Sunday, November 09, 2025

MATEMATIKA DAN B.INDONESIA

 Senin,10 November 2025

Kelas : VA 

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Senin yang ceria ini, semoga kita semua kita semua  dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi,Hari ini kita akan belajar Matematika Dan Bahasa Indonesia 

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !

Tujuan pembelajaran :   Peserta didik dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal

Metode pembelajaran :    Pembagian

Media Pembelajaran :      LCD                    

 

🌼 MATEMATIKA🌼

Berikut rangkuman materi tentang mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal 👇


💡 Pengertian

Mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal berarti mengubah bentuk ab\frac{a}{b} menjadi bilangan desimal (misalnya 0,25; 1,5; 0,333; dan sebagainya).


🧮 Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal

1. Jika penyebutnya 10, 100, atau 1000 (kelipatan 10)

Cukup tulis pembilangnya dengan koma sesuai jumlah nol pada penyebut.

Contoh:

  • 710=0,7\frac{7}{10} = 0,7

  • 25100=0,25\frac{25}{100} = 0,25

  • 31000=0,003\frac{3}{1000} = 0,003


2. Jika penyebutnya bukan kelipatan 10

Lakukan pembagian pembilang ÷ penyebut.

Contoh:

  • 34=3÷4=0,75\frac{3}{4} = 3 ÷ 4 = 0,75

  • 52=5÷2=2,5\frac{5}{2} = 5 ÷ 2 = 2,5

  • 73=7÷3=2,333...\frac{7}{3} = 7 ÷ 3 = 2,333... (desimal berulang)


🔢 Jenis Desimal yang Dihasilkan

  1. Desimal terbatas → hasil pembagian berhenti.
    Contoh: 14=0,25\frac{1}{4} = 0,25

  2. Desimal berulang → hasil pembagian tidak berhenti dan ada pola yang berulang.
    Contoh: 13=0,333...\frac{1}{3} = 0,333...

💬 Tips
  • Jika ingin hasil cepat, ubah dulu penyebut agar menjadi 10, 100, atau 1000 dengan mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
    Contoh:
    35=610=0,6\frac{3}{5} = \frac{6}{10} = 0,6

  • Untuk hasil yang tidak bisa menjadi kelipatan 10, lakukan pembagian panjang

    Latihan Soal

     Soal 1

    Ubah pecahan berikut ke bentuk desimal:

    3/4= …

     ✳️ Soal 2

    Ubah pecahan berikut ke bentuk desimal:

    5/2= …

    ✳️ Soal 3

    Ubah pecahan berikut ke bentuk desimal:

    7/8= …

    ✳️ Soal 4

    Ubah pecahan berikut ke bentuk desimal:

    9/5= …

    ✳️ Soal 5

    Ubah pecahan berikut ke bentuk desimal:
    3/2= …

    🌺Bahasa Indonesia🌺

     

    Tujuan pembelajaran : peserta didik dapat memahami materi tek eksposisi Dampak banjir bagi masyarakat 

    Media pembelajaran : Buku cetak Bahasa Indonesia 

    Metode pembelajaran : tugas mandiri latihan halaman 186. 


     
    Refleksi/lesimpulam : Alhamdulillah sebagian besarmuris dapat memahami materi penjumlahan pecahan desimal melalui penjelasa lewat ptt dan juga kegiatan mengerjakan soal secara mandiri di depan kelas.Berikut dokumentasi kegiatannya
     
     




  •  :

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS DAN SENI RUPA

 Rabu,13 November 2025 Kelas : VA   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas V...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu