Sunday, November 02, 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

Senin,3 Oktober 2025

Kelas : VA

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah kita kembali bertemu lagi dalam keadaan sehat,hari ini kita akan belajar Matematika  Dan penjelasan materi B.indonesia

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

 

🌼 MATEMATIKA🌼

 

Tujuan Pembelajaran  : Peserta didik dapat dapat melakukan perkalian pecahan dengan bilangan asli.

Metode pembelajaran : PBL 

Media Pembelajaran    : PPT dan Karton 

 

Kalikan bilangan asli tersebut dengan pembilang pecahan, sementara penyebutnya tetap sama, dengan rumus
a×bc=a×bca cross b over c end-fraction equals the fraction with numerator a cross b and denominator c end-fraction
. Hasilnya kemudian dapat disederhanakan jika memungkinkan. 
Cara-cara mengalikan pecahan dengan bilangan asli 
  1. Kalikan langsung
    • Kalikan bilangan asli dengan pembilang pecahan, dan biarkan penyebutnya tetap.
    • Contoh:
      3×25=3×25=653 cross two-fifths equals the fraction with numerator 3 cross 2 and denominator 5 end-fraction equals six-fifths
      .
  2. Sederhanakan terlebih dahulu (jika memungkinkan)
    • Jika bilangan asli adalah kelipatan dari penyebut, Anda bisa membagi bilangan asli tersebut dengan penyebut sebelum mengalikan dengan pembilang.
    • Contoh:
      6×136 cross one-third
      . Anda bisa menyederhanakannya menjadi
      63×1=2×1=2six-thirds cross 1 equals 2 cross 1 equals 2
      .
  3. Sederhanakan hasil akhirnya
    • Setelah mengalikan, sederhanakan hasil pecahan tersebut ke bentuk paling sederhana jika diperlukan.
    • Contoh:
      5×23=1035 cross two-thirds equals ten-thirds
      . Karena pembilangnya lebih besar dari penyebut, Anda bisa mengubahnya menjadi pecahan campuran
      103=313ten-thirds equals 3 and one-third
      .
       

 Latihan Soal

  Soal Perkalian Bilangan Asli dengan Pecahan 

1. Hitung hasil dari 3 x 1/2.

2. Hitung hasil dari 5 x 3/4.

3. Jika Rani memiliki 8 apel dan membagikan 1/3 dari setiap apel, berapa banyak apel yangdibagikan?

4. Berapa hasil dari 6 x 5/6?

5. Ali menanam 9 pohon, dan 2/3 dari pohon tersebut adalah pohon mangga. Berapa pohonmangga yang ditanam Ali?

6. Hitung hasil dari 4 x 7/8

7. Siti memiliki 10 kue, dan 3/5 dari kue tersebut diberikan kepada teman-temannya. Berapa kueyang diberikan Siti?

8. Hitung 7 x 4/9

9. Andi membaca 5/6 dari sebuah buku yang memiliki 12 bab. Berapa bab yang sudah dibaca Andi?

10. Hitung hasil dari 11 x 2/5.

🌷B. Indonesia 🌷

Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami materi tek eksposisi Dampak banjir bagi masyarakat 

Media pembelajaran : Buku cetak Bahasa Indonesia 

Metode pembelajaran : tugas mandiri latihan halaman 186. 


 

 SELAMAT BELAJAR

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

Remedial Matematika

   Rabu,10 Desember 2025 Kelas : VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana ka...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu