Wednesday, November 26, 2025

IPAS DAN SENI RUPA

 Kamis,27 November 2025

Kelas : VA

 

Bismillah, Kaligrafi, Arab, Desain

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِوَبَرَكَاتُهُ

 Anak sholeh dan sholeha kelas VA,bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini,semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat aamiin.Alhamdulillah Hari ini kita kembali bertemu lagi untuk belajar materi  IPAS dan Seni Rupa

Seperti biasa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, terlebih dulu kita akan melaksanakan kegiatan  menyimak tauziah,sholat dhuha dan tadarus

 

Yuk kita mulai belajar !             

 

🍄 IPAS🍄

 

Tujuan Pembelajaran :   Peserta didik dapat menambah wawasan dalammenjawab soal

Metode Penbelajaran : Demostrasi 

Alat                          : 

 

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Contoh hewan yang termasuk kategori herbivora adalah ....
a. kambing, zebra, dan harimau
b. kambing, zebra, dan kelinci
c. kucing, zebra, dan kelinci
d. singa, zebra, dan kelinci

2. Gigi taring yang terdapat pada harimau digunakan untuk ....
a. mengerat dan menghancurkan makanan
b. menggigit mangsanya
c. memotong makanan
d. mengoyak mangsanya

3. Contoh hewan peliharaan yang bukan termasuk omnivora adalah ....
a. ayam
b. itik
b. angsa
d. kelinci

4. Contoh hewan yang dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis adalah ....
a. kecoak
b. ulat
c. ayam
d. kupu-kupu

5. Daur hidup hewan di bawah ini dengan cara beranak adalah ....
a. ayam
b. kucing
c. ayam
d. bebek

6. Hubungan yang erat antara dua makhluk hidup yang berbeda disebut ....
a. komunitas
b. simbiosis
c. ekosistem
d. populasi

7. Hubungan simbiosis parasitisme dapat kita lihat pada contoh ....
a. bunga dengan kupu-kupu
b. burung jalak dengan kerbau
c. ikan hiu dengan remora
d. bunga bangkai dengan tumbuhan inangnya

8. Padi - belalang - katak - ular
Pada rantai makanan di atas belalang berperan sebagai konsumen tingkat ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

9. Perhatikan jenis makhluk hidup berikut
(1) Ular
(2) Bakteri
(3) Burung elang
(4) Tikus
(5) Padi
Bila membentuk suatu rantai makanan, maka urutan yang benar adalah ....
a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
b. (5) - (4) - (3) - (2) - (1)
c. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
d. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)

10. Hewan yang mati akan membusuk dan menjadi sumber makanan bagi bakteri, Contoh tersebut menunjukkan peran bakteri sebagai ….
a. konsumen
b. produsen
c. pengurai
d. kosumen

11. Penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan ....
a. populasi tanaman di hutan terjaga
b. habitat asli hewan-hewan rusak
c. pencemaran lingkungan
d. peningkatan oksigen di udara

12. Contoh aktivitas manusia yang dapat merusak ekosistem di laut adalah ....
a. menangkap ikan dengan peledak
b. menanam tanaman bakau
c. melakukan reboisasi
d. membuat terasering

13. Jika dalam ekosistem sawah jumlah ular bertambah banyak maka ….
a. populasi tikus meningkat
b. populasi tikus menurun
c. populasi belalang berkurang
d. populasi elang berkurang

14. Pemanfaatan kayu sebagai bahan baku perabotan rumah dapat dikendalikan dengan cara melakukan ....
a. tebang liar
b. pembakaran hutan
c. penebangan hutan sembarangan
d. tebang pilih

15.

Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Mapel IPA dan Kunci Jawaban Gambar 1
Dampak yang akan ditimbulkan dari peristiwa pada gambar adalah ....
a. mudah menangkap ikan di sungai
b. banyak ikan besar di sungai
c. ikan di sungai mati
d. ikan di sungai bertambah banyak

16. Dalam rantai makanan, makhluk yang bertindak sebagai produsen adalah ....
a. padi
b. manusia
c. kambing
d. elang

17. Kerbau bersama dengan burung jalak merupakan contoh ....
a. daur hidup
b. simbiosis mutualisme
c. simbiosis parasitisme
d. simbiosis komensalisme

18. Urutan daur hidup pada kupu-kupu adalah ....
a. kupu-kupu - ulat -telur - kepompong
b. ulat - telur - kepompong - kupu-kupu
c. telur - ulat - kepompong - kupu-kupu
d. telur - kepompong - ulat - kupu-kupu

19. Ayam digolongkan sebagai hewan omnivora karena memakan ....
a. rumput dan buah
b. cacing dan biji-bijian
c. biji-bijian dan daging
d. buah, rumput, dan daging

20. Hewan pemakan buah-buahan termasuk ke dalam kelompok herbivora karena ....
a. tumbuhan menghasilkan buah-buahan
b. tumbuhan menghasilkan bunga
c. buah-buahan menghasilkan biji
d. bagian tumbuhan adalah daun

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Jelaskan dan berikan contoh hewan karnivora!
Jawab : .....................................................................................................................................................

2. Jelaskan kegunaan gigi geraham pada hewan memamah biak!
Jawab : .....................................................................................................................................................

3. Apa yang dimaksud dengan metamorfosis?
Jawab : .....................................................................................................................................................

4. Bagaimana daur hidup kecoak?
Jawab : .....................................................................................................................................................

5. Jelaskan metamorfosis pada nyamuk !
Jawab : .....................................................................................................................................................

6. Jelaskan yang dimaksud dengan rantai makanan!
Jawab : .....................................................................................................................................................
 
7. Mengapa manusia tidak dapat menjadi produsen dalam rantai makanan?
Jawab : .....................................................................................................................................................

8. Jelaskan mengenai simbiosis parasitisme!
Jawab : .....................................................................................................................................................

9. Bagaimana hubungan yang terjadi antara kerbau dengan burung jalak?
Jawab : .....................................................................................................................................................


10. Apa yang dimaksud jaring-jaring makanan? Berikan contohnya!
Jawab : .....................................................................................................................................................

11. Jelaskan tentang konsumen tingkat II !
Jawab : .....................................................................................................................................................

12. Buatlah sebuah ilustrasi mengenai dampak pembalakan liar bagi makhluk hidup!
Jawab : .....................................................................................................................................................
........................................................................................

13. Apa dampak yang ditimbulkan oleh perilaku membuang sampah sembarangan?
Jawab : .....................................................................................................................................................

 14. Sebutkan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem !
Jawab : .....................................................................................................................................................

15. Apa penyebab banyak kera masuk wilayah pemukiman warga? Jelaskan pendapatmu!
Jawab : .....................................................................................................................................................

16. Jelaskan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya!
Jawab : .....................................................................................................................................................

17. Mengapa belalang dan jangkrik termasuk kategori hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna?
Jawab : .....................................................................................................................................................


18. Tulislah contoh rantai makanan pada ekosistem sawah!
Jawab : .....................................................................................................................................................

19. Jelaskan pengertian simbiosis mutualisme!
Jawab : .....................................................................................................................................................


20. Apa tujuan dari pembuatan suaka margasatwa?
Jawab : ...............

Kunci Jawaban Room I

1. b. kambing, zebra, dan kelinci
2. d. mengoyak mangsanya
3. d. kelinci
4. c. ayam
5. b. kucing
6. b. simbiosis
7. d. bunga bangkai dengan tumbuhan inangnya
8. a. 1
9. a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
10. c. pengurai
11. b. habitat asli hewan-hewan rusak
12. a. menangkap ikan dengan peledak
13. b. populasi tikus menurun
14. d. tebang pilih
15. c. ikan di sungai mati
16. a. padi
17. b. simbiosis mutualisme
18. c. telur – ulat - kepompong - kupu-kupu
19. c. biji-bijian dan daging
20. a. tumbuhan menghasilkan buah-buahan

Kunci Jawaban Room II

1. karnivora adalah hewan pemakan daging contohnya kucing, anjing, harimau
2. Gigi geraham pada hewan memamah biak digunakan untuk mengunyah makanan
3. Metamorfosis adalah perubahan bentuk hewan secara bertahap setelah kelahiran atau penetasan hingga dewasa.
4. Urutan daur hidup kecoak : telur - nimfa - kecoak muda - kecoak dewasa.
5. Urutan daur hidup nyamuk : telur - larva - pupa - nyamuk muda - nyamuk dewasa.
6. Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan-urutan tertentu
7. Karena manusia adalah makhluk yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Manusia membutuhkan organisme lain sebagai makanan yaitu tumbuhan dan hewan.
8. simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan sementara yang lain dirugikan.
9. Hubungan yang terjadi antara kerbau dengan burung jalak merupakan simbiosis mutualisme yaitu keduanya sama-sama diuntungkan

10. Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan dalam satu ekosistem. Contoh jaring-jaring makanan yang ada di alam, yaitu di danau, laut, dan sawah
11. Konsumen tingkat II adalah organisme atau makhluk hidup yang memakan konsumen tingkat I
12. Pembalakan liar menyebabkan hutan menjadi rusak dan dampaknya bisa menimbulkan berbagai macam masalah bagi makhluk hidup
13. bisa menyebabkan pencemaran lingkungan
14. tidak melakukan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan, tidak melakukan penebangan hutan secara liar, menanami kembali hutan yang gundul
15. karena habitatnya terganggu
16. herbivora = pemakan tumbuhan, karnivora= pemakan daging, omnivora = pemakan segala, insektivora = pemakan serangga
17. karena belalang dan jangkrik mengalami metamorfosis dengan melewati 3 tahapan, yaitu dari telur menjadi nimfa atau larva, kemudian menjadi hewan dewasa.
18. Padi > tikus > ular sawah > elang > pengurai
19. Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan
20. Tujuan dari pembuatan suaka margasatwa adalah untuk melindungi hewan langka agar tidak punah

🌷SENI RUPA🌷 

Pertanyaan Pilihan Ganda

  1. Berikut yang bukan merupakan jenis keseimbangan dalam seni rupa adalah...
    a. Keseimbangan simetris
    b. Keseimbangan asimetris
    c. Keseimbangan radial
    d. Keseimbangan dinamis
  2. Dalam seni rupa, apa yang dimaksud dengan proporsi?
    a. Perbandingan ukuran antara bagian-bagian dalam suatu karya seni
    b. Bobot visual dari suatu objek
    c. Keseimbangan antara warna terang dan gelap
    d. Keharmonisan antara garis dan bentuk
  3. Contoh keseimbangan radial yang sering ditemukan di alam adalah...
    a. Kupu-kupu
    b. Bunga matahari
    c. Pohon mangga
    d. Burung yang terbang
  4. Jika sebuah gambar tidak memiliki keseimbangan, maka gambar tersebut akan terasa...
    a. Harmonis
    b. Berlebihan
    c. Tidak nyaman dan membebani
    d. Terlalu seimbang
  5. Menggambar tumbuhan membutuhkan prinsip proporsi karena...
    a. Agar warna yang digunakan tepat
    b. Agar ukuran antara bagian-bagiannya terlihat wajar dan serasi
    c. Agar gambarnya terlihat lebih tinggi
    d. Agar tidak terlihat simetris
     
Soal Uraian
  1. Jelaskan perbedaan antara keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris dalam seni rupa!
  2. Apa yang akan terjadi jika sebuah gambar dibuat tanpa memperhatikan prinsip proporsi?
  3. Sebutkan dan jelaskan dua jenis keseimbangan dalam seni rupa!
  4. Mengapa prinsip proporsi penting saat menggambar objek tumbuhan seperti bunga?
  5. Berikan contoh penggunaan keseimbangan asimetris dalam sebuah karya seni! 

 SELAMAT BELAJAR

0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Biodata guru Nama : Rio Katmasanti,SPd.SD Pendidikan :S1 Unit Kerja : SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung Guru Kelas : VA Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram(riokatmasanti) Youtube (riokatmasanti)

PAK

 Jum'at,28  November 2035 Kelas : VA       السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana kabar ananda sholeh  Jum'...

follower

Blog Archive

Search This Blog

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

ALAT PEMOMPA DARAH MANUSIA (JANTUNG

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

MACAM - MACAM BANGUN DATAR

My Blog List

Pages

Blogger templates

Pages - Menu