Wednesday, November 12, 2025

IPAS DAN SENI RUPA

 Rabu,13 November 2025

Kelas : VA

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar materi  IPAS dan Seni Rupa

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !             

 

🍄 IPAS🍄

 

Tujuan Pembelajaran :     Peserta didik dapat mengidentifikasi urutan dan ciri planet

Metode Penbelajaran : Demostrasi 

Alat Peraga                : LCD

 Ciri-ciri umum planet

  • Mengorbit bintang: Semua planet mengelilingi bintang pusat, dalam hal ini adalah Matahari.
  • Rotasi dan revolusi: Planet berotasi (berputar pada porosnya) dan berevolusi (mengelilingi Matahari).
  • Massa dan gravitasi: Memiliki massa yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri yang membuatnya berbentuk hampir bulat.
  • Bukan bintang: Massa planet tidak cukup besar untuk menciptakan reaksi fusi nuklir.
  • Membersihkan orbit: Mengosongkan orbit di sekitarnya agar tidak ada benda langit besar lain di jalurnya.
  • Atmosfer: Memiliki atmosfer, kecuali Merkurius.
  • Medan magnet: Memiliki medan magnet, kecuali Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alami. 

Urutan dan ciri spesifik planet
Planet 

Urutan dari MatahariCiri-ciri spesifik
Merkurius1Terkecil, terdekat Matahari, tidak memiliki atmosfer, suhu ekstrem, permukaan berbatu.
Venus2Ukuran hampir sama dengan Bumi, suhu tertinggi di Tata Surya, memiliki rotasi terlama dan terbalik.
Bumi3Satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan dan air dalam bentuk cair, memiliki atmosfer dan satelit alami (Bulan).
Mars4Berjuluk "Planet Merah" karena permukaannya, memiliki atmosfer tipis, 2 satelit alami (Phobos dan Deimos).
Jupiter5Planet terbesar, gas raksasa, atmosfer terdiri dari hidrogen dan helium, tidak punya permukaan padat, 10 jam periode rotasi.
Saturnus6Terbesar kedua setelah Jupiter, dihiasi cincin dari es dan batuan, 9 satelit alami.
Uranus7Gas raksasa, berwarna kehijauan karena metana, rotasi miring, 14 satelit alami.
Neptunus8Terjauh dari Matahari, gas raksasa, planet terdingin dan berangin, berwarna biru karena metana, 13 satelit alami.

 

🌷SENI RUPA🌷 

Materi: Seni Kriya Tali – Makrame

1. Pengertian Makrame

Makrame adalah seni mengikat tali dengan berbagai simpul untuk membuat benda-benda hias maupun benda pakai.
Kata makrame berasal dari bahasa Arab migramah yang berarti “hiasan rajutan”.
Makrame tidak menggunakan alat seperti jarum atau kait, tetapi dilakukan dengan tangan.

2. Fungsi Makrame

Makrame dapat digunakan untuk:

  • Benda hias, seperti gantungan dinding, hiasan pot, atau gantungan kunci.

  • Benda pakai, seperti tas, gelang, sabuk, atau taplak meja.

  • Dekorasi ruangan, untuk mempercantik rumah atau kelas.

3. Alat dan Bahan Makrame

NoAlatFungsi
1GuntingMemotong tali
2Papan alas atau gantunganTempat mengaitkan tali saat membuat simpul
3Peniti atau penjepitMenahan tali agar tidak bergeser
4PenggarisMengukur panjang tali
NoBahanKeterangan
1Tali makrame / katun / nilonBahan utama untuk membuat simpul
2Manik-manik (opsional)Hiasan tambahan agar lebih menarik

4.Macam-Macam Simpul Dasar Makrame

  1. Simpul Larks Head (Simpul Kepala Lark) – digunakan untuk mengawali ikatan tali pada gantungan.

  2. Simpul Datar (Square Knot) – simpul paling umum digunakan; membentuk pola datar.

  3. Simpul Spiral (Half Knot) – membentuk pola memutar atau spiral.

  4. Simpul Pengait (Loop Knot) – digunakan untuk menyambung tali.

🧶 Catatan: Setelah memahami simpul dasar, siswa dapat mengombinasikannya untuk membentuk pola unik sesuai kreativitas masing-masing.

Langkah-Langkah Membuat Karya Makrame Sederhana

Proyek: Membuat Gantungan Pot Mini

  1. Siapkan 4 utas tali (masing-masing ±1 meter).

  2. Lipat dua dan ikat di batang kayu atau gantungan cincin.

  3. Buat simpul kepala lark untuk setiap tali.

  4. Gunakan simpul datar dan spiral untuk membuat pola.

  5. Satukan ujung tali di bawah dengan simpul besar agar membentuk jaring pot.

  6. Rapikan dan hias dengan manik-manik jika diinginkan.

6. Nilai-Nilai yang Dapat Dipelajari

  • Ketekunan dan kesabaran: membuat simpul membutuhkan ketelitian.

  • Kreativitas: siswa bebas berkreasi dengan warna dan pola.

  • Kerja sama: bisa dilakukan berkelompok dalam proyek dekorasi kelas.

LATIHAN SOAL

  • 1.Makrame adalah seni membuat hiasan dengan cara ....
    A. menjahit kain
    B. mengikat tali dengan berbagai simpul
    C. menempelkan kertas warna
    D. melukis di atas kain

    2.Kata makrame berasal dari bahasa Arab migramah yang berarti ....
    A. tenunan
    B. rajutan
    C. hiasan rajutan
    D. simpul tali

    3.Makrame termasuk ke dalam jenis karya seni ....
    A. lukis
    B. kriya
    C. musik
    D. tari

    4.Kegiatan membuat makrame dilakukan tanpa menggunakan alat seperti jarum atau mesin, tetapi hanya menggunakan ....
    A. tangan
    B. kayu
    C. mesin jahit
    D. lem

    5.Simpul yang digunakan untuk mengawali ikatan tali pada makrame disebut ....
    A. simpul spiral
    B. simpul kepala lark (Larks Head)
    C. simpul datar
    D. simpul pengait

    6.Simpul yang membentuk pola datar dan paling sering digunakan dalam makrame adalah ....
    A. simpul spiral
    B. simpul kepala lark
    C. simpul datar
    D. simpul ganda

    7.Simpul spiral disebut juga ....
    A. half knot
    B. square knot
    C. loop knot
    D. double knot

    8. Alat yang digunakan untuk menahan tali agar tidak bergeser saat membuat makrame adalah ....
    A. gunting
    B. papan alas atau penjepit
    C. penggaris
    D. manik-manik

    9.Bahan utama untuk membuat makrame adalah ....
    A. kertas dan lem
    B. tali katun atau nilon
    C. benang wol
    D. kain flanel

    10.Berikut ini yang termasuk fungsi karya makrame adalah ....
    A. sebagai mainan
    B. sebagai hiasan dinding dan gantungan pot
    C. sebagai alat musik
    D. sebagai bahan makanan

    11.Kegiatan membuat makrame melatih siswa untuk memiliki sikap ....
    A. terburu-buru
    B. tidak teliti
    C. tekun dan sabar
    D. acuh dan malas

    12.Contoh karya makrame yang bersifat benda hias adalah ....
    A. tas dan sabuk
    B. taplak meja dan pot
    C. gantungan kunci dan gantungan dinding
    D. tikar dan sarung bantal

    13.Langkah terakhir dalam membuat makrame gantungan pot adalah ....
    A. membuat simpul awal
    B. menyatukan semua ujung tali
    C. memotong tali sesuai ukuran
    D. memberi warna pada tali

    14.Dalam pembelajaran makrame, siswa dapat mengembangkan kreativitasnya melalui ....
    A. meniru hasil karya teman
    B. memilih warna dan pola simpul sendiri
    C. menghindari penggunaan pola
    D. hanya menggunakan satu warna saja

    15.Makrame dapat menjadi kegiatan yang mindful karena ....
    A. dilakukan dengan cepat tanpa berpikir
    B. mengharuskan siswa fokus pada setiap simpul
    C. bisa dilakukan sambil bermain
    D. hanya mengandalkan hafalan

    SELAMAT BELAJAR

 

 

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

IPAS DAN SENI RUPA

 Rabu,13 November 2025 Kelas : VA   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ  Anak sholeh dan sholeha kelas V...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu