Thursday, November 06, 2025

PAK

 Jum'at,7 Oktober 2025

Kelas : VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Jum'at yang barokah ini,semoga kita semuadalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar  PAK

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Bagaimana perasaan sholih sholihah hari ini?                                                                                       Semoga sholih sholihah bahagia dalam menimba ilmu disekolah yang kita cintai ini.                           Baiklah sholih sholiha,baiklah selanjutnya ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu

 

Yuk kita mulai belajar !

 

🌻Materi PAK🌻 

Rangkuman Materi Pendidikan Anti Korupsi: Tanggung Jawab

1. Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran dan kemauan untuk melaksanakan tugas serta kewajiban dengan sungguh-sungguh, dan berani menanggung akibat dari perbuatan sendiri.
Dalam konteks anti korupsi, tanggung jawab berarti menjaga kejujuran, tidak menyalahgunakan wewenang, dan melaksanakan amanah dengan benar.

2. Peran Tanggung Jawab dalam Pencegahan Korupsi

  • Orang yang bertanggung jawab tidak akan melakukan korupsi karena sadar akan akibat buruknya bagi diri sendiri, orang lain, dan bangsa.

  • Sikap tanggung jawab membantu menumbuhkan budaya integritas di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.

3. Contoh Sikap Bertanggung Jawab

  • Menyelesaikan tugas tepat waktu dan tanpa menyontek.

  • Tidak mencari jalan pintas atau curang demi keuntungan pribadi.

  • Mengakui kesalahan dan memperbaikinya.

  • Menggunakan fasilitas umum atau uang sesuai aturan.

  • Menepati janji dan menjaga kepercayaan orang lain.

4. Manfaat Sikap Tanggung Jawab

  • Membangun kepercayaan dan integritas diri.

  • Mencegah terjadinya kecurangan atau penyalahgunaan kekuasaan.

  • Membentuk karakter jujur, disiplin, dan adil.

  • Menumbuhkan rasa peduli terhadap kepentingan bersama.

5. Contoh Penerapan di Kehidupan Sehari-hari

  • Di sekolah: tidak menyontek, disiplin, dan mengembalikan barang yang bukan milik sendiri.

  • Di rumah: membantu pekerjaan rumah tanpa disuruh.

  • Di masyarakat: membayar pajak, menaati peraturan, menjaga kebersihan lingkungan.

 Kesimpulan:Sikap tanggung jawab adalah pondasi utama dalam membangun pribadi antikorupsi. Dengan bertanggung jawab, seseorang belajar jujur, adil, dan peduli terhadap kepentingan bersama, sehingga mampu menolak segala bentuk korupsi sejak dini.

SELAMAT BELAJAR

 

 

Tanggung Jawab dalam Pendidikan Anti Korupsi

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat menerapakan prilaku tanggung jawab dalam kehidupan sehari - sehari 

Model Pembelajaran : Diskusi

Bagaimana perasaan sholih sholihah hari ini? 

Semoga sholih sholihah bahagia dalam menimba ilmu disekolah yang kita cintai ini. 

Baiklah sholih sholiha,baiklah selanjutnya ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu

Tujuan Pembelajaran:

  1. Membangun Sikap Mandiri: Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hal pengambilan keputusan, mengelola waktu, dan bertanggung jawab atas tindakan sendiri.
  2. Meningkatkan Kesadaran Anti Korupsi: Peserta didik diharapkan memahami dampak negatif dari korupsi dan menumbuhkan sikap anti korupsi dengan cara menghargai nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab.
  3. Mengaplikasikan Nilai-nilai dalam Kehidupan Sehari-hari: Peserta didik diharapkan bisa menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan pribadi, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Media Pembelajaran:

  1. Video Edukasi: Video tentang cerita atau animasi yang menggambarkan contoh-contoh perilaku mandiri dan penghindaran korupsi.
  2. Buku: Buku at yang berisi materi tentang sikap mandiri dan anti korupsi serta contoh-contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Simulasi atau Permainan Interaktif: Game edukasi yang memotivasi siswa untuk membuat keputusan yang benar, misalnya dengan menghadapi situasi yang membutuhkan kejujuran dan keberanian dalam menanggulangi tindakan korupsi.

Metode Pembelajaran:

  1. Diskusi Kelompok: Membahas kasus nyata atau fiktif yang melibatkan keputusan terkait perilaku mandiri dan korupsi, dengan tujuan mengajak siswa berpikir kritis dan berbagi pandangan.

SELAMAT BELAJAR

 

 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Jum'at,7 Oktober 2025 Kelas : VA     السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana k...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu