Monday, November 11, 2024

MATEMATIKA,PENDIDIDKAN PANCASILA.SENI RUPA

 Selasa,12 November 2024

Kelas : VC

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VC,bagaimana kabarnya di hari Selasa  yang ceria ini semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat,Alhamdulillah kemarin pada pembelajaran materi pembagian pecahan  sebagian besar peserta didik bisa memahami dengan baik,dan  pada hari ini kita akan melanjutkan materi mengubah pecahan biasa ke bentuk persen dilanjutkan  pembelajaran Pendidikan Pancasila serta Seni Rupa

Seperti biasa sebelum belajar kita  melaksanakan kegiatan menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus


🍄 MATEMATIKA 🍄
 Penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan Desimal
 
♦️Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengubah pecahan biasa kebentuk persen dan sebaliknya
♦️Model  Pembelajaran :Diskusi
♦️ Alat Peraga                   : PPT

Mengubah Pecahan Biasa ke Persen

Persen adalah cara lain untuk menyatakan bagian dari keseluruhan, di mana keseluruhannya dianggap sebagai 100 bagian.

Cara Mengubah:

  1. Kalikan Pembilang dengan 100: Angka di atas garis pecahan (pembilang) kita kalikan dengan 100.
  2. Bagi Hasil dengan Penyebut: Hasil perkalian tadi kemudian kita bagi dengan angka di bawah garis pecahan (penyebut).
  3. Tambahkan Tanda Persen: Hasil akhir yang kita dapatkan, kita tambahkan tanda persen (%).

Contoh:

Ubahlah pecahan 3/4 menjadi persen.

  • Kalikan pembilang dengan 100: 3 x 100 = 300
  • Bagi hasil dengan penyebut: 300 ÷ 4 = 75
  • 3/4 x 100 % =300/4  % = 75 %
  • Tambahkan tanda persen: 75%

Jadi, pecahan 3/4 sama dengan 75%.

Mengapa Kita Mengalikan dengan 100?

Karena persen itu artinya per seratus. Jadi, ketika kita mengalikan pembilang dengan 100, kita sebenarnya sedang mencari berapa bagian dari 100 yang setara dengan pecahan tersebut.

Rumus Singkat:

(Pembilang/Penyebut) x 100%

Kenapa Kita Perlu Mengubah Pecahan ke Persen?

  • Lebih Mudah Dibandingkan: Persen seringkali lebih mudah dipahami dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan pecahan.
  • Standarisasi: Persen memberikan standar perbandingan yang sama untuk berbagai jenis data.
  • Visualisasi: Persen sering digunakan dalam grafik dan diagram untuk mempermudah visualisasi data.

Contoh Penggunaan dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Diskon harga: Barang diskon 20% artinya harganya dikurangi sebesar 20% dari harga awal.
  • Tingkat keberhasilan: Jika seseorang menjawab benar 8 dari 10 soal, maka tingkat keberhasilannya adalah 80%.
  • Pertumbuhan populasi: Peningkatan populasi sebesar 5% artinya jumlah penduduk bertambah sebesar 5% dari jumlah sebelumnya.

Intinya:

Mengubah pecahan ke persen adalah keterampilan dasar dalam matematika yang sangat berguna dalam berbagai situasi. Dengan memahami konsep ini, kamu akan lebih mudah menganalisis data dan informasi yang disajikan dalam bentuk persen.

Latihan soal :

 

1.         Ubahlah pecahan 2/5 menjadi persen.

2.        Berapa persenkah pecahan ¾

3.       Nyatakan pecahan 7/10 dalam bentuk persen.

4.         Ubahlah pecahan 1/20 menjadi persen.

5.       Berapa persenkah pecahan 9/25?

🍀Pendidikan Pancasila🍀

Norma: Aturan yang Menuntun Kita

Tujuan Pembelajaran :Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, Menumbuhkan rasa peduli dan toleransi bagi peserta didik

Apa itu Norma?

Norma adalah aturan atau pedoman hidup yang disepakati bersama dalam suatu masyarakat. Norma ini berfungsi untuk mengatur perilaku manusia agar hidup menjadi teratur, aman, dan nyaman. Norma bisa berupa aturan tertulis (seperti undang-undang) atau tidak tertulis (seperti kebiasaan).

Jenis-jenis Norma

  1. Norma Agama: Aturan yang berasal dari ajaran agama. Contoh: Perintah untuk beribadah, larangan berbohong.
  2. Norma Kesusilaan: Aturan yang bersumber dari hati nurani manusia. Contoh: Jujur, bertanggung jawab, tolong menolong.
  3. Norma Kesopanan: Aturan yang berkaitan dengan tata krama dan sopan santun dalam berinteraksi dengan orang lain. Contoh: Menyapa orang yang lebih tua, meminta izin sebelum masuk ruangan.
  4. Norma Hukum: Aturan tertulis yang dibuat oleh pemerintah dan memiliki sanksi jika dilanggar. Contoh: Undang-undang lalu lintas, undang-undang pendidikan.

Fungsi Norma

  • Menjaga ketertiban: Norma membuat masyarakat hidup teratur dan tidak semrawut.
  • Melindungi hak dan kewajiban: Norma melindungi hak setiap individu dan mengatur kewajiban yang harus dilakukan.
  • Menciptakan keamanan: Norma mencegah terjadinya konflik dan menciptakan lingkungan yang aman.
  • Menjaga kelangsungan hidup bersama: Norma memperkuat hubungan sosial dan mempererat tali persaudaraan.

Contoh Norma dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Di Sekolah: Menaati tata tertib sekolah, menghormati guru dan teman, mengerjakan tugas.
  • Di Rumah: Membantu orang tua, menjaga kebersihan rumah, belajar dengan rajin.
  • Di Masyarakat: Mengikuti kegiatan gotong royong, menjaga kebersihan lingkungan, menaati peraturan lalu lintas.

Mengapa Kita Harus Menaati Norma?

  • Agar hidup menjadi lebih baik: Norma membantu kita hidup rukun dan damai dengan orang lain.
  • Menghindari masalah: Melanggar norma dapat menimbulkan masalah bagi diri sendiri maupun orang lain.
  • Menjadi warga negara yang baik: Dengan menaati norma, kita menunjukkan bahwa kita adalah warga negara yang bertanggung jawab.

Kesimpulan

Norma sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan memahami dan menaati norma, kita dapat hidup bermasyarakat dengan baik dan menciptakan lingkungan yang harmonis.

Yuk, kita jadikan norma sebagai pedoman hidup kita sehari-hari!

🍁Seni Rupa🍁 

Soal dan Pembahasan Seani Rupa

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Kesamaan bobot dari unsur-unsur seni rupa disebut prinsip ….
a. keseimbangan
b. proporsi
c. keselarasan
d. irama

2. Keseimbangan yang memiliki bentuk spiral adalah jenis keseimbangan ….
a. asimetris
b. diagonal
c. simetris
d. radial

3. Media yang biasa digunakan untuk menggambar ekspresif adalah ....
a. papan pengumuman
b. kaca jendela
c. rumah
d. kanvas

4. Contoh objek yang memiliki jenis keseimbangan radial adalah ….
a. gunung
b. pohon cemara
c. bunga mawar
d. daun pisang

5. Berikut ini yang tidak termasuk keseimbangan dalam seni rupa adalah ….
a. keseimbangan simetris
b. keseimbangan asimetris
c. keseimbangan sentral
d. keseimbangan geometris

Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 6-8!

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 1

6. Gambar jenis keseimbangan yang tepat untuk lukisan di atas ditunjukkan oleh ….
a. gambar A
b. gambar B
c. gambar C
d. gambar D

7. Jenis keseimbangan pada gambar di atas adalah ....
a. keseimbangan asimetris
b. keseimbangan diagonal
c. keseimbangan simetris
d. keseimbangan radial

8. Apabila ukuran pohon yang kecil diperbesar sama dengan pohon yang lainnya akan menjadi keseimbangan ….
a. keseimbangan asimetris
b. keseimbangan diagonal
c. keseimbangan simetris
d. keseimbangan radial

9. Berikut hasil karya anak.
Objek gambar : Pohon kelapa dan orang
Hasil karya : Tinggi pohon kelapa sama dengan tinggi orang

Agar menjadi proporsi, hal yang harusnya diperbaiki adalah ....
a. pohon kelapa dilengkapi buah yang lebih banyak
b. pohon kelapa dibuat lebih tinggi 
c. orang dibuat menjadi lebih pendek
d. orang dibuat menjadi lebih gemuk

10. Perhatikan uraian berikut ini! 
(1) Menghaluskan goresan lain
(2) Melengkapi gambar dengan elemen
(3) Menggambar sketsa unsur garis
(4) Mewarnai hasil gambar
Urutan langkah-langkah dalam menggambar tumbuhan dengan prinsip proporsi adalah ….
a. (3)-(2)-(4)-(1)
b. (3)-(4)-(2)-(1) 
c. (4)-(3)-(2)-(1)
d. (1)-(2)-(3)-(4)

11. Agar menyerupai objek aslinya, daun seharusnya diberi warna ….
a. abu-abu
b. merah
c. hijau
d. biru

12. Rania sedang menggambar bunga matahari. Warna yang sesuai untuk bunga matahari adalah ….
a. merah
b. kuning
c. biru
d. jingga

13. Langkah akhir dalam menggambar proporsi adalah ....
a. melengkapi gambar dengan elemen lain
b. menggambar sketsa unsur garis
c. menghaluskan goresan warna
d. mewarnai hasil gambar

14. Berikut ini bagian yang perlu diperhatikan ketika menggambar pohon yang memperhatikan prinsip proporsi, kecuali ....
a. bagian akar 
b. bagian daun 
c. bagian badan
d. bagian batang

15. Perhatikan hasil pengamatan mengenai ragam hias berikut ini!
(1) Sering dijumpai pada rumah adat
(2) Menyimbolkan nilai-nilai kearifan lokal
(3) Menggunakan bahan dan teknik yang sama
Pengamatan yang benar mengenai ragam hias flora dan fauna ditunjukkan nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1) dan (2)
c. (1) dan (3)
d. (2) dan (3)

16. Motif ragam hias yang berupa binatang, seperti gajah, ikan, burung, dan ayam dinamakan ….
a. motif flora
b. motif fauna 
c. motif figuratif
d. motif geometris

Perhatikan ragam hias berikut ini untuk menjawab soal nomor 17-18 !

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 2

17. Ragam hias pada gambar diaplikasikan pada ....
a. batu
b. kayu
c. kertas
d. kanvas

18. Ragam hias pada gambar termasuk jenis ragam hias ….
a. geometris
b. figuratif
c. fauna
d. flora

19. Perhatikan gambar berikut !

Contoh Soal PTS/STS Seni Rupa Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 3

Ragam hias pada gambar berasal dari ….
a. Papua
b. Sumatra
c. Sulawesi
d. Kalimantan

20. Motif batik kawung berasal dari ….
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Yogyakarta
d. Jawa Timur

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Prinsip keseimbangan yang menghasilkan objek dengan bentuk sama di kedua sisi disebut …….....
2. Keseimbangan dengan pola spiral disebut ……………………………………...……………………….....
3. Kertas, kanvas, dan karton merupakan contoh media untuk membuat ………………………………….
4. Nasya menggambar buah alpukat. Ia memberi warna oranye pada hasil gambarnya.
Dengan begitu hasil gambarnya tidak sama dengan aslinya. Seharusnya, Nasya memberi warna …
5. Hasil gambar yang proporsi sebaiknya diberi warna supaya terlihat sama dengan ……………….......
6. Andika menggambar buah semangka dan jeruk. Ukuran buah semangka dan jeruk sama besarnya. Hasil karya yang digambar Andika tidak memperhatikan prinsip …………………….……………………..
7. Bentuk zig zag, segiempat, segitiga, dan lingkaran terdapat pada ragam hias jenis ………..…………
8. Objek gambar pada ragam hias flora adalah …………………………………………………………….....
9. Motif Merak Lasem berasal dari daerah …………………………………………………………………….
10. Objek gambar pada ragam hias motif Kamaro Timika adalah …………………………………………..

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Sebutkan tiga jenis keseimbangan dalam seni rupa?
Jawab :

2. Sebutkan contoh keseimbangan radial di alam!
Jawab :

3. Apa yang akan terjadi jika sebuah gambar tidak menerapkan prinsip keseimbangan?
Jawab :
4. Mengapa menggambar perlu memperhatikan prinsip proporsi?
Jawab :

5. Sebutkan jenis-jenis ragam hias!
Jawab :

Kunci Jawaban Room I

1. a. keseimbangan
2. d. radial
3. d. kanvas
4. c. bunga mawar
5. d. keseimbangan geometris
6. c. gambar C
7. a. keseimbangan asimetris
8. c. keseimbangan simetris
9. b. pohon kelapa dibuat lebih tinggi 
10. a. (3)-(2)-(4)-(1)
11. c. hijau
12. b. kuning
13. c. menghaluskan goresan warna
14. c. bagian badan
15. b. (1) dan (2)
16. b. motif fauna 
17. b. kayu
18. d. flora
19. a. Papua
20. d. Jawa Timur

Kunci Jawaban Room II

1. keseimbangan simetris
2. Keseimbangan radial
3. gambar ekspresif
4. hijau
5. objek asilinya
6. proporsi
7. geometris
8. tumbuhan
9. Rembang Jawa Tengah
10. Suku Kamaro

Kunci Jawaban Room III

1. Tiga jenis keseimbangan dalam seni rupa yaitu keseimbangan simetris, keseimbangan asimetris, keseimbangan radial
2. pusaran air dan kelopak bunga
3. orang yang melihatnya tidak nyaman
4. agar gambar yang dihasilkan tampak serasi
5. ragam hias flora, ragam hias fauna, ragam hias figurative, dan ragam hias geometris
 
 SELAMAT BELAJAR

 

 

1 comments:

Tusriyah said...

Terima kasih bu atas kisi kisi nya

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Friday,15 November 2024 Kelas : VC   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholih dan sholiha kelas VC,bagaimana kaba...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu