Tuesday, November 25, 2025

IPAS DAN B.INDONESIA

 Rabu,26 November 2025

Kelas : VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Rabu yang ceria ini,semoga kita semuadalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk sumatif  IPAS dan Bahasa Indonesia

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !  

  

🍄 IPAS🍄

 

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat memahami berbagai bentuk soal materi Caha ,Bunyi dan Ekosistem

Metode Penbelajaran : Tanya Jawab 

Alat Peraga                : LCD

 

1. Sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cembung adalah ....
a. maya, tegak, diperkecil
b. nyata, tegak, diperkecil
c. maya, terbalik, diperbesar
d. nyata, terbalik, sama besar

2. Bayangan benda yang dapat ditangkap oleh layar disebut ....
a. bayangan difus
b. bayangan semu
c. bayangan nyata
d. bayangan teratur

3. Uang logam yang ada di dalam air jernih terlihat lebih dekat ke permukaan merupakan salah satu peristiwa ....
a. pembiasan cahaya
b. pemantulan cahaya
c. perambatan cahaya
d. pembentukan bayangan

4. Cahaya akan dibiaskan, jika melewati dua medium yang kerapatannya ....
a. sama
b. berbeda
c. seimbang
d. besar

5. Cahaya pantul adalah ....
a. berkas cahaya yang diserap
b. berkas cahaya yang dibalikkan
c. berkas cahaya yang dibiaskan
d. berkas cahaya yang dihilangkan

6. Jika bayangan benda jatuh di depan retina, harus dibantu dengan kacamata berlensa ....
a. cekung
b. cembung
c. silinder
d. rangkap

7. Perhatikan gambar berikut !. 
Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 1
Hal tersebut disebabkan adanya ….
a. pemantulan cahaya
b. penguraian cahaya
c. penyerapan cahaya
d. pembiasan cahaya

8. Perhatikan tabel berikut !

Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 2

Pasangan alat optik dengan fungsinya yang benar ditunjukkan nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

9. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....
a. normal
b. horizontal
c. vertikal
d. lurus

10. Jika cahaya datang dari zat yang lebih rapat menuju zat yang kurang rapat, cahaya akan ….
a. dibiaskan mendekati garis normal
b. dibiaskan menjauhi garis normal
c. dipantulkan kembali
d. merambat lurus

11. Berikut benda-benda di sekitar kita.
(1) Bola
(2) Kayu
(3) Kertas HVS
(4) Kaca
Benda-benda yang dapat tembus cahaya ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (4)
b. (2) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)

12. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....
a. sama
b. lebih jauh
c. lebih dekat
d. berbeda

13. Adanya pemantulan baur dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada ....
a. kacamata
b. lampu penerang kendaraan bermotor
c. lampu senter
d. fatamorgana

14. Peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya merambat lurus yaitu ….
a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca
b. terbentuknya pelangi pada saat hujan
c. memantulnya cahaya pada cermin
d. cahaya menembus benda bening

15. Berikut ini yang tidak benar tentang bunyi, yaitu ....
a. bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas
b. bunyi merambat melalui ruang hampa
c. bunyi dihasilkan benda yang bergetar
d. benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi

16. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....
a. getaran
b. pemuaian
c. pendinginan
d. perambatan

17. Bunyi dapat merambat melalui ....
a. air dan ruang hampa
b. benda padat dan air
c. udara dan ruang hampa
d. ruang hampa dan benda padat

18. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....
a. udara
b. air
c. tanah
d. ruang hampa

19. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….
a. suara
b. irama
c. nada
d. frekuensi 

20. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....
a. gema
b. gaung
c. nada
d. pantulan

21. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....
a. I
b. ll
c. III
d. IV

22. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....
a. makan tumbuhan lain
b. dapat mengolah makanannya sendiri
c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain
d. hidup di hutan

23. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....
a. rantai makanan
b. metamorfosis
c. daur hidup
d. simbiosis

24. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....
a. tumbuhan
b. manusia
c. herbivora
d. karnivora

25. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....
a. konsumen tingkat I
b. konsumen tingkat II
c. produsen
d. pengurai

26. Perhatikan gambar berikut ini !

Contoh Soal PTS/STS IPAS Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka Gambar 3
 
Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....
a. padi
b. belalang
c. katak
d. ular

27. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....
a. rantai makanan baru
b. jaring-jaring makanan
c. ekosistem
d. komunitas

28. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….
a. botani
b. zoology
c. ekologi
d. taksonomi

29. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….
a. padi → belalang → katak → elang → ular
b. padi → katak→ belalang → elang → ular
c. padi → belalang → katak→ ular → elang 
d. padi → belalang → ular →katak

30. Contoh makhluk hidup pengurai adalah ....
a. lumut
b. ganggang
c. tumbuhan hijau
d. bakteri dan jamur

31. Organisme pemakan hewan disebut ....
a. herbivora
b. karnivora
c. omnivora
d. autotrof

32. Contoh dari organisme karnivora adalah....
a. ayam, katak, elang
b. ayam, belalang, tikus
c. anjing, kucing, harimau
d. anjing, kelinci, sapi

33. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....
a. heterotrof
b. autotrof
c. dekomposer
d. herbivora

34. Tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal disebut ....
a. habitat
b. komunitas
c. populasi
d. ekosistem

35. Supaya tidak terjadi banjir, kita dapat ….
a. menggunduli hutan
b. membakar hutan
c. menanam pohon penghijauan
d. menebang pohon

36. Berikut bukan merupakan akibat membuang sampah ke sungai adalah ….
a. bencana banjir
b. aliran sungai tidak lancar
c. sarang penyakit
d. air bersih

37. Berikut ini yang termasuk dalam komponen biotik adalah ….
a. air
b. pasir
c. manusia
d. udara

38. Ekosistem alam di darat dengan anggota terbanyak adalah ….
a. kebun
b. sawah
c. hutan
d. danau

39. Berikut yang termasuk ke dalam ekosistem buatan adalah ....
a. danau
b. laut
c. sungai
d. kebun

40. Asap kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik dapat mencemari ....
a. laut
b. udara
c. air
d. darat

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Pemantulan teratur terjadi apabila cahaya mengenai benda yang permukaannya …………………….
2. Cermin yang permukaan mengilapnya melengkung ke dalam atau konkaf dinamakan ……………….
3. Gangguan mata yang umumnya terjadi pada orang berusia lanjut adalah ……………………………..
4. Bagian telinga yang berfungsi untuk menerima dan menyampaikan getaran adalah ………………….
5. Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi ...
5. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem dinamakan …………
6. Pola interaksi yang tidak saling mengganggu, tidak saling merugikan, maupun tidak saling menguntungkan dinamakan ……………………………………………………………………………………..
7. Tali putri yang menempel pada tumbuhan inang merupakan contoh simbiosis ………………………..
8. Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan disebut ……………………………………
9. Sumber energi utama di bumi ini adalah ……………………………………………
10. Lingkungan yang terdiri atas benda-benda tidak hidup, misalnya air, batu, pasir, udara, cahaya
matahari, dan tanah dinamakan ………………………………………………………………………………...

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Jelaskan pengelompokan benda berdasarkan kemampuan cahaya dalam menembus benda!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………

2. Bagaimanakah tahapan proses sehingga suatu benda dapat dilihat oleh mata?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………….

3. Cermin datar sering dimanfaatkan sebagai cermin. Coba jelaskan mengapa cermin tidak menggunakan cermin cembung atau cekung !
Jawab : …………………………………………………………………

4. Jelaskan yang dimaksud dengan individu dan berikan contohnya !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
Jo
5. Jelaskan pengertian jaring jaring makanan dan berikan contohnya !
Jawab : ………………………………………………………

Kunci Jawaban Room I

1. a. maya, tegak, diperkecil
2. c. bayangan nyata
3. a. pembiasan cahaya
4. b. berbeda
5. b. berkas cahaya yang dibalikkan
6. a. cekung
7. d. pembiasan cahaya
6. c. (2) dan (3)
9. a. normal
10. b. dibiaskan menjauhi garis normal
11. d. (3) dan (4)
12. a. sama
13. b. lampu penerang kendaraan bermotor
14. a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca
15. b. bunyi merambat melalui ruang hampa
16. d. perambatan
17. b. benda padat dan air
18. a. udara
19. c. nada
20. b. gaung
21. a. I
22. b. dapat mengolah makanannya sendiri
23. a. rantai makanan
24. a. tumbuhan
25. d. pengurai
26. c. katak
27. b. jaring-jaring makanan
28. c. ekologi
29. c. padi → belalang → katak→ ular → elang 
30. d. bakteri dan jamur
31. b. karnivora
32. c. anjing, kucing, harimau
33. b. autotrof
34. a. habitat
35. c. menanam pohon penghijauan
36. d. air bersih
37. c. manusia
38. c. hutan
39. d. kebun
40. b. udara

Kunci Jawaban Room II

1. halus dan rata
2. cermin cekung
3. presbiopi
4. gendang telinga
5. ultrasonik
5. jaring-jaring makanan
6. simbiosis netralisme
7. parasitisme
8. simbiosis mutualisme
9. Matahari
10. abiotik

Kunci Jawaban Room III

1. Pengelompokan benda berdasarkan kemampuan cahaya menembus benda dapat dilakukan dalam tiga kelompok utama, yaitu benda transparan, benda semi transparan (translusen), dan benda tidak tembus cahaya (opak)
2. Tahapan proses sehingga benda dapat dilihat oleh mata dimulai ketika objek atau benda memantulkan cahaya yang masuk ke mata dan diterima oleh kornea, pupil, lensa, lalu dipusatkan pada retina.
3. Karena sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah maya, tegak, sama besar.
4. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal contohnya manusia
5. Jaring jaring makanan adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem. Contoh jaring-Jaring makanan di darat, laut, sawah, dan hutan

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Perhatikan teks berikut ini !
Leon sangatlah manja. Hampir tiap malam, Leon tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.
Kata sifat yang terdapat di dalam cuplikan di atas adalah …
a. malam
b. sangat
c. manja
d. selalu

2. Ruang kelas kami luas. Antonim kata luas adalah ….
a. sempit
b. lebar
c. besar
d. lapang

3. Pasangan kata berikut ini yang merupakan sinonim adalah ....
a. jujur - dusta
b. higienis - kotor
c. dekil - kumal
d. tajam - tumpul

4.  Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan di NTB. Pantai Senggigi sangat mempesona. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menawan.
Penggunaan kata bersinonim terdapat pada kalimat ….
a. pertama dan kedua
b. ketiga dan keempat
c. kedua dan keempat
d. kedua dan kelima

5. Pembeli yang datang ke kios hari ini cukup ramai.
Arti kata berimbuhan yang digarisbawahi sama dengan arti kata pada kalimat ....
a. Tim pencari masih belum menemukan para pendaki gunung yang tersasar.
b. Sungguh, kau adalah orang yang pemaaf.
c. Perhari, dia mampu menjual seratus potong daging ayam.
d. Ayahnya seorang pedagang yang cukup tersohor di kampungnya.

6. Kunyit sering digunakan sebagai pewarna makanan alami.
Makna dari awalan pe- pada kalimat di atas adalah ....
a. profesi
b. penyebab
c. satuan hitung
d. menyatakan sifat

7. Pasangan kata berimbuhan berikut ini memiliki makna sama adalah ....
a. pengeras - pelupa
b. pengukur - pembimbing
c. penari - pelaut
d. penyabar - penghapus

8. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini !
(1) Linda membaca buku kemudian menulis ringkasan dari buku tersebut.
(2) Dito anak yang rajin sedangkan Dino pemalas.
(3) Refa suka menonton televisi hingga tengah malam akibatnya dia sering terlambat bangun pagi.
(4) Budi memiliki banyak teman karena ia suka menolong.
Kalimat majemuk setara sebab akibat ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)

9. Kalimat berikut ini yang merupakan kalimat majemuk setara berlawanan adalah ....
a. Petugas kebersihan sudah sibuk membersihkan saluran air sebelum memasuki musim hujan.
b. Anita sangat menyukai warna putih sedangkan Inara lebih menyukai warna merah.
c. Rino tidak hadir di acara perpisahan sekolah karena Rino sakit.
d. Ibu pergi berbelanja dan ayah berangkat bekerja.

10. Perhatikan teks berikut ini !
Grojogan Sewu adalah adalah salah satu objek wisata air terjun alami di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah. Dari pintu masuk, kita harus menuruni seribuan anak tangga untuk menuju air terjun. Saat perjalanan menuruni tangga, kita disuguhkan pemandangan yang cukup asri. Banyak monyet yang bergelantungan di dahan pohon. Ada juga yang duduk atau berlarian di sekitar anak tangga.
Isi yang terkandung dalam paragraf deskripsi di atas adalah ….
a. Gambaran perjalanan menuju air terjun Grojogan Sewu
b. Gambaran air terjun Grojogan Sewu
c. Gambaran objek wisata di Jawa Tengah
d. Gambaran wahana di Grojogan Sewu

11. Paragraf berikut yang merupakan paragraf deskripsi adalah ….
a. Ronaldo mengajak Messi bermain bola. Messi menyanggupinya. Mereka pun mencari teman-teman yang lain untuk diajak bermain bola. Namun, ternyata teman-teman lainnya tidak mau. Ronaldo dan Messi gagal untuk bermain bola.
b. Harimau sudah siap menerkam Kancil. Namun, Kancil menghentikannya. Ia merayu Harimau
agar tidak memakannya. Kancil justru menawarkan kepada Harimau untuk melihat Gong Sulaiman. Harimau pun tertarik.
c. Metamorfosis adalah tahap perubahan makhluk hidup. Metamorfosis dibagi menjadi dua, yaitu sempurna dan tidak sempurna. Contoh metamorfosis sempurna adalah tahap perubahan pada kupu-kupu, nyamuk, lalat dan lain-lain. Sementara itu, contoh metamorfosis tidak sempurna adalah jangkrik, belalang, lipas, dan lain-lain.
d. Panggung dengan ukuran yang sangat luas berdiri di tepi sebuah lapangan. Para penonton sudah tumpah ruah memenuhi lapangan. Namun, suasana panggung masih gelap. Ratusan lampu penerang belum juga dinyalakan. Dari tengah lapangan para penonton memanggil sebuah nama penyanyi yang akan tampil dalam konser di lapangan itu.

12. Pasangan kata berikut ini merupakan sinonim adalah ….
a. kejam - keji
b. tanya - jawab
c. kawan - lawan
d. tua - muda

13. Memberi uang kepada anak-anak yang suka meminta-minta di lampu merah sama halnya mendidik mereka menjadi pemalas.
Makna dari awalan pe- pada kalimat di atas adalah ....
a. profesi
b. penyebab
c. satuan hitung
d. menyatakan sifat

14. Kata berimbuhan pe- berikut ini yang memiliki makna sama adalah ....
a. pemaaf - pendaki
b. pembeli - perhari
c. pedagang - penyiar
d. penggiling - penari

15. Kalimat berikut ini merupakan kalimat majemuk setara sejalan adalah ....
a. Ketua panitia sudah menunggu di halte kedatangan sebelum rombongan pariwisata tiba.
b. Ibu guru menasehatinya berkali-kali namun sedikitpun tak dihiraukannya
c. Aldi tidak hadir di acara perpisahan sekolah, karena Aldi sakit
d. Banjir dan longsor terjadi di mana-mana akibatnya beberapa desa terisolir

16. Pernyataan berikut yang merupakan ciri teks deskripsi adalah ....
a. bersifat menceritakan
b. mengandung bukti atau kebenaran
c. menggunakan contoh dan fakta
d. melibatkan kesan indra

17. Bacalah kutipan teks deskripsi ini dengan cermat!
Ayahku bernama Abu Salman. Ayahku berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.
Panca indra yang terlibat dalam teks di atas adalah indra ....
a. penglihatan 
b. pendengaran 
c. pembau
d. peraba

18. Bacalah puisi berikut ini!
Saat dedaunan mulai memanggilmu
Tersenyum manis kala bersentuhan dengan alam
Yang tak akan bosan menyapamu
Awan pun akan menangis merindukan hadirmu, ibu
Majas yang terkandung dalam puisi di atas adalah ....
a. hiperbola
b. personifikasi
c. metafora
d. metonimia

19. Pak Tani merupakan salah satu tokoh dalam sebuah cerita rakyat. Pak Tani banyak hadir dan sering diceritakan dalam setiap kejadian dalam cerita. Bisa disimpulkan bahwa Pak Taní adalah tokoh ....
a. tambahan
b. utama
c. pembantu
d. antagonis

20. Dalam sebuah teks, Dion diceritakan sebagai sosok yang sombong dan jahat. Dion dalam hal ini berperan sebagai tokoh ....
a. protagonis
b. antagonis
c. tritagonis
d. figuran.

21. Kalimat berikut yang mengandung majas metafora adalah ….
a. Air matanya menganak sungai melihat anak ayamnya dimakan kucing.
b. Lihatlah tarian ombak yang sangat indah di sana!
c. Suaranya sangat merdu hingga para penontonnya menutup telinganya.
d. Dia belum mampu melupakan peristiwa si jago merah menghanguskan tokonya.

22. Berikut ini merupakan kalimat dengan majas hiperbola adalah ….
a. Siswa yang rajin ke perpustakaan sering dijuluki kutu buku.
b. Bagus merupakan bintang kelas di kelasnya.
c. Ombak menari-nari di tepian pantai.
d. Kini tubuhnya tinggal kulit dan tulang saja.

23. Perhatikan kutipan kalimat dalam cerpen berikut !
"Angkat barang itu," perintahnya, "dan bawa masuk!"
Kalimat tidak langsung dari kalimat tersebut adalah ....
a. Aku memerintahkan agar saya mengangkat dan membawa masuk barang itu.
b. Aku memerintahkan agar dia mengangkat dan membawa masuk barang itu.
c. Dia memerintahkan agar saya mengangkat dan membawa masuk barang itu.
d. Dia memerintahkan agar mengangkat dan membuang barang itu.

24. Perhatikan kalimat tak langsung berikut!
Menurut Pak Gede, latihan tari yang kami laksanakan belum cukup.
Kalimat langsung dari kalimat tersebut adalah ….
a. "Latihan tari yang kita laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
b. "Latihan tari yang kamu laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
c. "Latihan tari yang mereka laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
d. "Latihan tari yang kalian laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.

25. Berikut ini yang termasuk contoh teks nonfiksi adalah ....
a. Legenda Gunung Tangkuban Perahu
b. Bawang Merah dan Bawang Putih 
c. Cara Membuat Seblak
d. Malin Kundang

26. Perhatikan bagian-bagian buku berikut ini !
(1) Cover depan.
(2) Daftar isi.
(3) Punggung buku.
(4) Indeks.
Bagian dari cover ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)

27. Perhatikan kutipan cerita berikut ini!
Anjing yang malang itu kini tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah akibat dari kesombongannya selama ini. Dia hanya bisa menyesali sifat buruknya itu.
Amanat yang tepat untuk penggalan cerita di atas adalah ....
a. Jangan tidur di kolong jembatan.
b. Kalau sudah menyesal jangan diulangi lagi.
c. Kita tidak boleh bersikap sombong karena nanti akan merugikan diri sendiri.
d. Jadi anjing itu tidak enak.

Penggalan cerita berikut untuk soal nomor 28 – 30.
Pada siang hari yang cerah, seekor Singa yang sedang berjalan-jalan di hutan tiba-tiba menginjak duri yang kemudian menancap di kakinya. Tidak lama kemudian, seorang Gembala lewat. Si Singa menunduk dan menggoyangkan ekornya perlahan, sambil menunjukkan kakinya yang tertancap duri seakan-akan ingin berkata "Aku mohon, tolonglah aku." Gembala yang pemberani itu lalu mendekat dan memeriksa kakinya. Dia menemukan duri yang menancap itu, lalu mencabutnya dengan hati-hati. Si Singa merasa lega karena duri yang menyakitkan itu sudah hilang. Dia lalu melangkah kembali
ke dalam hutan.

28. Latar waktu pada kutipan cerita tersebut adalah ....
a. pada suatu pagi
b. pada suatu siang yang cerah
c. pada suatu malam yang dingin
d. di tengah malam yang gelap gulita

29. Tokoh dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
a. Kura-Kura dan Ayam
b. Belalang dan Semut
c. Singa dan Tikus
d. Singa dan si Penggembala

30. Watak si Penggembala pada cerita tersebut adalah ....
a. jujur
b. baik hati
c. mandiri
d. cengeng

31. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini !
(1) Suaranya menggelegar memekakkan telinga.
(2) Hujan lebat kemarin menghanyutkan beberapa rumah.
(3) Hampir saja jantungnya copot akibat perbuatanku.
(4) Kecantikannya bagaikan malaikat tak bersayap.
Kalimat dengan majas hiperbola ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

32. Perhatikan puisi berikut ini !
Ombak memecah di tepi pantai
Angin berhembus lemah lembut
Nyiur kelapa melambai-lambai
Di ruang angkasa awan bergelut
Puisi di atas menggunakan gaya bahasa ....
a. hiperbola
b. personifikasi
c. repetisi 
d. metafora

33. Gaya bahasa yang terdapat pada kalimat Bulan mengintip di balik awan terdapat pula pada kalimat ....
a. Apa mungkin orang mati hidup kembali?
b. Ranting-ranting ikut menari.
c. Rupanya anak anda kurang pandai.
d. Kamarmu berantakan seperti kapal pecah.

34. Nenek menanyakan Andi kapan ayahnya akan pulang dari Surabaya.
Bentuk kalimat langsung paling tepat dari contoh kalimat tidak langsung di atas adalah ....
a. Nenek menanyakan Andi, "Kapan ayah akan pulang dari Surabaya?"
b. Nenek bertanya, "Kapan ayahnya akan pulang dari Surabaya?"
c. Nenek bertanya, "Kapan ayahnya Andi akan pulang dari Surabaya?"
d. Nenek bertanya kepada Andi, "Kapan ayahmu akan pulang dari Surabaya?"

35. Aurel sangat gembira dan berlari ke ayahnya sambil berteriak, "Ayah, ayo kita liburan ke pantai sore ini !"
Bentuk tidak langsung yang benar dari kalimat di atas adalah ….
a. Aurel mengajak ayahnya untuk liburan ke pantai besok.
b. Aurel berkata kepada ayahnya dengan gembira bahwa mereka akan liburan.
c. Aurel berteriak kepada ayahnya dengan gembira dan mengajak untuk liburan ke pantai sore ini.
d. Aurel berteriak dan berkata dengan gembira untuk berlibur ke pantai sore ini.

36. "Dapatkah kamu berenang?" tanya Bu Mardiah.
Kalimat tidak langsung dari kalimat tersebut adalah.....
a. Dapatkah kamu berenang? Begitu tanya Bu Mardiah.
b. Bu Mardiah bertanya apakah aku dapat berenang.
c. Dapatkah Bu Mardiah berenang? tanyaku.
d. Bu Mardiah bertanya apakah kamu dapat berenang.

37. Perhatikan contoh judul teks berikut ini!
(1) Manfaat Sawah
(2) Cara Membuat Periskop
(3) Kisah Semut dan Belalang
(4) Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Contoh judul teks nonfiksi ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)

38. Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh Soal PTS/STS 1 Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1

Buku dengan cover seperti gambar termasuk jenis buku ….
a. fiksi
b. nonfiksi
c. ensiklopedia
d. ilmiah

39. Sebuah teks memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. fabel
b. novel
c. anekdot
d. teks nonfiksi

40. Bacalah paragraf berikut !
Nadia duduk di dekat jendela besar loteng rumahnya. Ini menjadi tempat kesukaan Nadia ketika bintang-bintang sedang bertebaran di langit dan juga ketika ia sedang merindukan Ibu dan Bapak yang bekerja di kota. Nadia sering mendengar kalau kita mengajukan permintaan saat ada bintang jatuh, maka permintaan itu akan dikabulkan. Nadia yang sudah lama merindukan kedua orang tuanya hanya punya satu permintaan, yaitu diizinkan bertemu dengan Bapak dan Ibu.
Tokoh utama teks bacaan di atas adalah ….
a. Nadia
b. ayah
c. ibu
d. bintang-bintang

II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !
1. Diana senang sekali berkreasi dengan bahan-bahan tidak terpakai di rumah. Diana pernah membuat tas dari plastik kemasan makanan. Diana juga pernah membuat rumah-rumahan dari kardus bekas. Diana termasuk anak yang ……………………………………………………………….…….
2. Sejak saat itu raja menjadi murung dan nampak selalu sedih, sehingga tidak dapat lagi memerintah dengan baik.
Pasangan kata bersinonim pada kalimat di atas adalah ……………………………………………..………
3. Di daerah kami, buah-buahan impor harganya sangat murah dibandingkan dengan buah
buahan lokal yang harganya sangat mahal.
Pasangan kata yang merupakan antonim adalah …………………………………………………………….
4. Kata dasar buru jika ditambahkan awalan pe- menjadi ……………………………………………………
5. Aku sedang belajar ketika ayah pulang dari kantor.
Konjungsi pada kalimat di atas adalah …………………………………………………………………………
6. Nina mendapatkan ranking 1.
Dia rajin belajar.
Kedua kalimat di atas jika digabungkan menjadi kalimat majemuk setara sebab akibat yang tepat adalah ………………………………………………………………………………………………………………
Teks berikut untuk soal nomor 7 - 8.
Di sebuah hutan, Kancil sedang beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-tiba datanglah Harimau.
Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang cerdik mencoba membohongi Harimau.
7. Peristiwa dalam kutipan dongeng tersebut terjadi di ………………………………………………………
8. Tokoh yang terdapat dalam kutipan dongeng tersebut adalah …………………………………………...
9. Burung-burung bernyanyi begitu merdu.
Majas yang digunakan dalam kalimat di atas adalah …………………………………………………………
10. Aditya bercerita di depan kelas, “Aku ingin menjadi pilot !"
Kalimat di atas jika diubah menjadi kalimat tidak langsung adalah …………………………………………

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Bacalah teks berikut ini !
Pada zaman dahulu, hiduplah seorang anak yang sakti. Kesaktiannya ini membuat seorang penyihir jahat iri. Penyihir jahat menyihir anak itu, sehingga tubuhnya penuh luka dengan bau yang sangat menyengat. Tidak ada yang mau mendekatinya.
Tuliskan kata sifat yang terdapat dalam teks di atas !
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..

2. Tuliskan makna awalan pe- pada kalimat berikut ini !
a. Sungguh, kau adalah orang yang pemaaf.
b. Suara penyanyi itu sungguh merdu.
c. Alat pengukur berat badan itu dijual murah.
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………..

Teks bacaan berikut untuk nomor 3 dan 4.
Janji raksasa benar terbukti, tujuh hari kemudian, timun itu secara perlahan memperlihatkan
bayi perempuan yang sedang menangis dalamnya. Karena bayi itu diambil dari dalam mentimun
yang berwarna kuning keemasan, maka dinamai Timun Mas.
Suatu ketika, raksasa jahat ingin menyantap Timun Mas. Kebahagiaan wanita itu pun meredup seketika saat raksasa datang ke desa tempat tinggal wanita tua dan Timun Mas.
Raksasa datang untuk menagih janji.

3. Siapa tokoh antagonis dalam cerita Timun Mas?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………..

4. Apa pesan moral yang bisa dipetik dari cerita Timun Mas?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………

5. Sebutkan ciri-ciri teks fiksi !
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………

Kunci Jawaban Room I

1. c. manja
2. a. sempit
3. c. dekil - kumal
4. d. kedua dan kelima
5. d. Ayahnya seorang pedagang yang cukup tersohor di kampungnya.
6. b. penyebab
7. c. penari - pelaut
8. d. (3) dan (4)
9. b. Anita sangat menyukai warna putih sedangkan Inara lebih menyukai warna merah.
10. b. Gambaran air terjun Grojogan Sewu
11. d. Panggung dengan ukuran yang sangat luas berdiri di tepi sebuah lapangan. Para penonton sudah tumpah ruah memenuhi lapangan. Namun, suasana panggung masih gelap. Ratusan lampu penerang belum juga dinyalakan. Dari tengah lapangan para penonton memanggil sebuah nama penyanyi yang akan tampil dalam konser di lapangan itu.
12. a. kejam - keji
13. d. menyatakan sifat
14. c. pedagang - penyiar
15. a. Ketua panitia sudah menunggu di halte kedatangan sebelum rombongan pariwisata tiba.
16. d. melibatkan kesan indra
17. a. penglihatan 
18. b. personifikasi
19. b. utama
20. b. antagonis
21. d. Dia belum mampu melupakan peristiwa si jago merah menghanguskan tokonya.
22. d. Kini tubuhnya tinggal kulit dan tulang saja.
23. c. Dia memerintahkan agar saya mengangkat dan membawa masuk barang itu.
24. d. "Latihan tari yang kalian laksanakan belum cukup," kata Pak Gede.
25. c. Cara Membuat Seblak
26. b. (1) dan (3)
27. c. Kita tidak boleh bersikap sombong karena nanti akan merugikan diri sendiri.
28. b. pada suatu siang yang cerah
29. d. Singa dan si Penggembala
30. b. baik hati
31. c. (1), (3), dan (4)
32. b. personifikasi
33. b. Ranting-ranting ikut menari.
34. d. Nenek bertanya kepada Andi, "Kapan ayahmu akan pulang dari Surabaya?"
35. c. Aurel berteriak kepada ayahnya dengan gembira dan mengajak untuk liburan ke pantai sore ini.
36. b. Bu Mardiah bertanya apakah aku dapat berenang.
37. b. (1), (2), dan (4)
38. a. fiksi
39. d. teks nonfiksi
40. a. Nadia

Kunci Jawaban Room II

1. kreatif
2. murung - seding
3. murah - mahal
4. pemburu
5. ketika
6. Nina mendapatkan ranking 1 karena dia rajin belajar
7. hutan
8. Kancil dan Harimau
9. personifikasi
10. Aditya bercerita di depan kelas bahwa ia ingin menjadi pilot.

Kunci Jawaban Room III

1. sakti, jahat, iri
2. a. Menyatakan sifat
b. menyatakan profesi
c. menyatakan alat

Teks bacaan berikut untuk nomor 3 dan 4.
Janji raksasa benar terbukti, tujuh hari kemudian, timun itu secara perlahan memperlihatkan
bayi perempuan yang sedang menangis dalamnya. Karena bayi itu diambil dari dalam mentimun
yang berwarna kuning keemasan, maka dinamai Timun Mas.
Suatu ketika, raksasa jahat ingin menyantap Timun Mas. Kebahagiaan wanita itu pun meredup seketika saat raksasa datang ke desa tempat tinggal wanita tua dan Timun Mas.
Raksasa datang untuk menagih janji.

3. Tokoh antagonis dalam cerita Timun Mas adalah raksasa
4. Pesan moral yang bisa dipetik dari cerita Timun Mas adalah kita harus waspada dan berani kepada orang yang memiliki niat jahat kepada kita

5. Ciri-ciri teks fiksi : merupakan cerita rekaan, bertujuan untuk menghibur, disajikan dalam alur cerita, menggunakan bahasa komunikatif, menggunakan bahasa tidak baku, memiliki pesan moral

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS DAN B.INDONESIA

 Rabu,26 November 2025 Kelas : VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabar...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu