Matematika dan Pendididkan Pancasila.

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

 

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA 

 

Tuhuan pembelajaran : Dengan membahas berbagai soal dapat melatih murid lebih terampil dalam mengerjakan berbagai bentuk soal

Metode Pembelajaran: Tanya Jawab

Media                        : LCD 

 

1. Faktorisasi prima dari 24 adalah ....
2. FPB dari 20 dan 25 adalah ....

3. Faktor persekutuan dari 27 dan 45 adalah  adalah ….
4. Faktor prima dari 20 adalah

5.Urutan bilangan dari terkecil ke terbesar: 20.892, 20.829, 20.982, 20.298 adalah …

6. Hasil dekomposisi dari 52.408 adalah …7. 12 + 20 x 5 =
8.Seorang pedagang menjual kulkas seharga Rp 3.500.000. Jika pembeli membayar Rp4.000.000, maka kembalian yang diterima pembeli adalah … 

9.Tuliskan kelipatan dari 6 yang kurang dari 20 !..

10Tentukan KPK dan FPB dari 40 dan 60 !

 

PEMBAHASAN SOAL PENDIDIKAN PANCASILA 

 

1.Pada awal tahun 1945, Jepang membentuk sebuah badan untuk menyelidiki dasar negara Indonesia. Badan ini disebut BPUPKI. Sidang pertama dilaksanakan pada 29 Mei – 1 Juni 1945 dan dipimpin oleh seorang tokoh bangsa Indonesia yang disegani. Beliau adalah seorang dokter, pejuang, sekaligus politisi yang ditunjuk sebagai ketua BPUPKI.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, siapakah tokoh yang dimaksud sebagai ketua BPUPKI?
A. Ir. Soekarno
B. Mohammad Yamin
C. Drs. Mohammad Hatta
D. Dr. Rajiman Wedyodiningrat


2. Dalam sidang BPUPKI, para tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Yamin. dan Mr. Soepomo menyampaikan usulan dasar negara. Walaupun usulan mereka berbeda-beda, mereka tetap berdiskusi dengan semangat persatuan, saling menghargai, dan mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.
Sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
A.Berani berdebat untuk memenangkan pendapat pribadi
B.Mengutamakan persatuan dan saling menghargai pendapat
C.Menyampaikan usulan tanpa memikirkan kepentingan bangsa
D. Memaksakan gagasan agar diakui semua orang


3. Dalam sidang perumusan dasar negara, para tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Mohammad Yamin, dan Mr. Soepomo berdiskusi dengan sungguh-sungguh. Mereka berbeda pendapat, tetapi tetap sabar mendengarkan, tidak saling memotong pembicaraan, dan berusaha mencari jalan tengah demi kepentingan bangsa Indonesia.
Sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….

A. Saling menghargai dan mengutamakan persatuan
B  Mengutamakan kepentingan kelompok sendiri
C. Memaksakan pendapat agar diterima orang lain
D. Menyalahkan pendapat yang berbeda

 

4.Dalam sidang BPUPKI, para tokoh bangsa bekerja sama menyampaikan pendapat dan menyusun dasar negara. Walaupun berbeda gagasan, mereka tetap bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama, yaitu merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
Apakah Manfaat sikap gotong royong yang ditunjukkan para perumus Pancasila dalam ilustrasi tersebut adalah ….
A. Mempercepat tercapainya tujuan bersama
B. Membuat semua pendapat diterima tanpa diskusi
C. Menumbuhkan sikap saling menjatuhkan
D. Menyebabkan perdebatan semakin Panjang 


5. Gambar tersebut menunjukkan pelaksanaan salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. Nilai yang paling sesuai dengan kegiatan dalam gambar adalah ….

A. Ketuhanan Yang Maha Esa 
B. Persatuan Indonesia
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


6. Ani sedang mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Setelah Ani selesai, semua teman-teman memberikan tepuk tangan sebagai tanda menghargai usahanya. Budi pun memuji Ani dengan berkata, “Presentasimu sangat bagus, Ani!”.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, contoh perilaku menghargai di sekolah adalah ….
A Menyela presentasi teman agar lebih cepat selesai
B. Mengabaikan penjelasan teman karena tidak menarik
C. Menertawakan teman yang salah dalam presentasi
D. Memberi tepuk tangan dan pujian setelah teman selesai presentasi

Tabel Pengamalan Sila Kedua Pancasila (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
No    Contoh Sikap di Sekolah
1    Menolong teman yang jatuh di halaman sekolah
2    Mengejek teman yang tidak bisa menjawab soal
3    Memberikan kesempatan teman berpendapat dalam diskusi
4    Mengucilkan teman karena berbeda agama


7..Berdasarkan tabel di atas, contoh perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila adalah ….
A.      1 dan 2                          B.  2 dan 4
B.     1 dan 3                           D. 3 dan 4


8..Di sebuah sekolah, siswa-siswi berasal dari berbagai daerah dan agama yang berbeda. Mereka tetap rukun, saling menghargai, dan bekerja sama saat mengadakan pentas seni. Walaupun berbeda, mereka tetap bersatu demi kesuksesan acara sekolah.
Perilaku pada ilustrasi tersebut sesuai dengan sila Pancasila yang berbunyi ….
A.    Ketuhanan Yang Maha Esa
B.   Kemanusiaan yang adil dan berada

C.   Persatuan Indonesia

D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan


9. Perhatikan gambar berikut
Berdasarkan gambar, tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut mencerminkan pengamalan sila ketiga Pancasila. Sikap manakah yang paling tepat menggambarkan nilai sila ketiga yang ditunjukkan dalam gambar?
A. Menjaga kebersihan lingkungan karena ingin mendapatkan pujian guru.
B. Bekerja sama tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan latar belakang.
C. Mengutamakan teman sebangsa sendiri dan mengabaikan teman dari suku lain.
D. Menolak bekerja sama dengan teman yang berbeda pendapat

10.Di sebuah sekolah, semua siswa mendapat kesempatan yang sama untuk menggunakan fasilitas perpustakaan. Tidak ada yang dibeda-bedakan, baik siswa yang pintar maupun yang masih perlu bimbingan, semuanya boleh meminjam buku.
Makna sila kelima Pancasila yang tercermin dalam ilustrasi tersebut adalah 
A. Menjaga persatuan dengan saling menghormati
B. Menghargai perbedaan keyakinan antar teman
C. Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh warga sekolah
D. Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah Bersama

11.Setiap pagi sebelum belajar dimulai, siswa-siswi di sekolah melaksanakan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Mereka berdoa dengan khidmat tanpa saling mengganggu
Perilaku tersebut mencerminkan pengamalan sila pertama Pancasila, yaitu ….
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Persatuan Indonesia
C. Kemanusiaan yang adil dan beradab
D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam  permusyawaratan/perwakilan

12.Di kelas, guru meminta siswa untuk bermusyawarah menentukan ketua kelas. Setiap siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Rina mengangkat tangan terlebih dahulu sebelum berbicara, sementara teman-temannya mendengarkan dengan tertib tanpa memotong pembicaraan.
Sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam menyampaikan pendapat adalah ….
A.  Diam saja karena tidak berani berbeda pendapat
B. Memaksakan pendapat agar semua teman setuju
C. Menyela pembicaraan teman agar pendapatnya lebih dulu didengar
D. D Menyampaikan pendapat dengan sopan dan menghargai giliran teman



SELAMAT BELAJAR

Refleksi/kesimpulan: Alhamdulillah spasi pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan soal pembahasan latihan matematika dan pendidikan Pancasila dengan baik titik.
 Berikut dokumentasi kegiatannya:







0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Jum'at,28  November 2035 Kelas : VA       السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu